Feature


Kamis, 04 Oktober 2018 - 20:01:28 WIB
Inilah Deretan Film Indonesia yang Tayang di Bioskop pada Oktober 2018
Diposting oleh : Taufiqur Rizal (@TarizSolis) - Dibaca: 514 kali

Terdapat 11 judul film Indonesia yang siap untuk menyemarakkan jaringan-jaringan bioskop tanah air pada bulan Oktober ini. Meski Oktober identik dengan perayaan Halloween, judul-judul horor yang siap dilepas tak sebanyak dua bulan sebelumnya. Hanya ada tiga film seram yang siap dipertontonkan, dua diantaranya adalah Asih yang merupakan spin-off dari dwilogi Danur rekaan Risa Saraswati dan Jaga Pocong yang menandai untuk pertama kalinya bagi Acha Septriasa bermain di genre horor. Bagi kalian yang menjauhi genre ini, memiliki banyak pilihan dari genre romansa, komedi, sampai fiksi ilmiah. Dari sisi romansa, sorotan berada pada Dear Nathan 2: Hello Salma, lalu 3 Dara 2 beserta Generasi Micin vs Kevin merupakan highlight bagi genre komedi, sementara Tengkorak adalah upaya dari civitas akademika di Universitas Gadjah Mada untuk menghadirkan warna berbeda bagi perfilman Indonesia dengan mengkreasi sebuah sajian fiksi ilmiah.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah deretan film Indonesia yang dirilis pada bulan Oktober 2018:

1. Liam dan Laila

Sinopsis : Laila yang tumbuh dalam keluarga yang sangat menjunjung tinggi Islam dan menghormati adat Minangkabau masih juga melajang di usia ke-31. Hal ini membuat resah keluarganya, terutama adiknya, Pian, yang kesulitan menikahi kekasihnya lantaran tak bisa melangkahi kakaknya. Keadaan mulai berubah tatkala seorang pria asal Prancis bernama Liam yang dikenal Laila melalui Facebook datang untuk mempersuntingnya. Liam hanya memiliki waktu selama 30 hari sebelum visanya habis di Indonesia untuk meyakinkan keluarga besar Laila bahwa dia layak untuk menjadi pendamping hidup Laila.

Sutradara : Arief Malinmudo

Penulis Naskah : Arief Malinmudo

Pemain : Nirina Zubir, Jonatan Cerrada, David Chalik, Praz Teguh, Gilang Dirga

Tanggal Rilis : 4 Oktober 2018

 

2. The Origin of Santet

Sinopsis : Rendy beserta istri dan kedua anaknya pulang ke Indonesia usai sang ayah meninggal karena bunuh diri. Setibanya di rumah, Rendy terguncang oleh tingkah laku ibunya yang tak terkendali dan seolah-olah tidak menginginkan kehadiran mereka. Meski Rendy mengetahui bahwa sang ibu terkena santet, dia tetap membawanya ke rumah sakit. Dimulai dari titik ini, teror demi teror mengerikan terjadi terhadap keluarga Rendi baik berupa halusinasi maupun serangan langsung terhadap fisik.

Sutradara : Helfi Kardit

Penulis Naskah : Maruska Bath, Helfi Kardit

Pemain : Marcelino Lefrandt, Kelly Brook, Ayu Dyah Pasha, Ray Sahetapy, Jazz Ocampo

Tanggal Rilis : 4 Oktober 2018

 

3. Asih

Sinopsis : Usai dihamili oleh seorang pria tak bertanggung jawab, dianggap aib oleh keluarga, dan dicemooh warga kampung, Asih memilih untuk mengakhiri hidupnya. Sehari setelah kematian Asih, teror demi teror menghampiri Puspita sedang hamil besar dan tinggal tidak jauh dari tempat Asih bunuh diri. Puspita bersama suami dan ibu mertuanya yang tampak bahagia terus mengalami serentetan kejadian aneh yang kian menjadi-jadi setelah Puspita melahirkan. Ada sesuatu yang diincar Asih dari bayi yang baru lahir.  

