Feature


Senin, 18 Februari 2019 - 22:19:34 WIB
Alita Battle Angel Debut Di Posisi Juara Box Office Dengan Performa Mengecewakan
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 481 kali

Pekan ketujuh tahun 2019, dan box office belum menunjukkan geliat bangkitnya angka penjual meskipun telah muncul sebuah film blockbuster baru. Alita: Battel Angel, salah satu tilisan besar pekan lalu, memang menjuarai box office di pekan President’s Day. Namun angka yang didapatnya cukup mengecewakan, karena hanya mengumpulkan $27.8 juta di tiga hari pertamanya.

Film aksi cyberpunk yang diangkat dari seri manga karya Yukito Kishiro ini, Gunnm, sejauh ini mengumpulkan sebesar $36.5 juta dan diharapkan untuk mendapatkan lebih dari $33 juta di empat hari akhir pekan. Meskipun melewati ekspektasi, namun tetap saja masih perlu angka yang jauh lebih besar bagi film untuk menutupi bujet produksi yang diperkirakan sebesar $170 juta.

Sementara itu, dari peredaran internasional, film mendapatkan sebesar $94.3 juta dari penayangan di sekitar 11 negara. Total global film sejauh ini adalah sebesar $130.9 juta.

Film yang menandakan upaya pertama James Cameron ke ranah adaptasi buku komik sebagai penulis naskah dan produser ini mendapatkan rating 6/10 di Rotten Tomatoes. Meski ulasan para kritikus kurang menggembirakan, namun setidaknya Alita mendapatkan A-dari para penonton di CinemaScore.

Kreator komiknya, Kishiro, ternyata sangat menyukai versi filmnya. Baginya Alita: Battle Angel adalah film terbaik di dunia dan mengaku telah menonton sebanyak lima kali. “Setiap kali aku menontonnya, aku mendapatkan sesuatu yang baru,” ungkap Kishiro. “Komposisi-nya luar biasa. Semua adegan-nya istimewa dan tidak ada yang tidak perlu. Sangat bagus, sehingga aku sendiri saja tidak percaya kalau aku yang menciptakan kisah aslinya.”

Menyusul di belakang Alita adalah mantan juara pekan lalu, The Lego Movie 2: The Second Part, dengan tambahan sekitar $21.2 juta, atau turun sebesar 37.8% dari pekan sebelumnya. Mengambil kesempatan di hari Valentine, film komedi romantis Rebel Wilson, Isn’t It Romantic, debut di posisi 3 dengan sekitar $14.2 juta.

Happy Death Day 2U, sekuel untuk film horor komedi laris tahun 2017, Happy Death Day, ternyata debut di bawah ekspektasi, karena duduk di posisi 5 dan hanya mendapatkan sekitar $9.8 juta. Memang angka tersebut sudah menutupi biaya produksi film, namun sangat jauh berada di bawah pendahulunya, yang dibuka dengan $26 juta.

Melengkapi 5 besar adalah komedi lain, What Men Want, yang menghuni posisi 4 dengan tambahan $10.9 juta. Total domestik film adalah sebesar $36.2 juta setelah dua pekan tayang di bioskop.

Secara keseluruhan, ketibaan rilisan-rilisan baru ini masih belum mampu membangkitkan box office domestik dari penurunan yang terus terjadi semenjak awal tahun 2019. Pekan ini, 12 besar film di box office hanya mengakumulasi sebesar $109.1 juta, sehingga menjadi tiga hari President’s Day terburuk semenjak 2004.

Sebagai perbandingan, tahun lalu top 12 box office di pekan yang sama mendapatkan lebih dari $270 juta, dengan $220 juta didapatkan di tiga hari President’s Day. Prestasi ini tentu saja berkat Black Panther.

Berikut 10 besar box office Amerika Utara untuk periode 15-17 Desember:

  1. “Alita: Battle Angel” – $27.8 juta
  2. “The Lego Movie 2: The Second Part” – $21.2 juta
  3. “Isn’t It Romantic” – $14.2 juta
  4. “What Men Want” – $10.9 juta
  5. “Happy Death Day 2U” – $9.8 juta
  6. “Cold Pursuit” – $6 juta
  7. “The Upside” – $5.6 juta
  8. “Glass” – $3.8 juta
  9. “The Prodigy” – $3.2 juta
  10. “Green Book” – $2.8 juta

Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.