Feature


Minggu, 27 Januari 2019 - 19:08:17 WIB
Gara-Gara Bryan Singer, GLAAD Awards Batalkan Nominasi Bohemian Rhapsody
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 1994 kali

GLAAD Media Awards 2019, yang dipersembahkan oleh badan Gay & Lesbian Alliance Against Defamation, telah menarik nominasi untuk film biografi Queen, Bohemian Rhapsody. Penyebabnya ternyata gara-gara sang sutradara, Bryan Singer.

Sang sutradara ini kembali dilibatkan dalam tuduhan pelecehan seksual, kali ini selepas muncul sebuah laporan The Atlantic yang mengangkat kisah empat pria yang mengaku mendapatkan pelecehan seksual dari sang sutradara di era 90-an lalu, saat mereka berusia di bawah 18 tahun. 

Singer sendiri telah menolak tuduhan tersebut dan membantah jika perbuatan yang dimaksud dalam laporan tadi memang terjadi. Meski demikian GLAAD berpendapat jika tuduhannya tidak bisa diindahkan begitu saja.

GLAAD kemudian menarik Bohemian Rhapsody dari nominasi mereka, dan memilih untuk mendukung para pria yang menuduh Singer telah melakukan perbuatan tak senonoh kepada mereka. Sebelumnya GLAAD telah memilih Bohemian Rhapsody untuk bersaing di kategori Outstanding Film sebelum akhirnya memutuskan untuk menghilangkan dari nominasi.

Kabar ini datang tidak berapa lama selepas film mendapat nominasi di Academy Awards. GLAAD merilis pernyataan yang bisa dilihat di bawah ini, sebagaimana yang dilansir dari Variety:

In light of the latest allegations against director Bryan Singer, GLAAD has made the difficult decision to remove Bohemian Rhapsody from contention for a GLAAD Media Award in the Outstanding Film – Wide Release category this year. This week’s story in The Atlantic documenting unspeakable harms endured by young men and teenage boys brought to light a reality that cannot be ignored or even tacitly rewarded.

GLAAD juga merasa keberatan dengan pernyataan Singer yang menyebutkan jika jurnalis penulis artikel kontroversial tadi untuk The Atlantic adalah seorang homopobik. Sang sutradara ia merasa namanya telah dicoreng karena sumber untuk artikel tersebut dianggapnya tidak kredibel dan penulisnya memiliki “obsesi” dengan dirinya. Awalnya majalah Esquire yang akan menerbitkan artikel tersebut, tapi kemudian membatalkan di menit terakhir.

Berikut pernyataan GLAAD tentang keberatan mereka atas tanggapan Singer:

Singer’s response to The Atlantic story wrongfully used homophobia to deflect from sexual assault allegations and GLAAD urges the media and the industry at large to not gloss over the fact that survivors of sexual assault should be put first. We are in the midst of a cultural reckoning. Though there was once a time when business as usual could continue amid credible allegations of sexual assault and violence, that era has ended forever. The recent allegations regarding Bryan Singer’s behavior are horrifying and MUST be taken seriously and investigated.

Sejauh ini belum ada tanggapan baik dari Singer atau 20th Century Fox tentang keputusan GLAAD untuk menarik Bohemian Rhapsody sebagai salah satu kandidat untuk acara penghargaan mereka. GLAAD mendorong berbagai pihak untuk kembali mempertimbangkan jika hendak bekerja sama dengan Singer mengingat banyaknya catatan tuduhan kejahatan seksual yang diberikan kepadanya.

Meski ada himbauan seperti ini, beberapa hari lalu Millennium Films mengumumkan mereka akan tetap melanjutkan kerja sama dengan Singer untuk proyek adaptasi Red Sonja.

Berikut nominasi GLAAD Media Awards ke-30 untuk kategori film layar lebar:

Outstanding Film – Wide Release

  • Blockers (Universal)
  • Crazy Rich Asians (Warner Bros.)
  • Deadpool 2 (20th Century Fox)
  • The Girl in the Spider’s Web (Sony Pictures)
  • Love, Simon (20th Century Fox)

Outstanding Film – Limited Release

  • 1985 (Wolfe Releasing)
  • Boy Erased (Focus Features)
  • Can You Ever Forgive Me? (Fox Searchlight)
  • Disobedience (Bleecker Street)
  • The Favourite (Fox Searchlight)
  • Hearts Beat Loud (Gunpowder & Sky)
  • A Kid Like Jake (IFC Films)
  • The Miseducation of Cameron Post (FilmRise)
  • Saturday Church (Samuel Goldwyn Films)
  • We the Animals (The Orchard)


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.