Sutradara : Awi Suryadi

Penulis Naskah : Lela Laila

Pemain : Shareefa Daanish, Citra Kirana, Darius Sinathrya, Alex Abbad, Djenar Maesa Ayu

Tanggal Rilis : 11 Oktober 2018

 

4. Kesempatan Keduda

Sinopsis : Abi, budak korporat yang terpaksa menceraikan istrinya setelah sang istri kedapatan selingkuh dengan bos Abi, bertemu dengan Ken yang tengah mengurus perceraiannya di Pengadilan Agama. Seusai sidang cerai yang melelahkan, Ken dan Abi saling melontarkan keluh kesah di warung kopi dengan menyebut perceraian ini sebagai titik terendah dalam hidup keduanya. Sejak saat itu, Abi dan Ken menjalin tali persahabatan dan mereka pun memutuskan untuk bersama-sama mencari kekasih sekalipun rintangan terus menerjang.

Sutradara : Awi Suryadi

Penulis Naskah : Agasyah Karim, Khalid Kashogi, Awi Suryadi

Pemain : Raffi Ahmad, Zizan Razak, Marsha Aruan, Cut Meyriska, Dinda Kanya Dewi

Tanggal Rilis : 11 Oktober 2018

 

5. Menunggu Pagi

Sinopsis : Bagi Bayu yang mempunyai toko vinyl di daerah Santa, keinginan untuk pergi ke acara festival musik terbesar tahunan, Djakarta Warehouse Project (DWP), bukanlah prioritas. Prinsip itu terputus ketika tanpa sengaja Sarah datang ke tokonya pada siang hari sebelum acara dimulai. Sarah membuat Bayu penasaran dan tertarik kepadanya sehingga Bayu pun memutuskan untuk datang ke acara tersebut bersama Sarah. Dalam perjalanan menuju lokasi, Bayu menjumpai banyak kejanggalan dan kesialan yang tanpa disadari olehnya bersumber dari Sarah beserta sahabat-sahabat Bayu.

Sutradara : Teddy Soeriaatmadja

Penulis Naskah : Teddy Soeriaatmadja

Pemain : Arya Saloka, Arya Vasco, Aurelie Moeremans, Mario Lawalata, Bio One

Tanggal Rilis : 11 Oktober 2018

 

6. Dancing in the Rain

Sinopsis : Bagi Eyang Uti, Banyu adalah segalanya. Dibalik rasa sayangnya pada Banyu, terselip perasaan iba karena Banyu telah ditelantarkan oleh kedua orang tuanya sejak bayi karena tak mampu mengurusnya. Saat Banyu sudah memasuki usia sekolah, Eyang Uti dihadapkan pada kenyataan pahit bahwa cucunya tersebut mengidap spektrum autis dan sulit berinteraksi dengan lingkungannya. Hingga suatu ketika, muncul anak baru bernama Radin yang senantiasa membela Banyu saat dirisak. Tak lama kemudian, hadir pula Kinara yang membuat indahnya persahabatan diantara mereka semakin lengkap. Mereka bersahabat sampai dewasa dan perlahan tapi pasti muncul percikan asmara diantara Radin dengan Kinara. Persahabatan mereka lantas terancam retak tatkala Mama Radin memfitnah Banyu seolah-olah Banyu hendak mencelakakannya.

Sutradara : Rudi Aryanto

Penulis Naskah : Sukhdev Singh, Tisa TS

Pemain : Dimas Anggara, Bunga Zainal, Deva Mahenra, Christine Hakim, Niniek L Karim

Tanggal Rilis : 18 Oktober 2018

 

7. Generasi Micin vs Kevin

Sinopsis : Kevin menganggap sekolah sebagai tempat yang membosankan. Dia hanya memiliki tiga teman baik dan tak ada prestasi yang membuatnya menonjol. Kebosanannya tersebut perlahan mulai sirna ketika dia menemukan sebuah situs misterius di internet yang menantangnya melakukan hal-hal jahil di sekolah. Ternyata, menjawab tantangan jauh lebih menyenangkan bagi Kevin hingga akhirnya dia pun ketagihan dan merencanakan kejahilan-kejahilan berikutnya dengan menyasar siswa sombong, properti sekolah, sampai membongkar skandal korupsi di sekolahnya.

