Feature


Minggu, 25 Februari 2018 - 14:51:07 WIB
Wes Anderson Adalah Sutradara Terbaik Pilihan Berlin International Film Festival 2018
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 2531 kali

Berlin International Film Festival ke-68, yang berlangsung pada tanggal 15 hingga 25 Februari, telah mengumumkan siapa saja yang berhak membawa pulang piala-pialanya, sebagaimana yang dilaporkan oleh Variety.

Sebuah film Rumania karya sutradara Adina Pintillie berjudul Touch Me Not dan berkisah tentang seoang perempuan yang menghadapi masalah intimasi dan belajar nyaman dengan tubuhnya, telah memenangkan piala Golden Bear. Piala diberikan pada Sabtu, 24 Februari kemarin.

Wes Anderson diapit dua aktor pengisi suara Isle of Dogs, Greta Gerwig dan Tilda Swinton, di acara penayangan premiere film sebagai pembuka Berlin International Film Festival ke-68. Sumber foto: Capital FM Kenya

Sementara itu, sutradara kenamaan asal Amerika, Wes Anderson, sukses menyabet piala Silver Bear berkat penyutradaraanya untuk film animasi Isle of Dogs.

Sayangnya Anderson berhalangan hadir di acara penganugerahan sehingga penerimaan piala diwakili oleh aktor yang kerap bermain dalam film-filmnya, Bill Murray, yang juga menjadi salah satu pengisi suara dalam Isle of Dogs

Murray menyempatkan untuk memuji Anderson dengan mengatakan sang sutradara merupakan pecinta film yang memberi penghargaan kepada sejarah sinema melalui karya-karyanya. 

Juri tahun ini diketuai oleh sutradara asal Jerman, Tom Tykwer. Namun sayangnya tidak ada film Jerman yang tercatat sebagai salah satu pemenang untuk tahun ini, meskipun barisan delegasi yang berkompetisi dari negara ini cukup mengesankan, seperti film baru dari Christian Petzold, Transit.

Para pemenang memang datang dari berbagai negara yang cukup tersebar secara geografis. Sutradara Polandia, Malgorzata Szumowska meraih Silver Bear Grand Jury Prize berkat film drama Mug, yang mengeksolorasi tentang konflk moral.

Sedangkan Silver Bear Alfred Bauer Prize, yang diberikan kepada film fitur yang membuka perspektif baru, didapatkan film bertema lesbian asal Paraguay, The Heiresses, karya Marcelo Martinessi. Film juga mendapatkan Silver Bear untuk kategori aktris terbaik yang didapatkan oleh Ana Brun. 

Silver Bear untuk aktor terbaik jatuh kepada bintang asal Prancis, Anthony Bajon, berkat perannya sebagai pemuda mantan pecandu dalam film karya Cedric Kahn, The Prayer

Dari 24 judul film yang ditayangkan di Berlin Film Festival ke-68, ada 19 judul yang berkompetisi mengincar Golden Bear. Beberapa datang dari sutradara-sutradara kenamaan, seperti Don’t Worry, He Won’t Get Far on Foot karya Gus Van Sant, Damsel karya David dan Nathan Zellner, Season of the Devil karya Lav Diaz, dan tentunya Isle of Dogs dari Wes Anderson.

Seksi Panorama juga menampilkan film-film baru dari berbagai sutradara kenamaan seperti Foreboding dari Kiyoshi Kurosawa, Human, Space, Time and Human karya Kim Ki-duk, Yardie karya aktor Idris Elba, dan pemenang Panorama Audience AwardProfile karya Timur Bekmambetov. 

Ada kabar gembira juga datang dari Berlin untuk perfilman Indonesia. Film karya Kamila Andini, The Seen and Unseen (Sekala Niskala) merupakan pemenang Grand Prix untuk seksi Generation Kplus, yaitu program pemutaran film-film yang ditujukan untuk anak-anak usia 4 tahun keatas. 

Total ada sekitar 398 film yang ditayangkan Berlin Film Festival 2018 yang tersebar di berbagai seksi (In Competion, Out of Competition, Panorama, Forum, Generation dan lain-lain). Dengan dihadiri sekitar 500.000 penonton dan lebih dari 300.000 tiket terjual, maka Berlinale memang pas jika dianggap sebagai salah satu festival film dengan jumlah penonton terbesar di dunia. 

Pemenang Berlin International Film Festival 2018:

  • Golden Bear for Best Film: “Touch Me Not,” Adina Pintilie
  • Silver Bear Grand Jury Prize: “Twarz” (“Mug”), MaƂgorzata Szumowska
  • Silver Bear Alfred Bauer Prize: “The Heiresses,” Marcelo Martinessi
  • Silver Bear for Best Director: Wes Anderson, “Isle of Dogs”
  • Silver Bear for Best Actress: Ana Brun, “The Heiresses”
  • Silver Bear for Best Actor: Anthony Bajon, “The Prayer”
  • Silver Bear for Best Screenplay: Manuel Alcalá and Alonso Ruizpalacios, “Museum”
  • Silver Bear for Outstanding Artistic Contribution, Costume or Set Design: Elena Okopnaya, “Dovlatov”
  • Audi Short Film Award: “Solar Walk,” Réka Bucsi
  • Silver Bear for Short Film Jury Prize: “Imfura,” Samuel Ishimwe
  • Golden Bear for Best Short Film: “The Men Behind the Wall,” Ines Moldavsky
  • Best First Feature: “Touch Me Not,” Adina Pintilie
  • Berlinale Glashütte Original – Documentary Prize: “The Waldheim Waltz,” Ruth Beckermann



Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.