Feature


Jumat, 06 April 2018 - 14:35:55 WIB
Setelah 35 Tahun, 'Black Panther' Adalah Film Pertama Tayang Di Arab Saudi
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 2361 kali

Film superhero Marvel, Black Panther, telah memecahkan rekor box office secara global. Dan kini ia siap memecahkan rekor lain lagi, namun kali ini secara aspek politis. 

Film yang dibintangi Chadwick Boseman ini akan menjadi film pertama yang akan tayang di negara Arab Saudi selepas perlarangan bioskop di 35 tahun terakhir ini.

Arab Saudi dikenal sebagai kerajaan Islam penganut Sunni yang konservatif, Wahabisme. Meski begitu, negara ini pernah memiliki bioskop sampai era 80-an, namun kemudian ditutup karena meningkatnya pengaruh ulama bergaris keras.

Dorongan untuk nilai-nilai konservatif di era 80-an adalah penyebab tindakan penutupan bioskop-bioskop di wilayah Arab Saudi. Namun, di bulan Desember tahun lalu Putra Mahkota Mohammed bin Salman telah mengumumkan penghapusan pelarangan bioskop di negara tersebut dalam upaya mengembangkan nilai-nilai Arab Saudi. 

Pembukaan bioskop di Arab Saudi ini bukan tidak mendapat tentangan. Di bulan Januari lalu, Mufti Besar Syeikh Abdil Aziz Al al-Syeikh memberi peringatan akan 'kebejatan' bioskop yang dianggapnya bisa merusak moral.

Meski begitu, tampaknya Putra Mahkota Putra Mahkota Pangeran Mohammed Bin Salman tetap tegas dengan rencananya dalam upaya pembaruan ekonomi dan sosial yang merupakan bagian dari yang disebut Visi 2030, yaitu kebijakan untuk mengubah ketergantungan ekonomi Arab Saudi dari minyak dengan menciptakan lapangan kerja baru dan mengajak warga membelanjakan uang di dalam negeri. Salah satu upaya adalah dengan pencabutan pelarangan bioskop.

Sebagai penanda pencabutan pelarangan adalah dengan diadakannya gala premiere Black Panther di bioskop AMC yang berlokasi di kota Riyadh. Sebagaimana yang dilaporkan oleh BBC Indonesia, pihak berwenang Arab Saudi dan perusahaan bioskop yakin ada pasar yang besar di Arab Saudi dengan potensi pemasukan dari tiket mencapai US$1 miliar atau setara Rp13,7 triliun hingga tahun 2030 mendatang dari sekitar 350 bioskop yang akan beroperasi.

Sementara itu, menilik laporan oleh Comic Book, para analis memprediksi dengan 23 juta warga Arab Saudi di wilayah usia di bawah 30 tahun, maka negara ini akan menjadi salah satu pasar besar untuk industri film global. 

Black Panther rencananya akan mulai tayang pada tanggal 18 April. AMC sendiri rencananya akan membuka sekitar 40 bioskop di 15 kita dalam periode waktu lima tahun ke depan. 



Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.