Sutradara : Fajar Nugros

Penulis Naskah : Faza Meonk

Pemain : Kevin Anggara, Clairine Clay, Morgan Oey, Ferry Salim, Melissa Karim

Tanggal Rilis : 18 Oktober 2018

 

8. Tengkorak

Sinopsis : Penemuan sebuah fosil kerangka manusia sepanjang 1850 meter yang berumur 170 ribu tahun ketika gempa Jogja pada tahun 2006 membuat bingung para pemuka agama dan para ilmuwan. Dunia pun berdebat antara melakukan penelitian atas temuan fosil kerangka tersebut atau menyembunyikannya dari masyarakat. Seorang gadis terjebak dalam situasi untuk mengungkap misteri dibalik penemuan ini dan memberikannya kepada dunia. Namun jika kita ternyata bukanlah makhluk paling sempurna seperti yang kita percaya, apakah kita bersedia untuk menerima kebenarannya?

Sutradara : Yusron Fuadi

Penulis Naskah : Yusron Fuadi

Pemain : Eka Nusa Pertiwi, Guh S Mana, Yusron Fuadi, Rukman Rosadi, Heru Sambawa

Tanggal Rilis : 18 Oktober 2018

 

9. 3 Dara 2

Sinopsis : Tiga tahun setelah Affandi, Jay, dan Richard mengalami krisis identitas, kehidupan ketiganya terlihat bahagia. Akan tetapi, mereka mengulangi kesalahan yang sama, yakni meremehkan perempuan. Kali ini, perempuan yang mereka remehkan adalah istri masing-masing. Akibatnya, mereka terkena ‘kutukan’ yang membuat bisnis mereka gagal dan dalam sekejap kehilangan pekerjaan beserta tempat tinggal. Aniek menawarkan ketiganya untuk tinggal bersama ibunya, Eyang Putri, yang hidup sendirian di rumah besarnya. Tinggal bersama Eyang Putri ternyata sangat menyusahkan karena kepribadiannya yang ajaib membuat pria-pria ini merasa terpojok. Mereka dipaksa untuk mengerjakan pekerjaan rumah yang selama ini mereka anggap sepele.

Sutradara : Monty Tiwa

Penulis Naskah : Nataya Bagya

Pemain : Tora Sudiro, Adipati Dolken, Tanta Ginting, Cut Mini, Fanny Fabriana

Tanggal Rilis : 25 Oktober 2018

 

10. Dear Nathan 2: Hello Salma

Sinopsis : Kisah cinta yang terjalin antara Nathan dan Salma terpaksa kandas selepas ayah Salma melarang hubungan mereka untuk berlanjut. Ditambah lagi, aksi Nathan memukul seorang siswa menimbulkan kesalahpahaman diantara mereka. Akhirnya Nathan harus pindah sekolah dan Salma memutuskan hubungannya dengan Nathan. Di sekolah baru, Nathan dekat dengan seorang siswi bermasalah yang jatuh hati kepadanya, Rebeca, sementara Salma mengalami tekanan dari sang ayah lantaran gagal lolos tes kuliah. Salma bertemu dengan Rebeca yang membantunya keluar dari masa-masa frustrasi. Pertemuannya dengan Rebeca mempertemukan lagi Salma dengan Nathan, cinta yang belum bisa dia lupakan.

Sutradara : Indra Gunawan

Penulis Naskah : Bagus Bramanti

Pemain : Jefri Nichol, Amanda Rawles, Susan Sameh, Devano Danendra, Surya Saputra

Tanggal Rilis : 25 Oktober 2018

 

11. Jaga Pocong

Sinopsis : Mila, seorang suster, tidak bisa menolak ketika ditugaskan untuk merawat Sulastri di rumahnya. Ketika sampai di rumah Sulastri, ternyata si pasien sudah meninggal. Radit, anak Sulastri, meminta tolong supaya Mila memandikan dan membungkus jenazah ibunya dengan kain kafan. Radit juga meminta Mila menunggui jenazah bersama Novi, adik Radit yang masih kecil, karena dia harus mengurus pemakaman Sulastri. Semenjak Mila menjaga jenazah pasiennya tersebut, serentetan teror menghantuinya. Rupa-rupanya, si pocong menginginkan kematian Mila.

Sutradara : Hadrah Daeng Ratu

Penulis Naskah : Aviv Elham

Pemain : Acha Septriasa, Zack Lee, Jajang C Noer, Aqila Herby, Dewi Irawan

Tanggal Rilis : 25 Oktober 2018


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.