Feature


Minggu, 25 November 2018 - 18:38:58 WIB
Sesuai Aplikasi Angkat Fenomena Ojek Online dalam Balutan Komedi
Diposting oleh : Taufiqur Rizal (@TarizSolis) - Dibaca: 762 kali

Bagian kalian yang terbiasa menggunakan jasa ojek online tentunya tidak lagi asing mendengar pertanyaan, “sudah sesuai aplikasi ya?,” yang dilontarkan oleh driver untuk memastikan bahwa alamat pengantaran atau pesanan customer sudah sesuai dengan apa yang tertera di aplikasi. Nah, pertanyaan wajib dari para driver ini dipinjam sebagai judul oleh rumah produksi TBS Films untuk film terbaru mereka yang mengulik fenomena ojek online.

Secara lebih spesifik, film bertajuk Sesuai Aplikasi ini berceloteh mengenai suka duka menjalani profesi sebagai driver ojek online. Guna mengejawantahkan gagasan yang relevan dengan realita kekinian ini ke dalam bahasa gambar, TBS Films pun merekrut Adink Liwutang yang sebelumnya berpengalaman menggarap The Underdogs (2017) – disamping pernah mendampingi Ernest Prakasa di Ngenest dan Cek Toko Sebelah sebagai asisten sutradara – untuk menduduki kursi penyutradaraan.

Panduan Adink dalam menggulirkan narasi dalam Sesuai Aplikasi adalah naskah rekaan Agasyah Karim dan Khalid Kashogi yang sebelumnya turut dipermak oleh Bene Dion Rajagukguk demi mendapatkan cita rasa komedi yang kuat. Dalam penceritaan yang disodorkan oleh Sesuai Aplikasi, dua karakter utama yang mempunyai peranan krusial adalah dua driver ojek online, Pras dan Duras, dengan karakteristik yang bertolak belakang.

Kedua karakter ini juga memiliki alasannya masing-masing dibalik keputusan mereka untuk menekuni profesi sebagai driver ojek online. Pras yang belakangan kerap diperbincangkan di dunia maya karena paras tampannya, mendapat dorongan dari hati nuraninya. Dia ingin melunasi tagihan untuk biaya operasi jantung sang ibu. Sementara itu sang sahabat, Duras, dilandasi oleh keinginan dalam memenuhi wasiat sang ayah yakni membiayai pendidikan adiknya.

Ditengah upaya keduanya dalam memenuhi tanggung jawab, Pras dan Duras mendapat ujian usai bersinggungan dengan Sakti, seorang pencuri ulung berkedok pemilik warung kopi. Sakti menugasi mereka untuk mengambil berlian yang dicurinya dari seorang rentenir bernama Ci Asiu yang tak sengaja terbawa oleh diva dangdut, Sofiyah. Rentetan kejadian lucu, seru, sekaligus haru pun mewarnai sepak terjang Pras dan Duras dalam misi merebut berlian dari genggaman Sofiyah.

Sosok Pras dan Duras dipercayakan kepada pendatang baru Valentino Peter serta Lolox. Mereka berdua beradu akting bersama Ernest Prakasa yang berperan sebagai Sakti, Dayu Wijanto yang menghidupkan karakter Ci Asiu, dan Titi Kamal yang dipercaya untuk memerankan si biduan dangdut. Disamping berlakon, Titi Kamal turut mengisi lagu tema Sesuai Aplikasi, “Rindu Semalam”, yang bergenre dangdut – seperti pernah dilakukannya dalam Mendadak Dangdut (2006).

Ikut memperkuat departemen akting bersama pemain-pemain di atas antara lain Meisya Amira, Kamasean, Taskya Namya, Yusril Fahriza, dan Alicia Djohar. Menurut rencana, Sesuai Aplikasi akan memeriahkan jaringan bioskop tanah air mulai 6 Desember mendatang.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.