20th Century Fox telah memastikan tanggal rilis untuk film-film mereka di tahun 2018 sekaligus tanggal resmi untuk perilisan beberapa sekuel yang mereka miliki.

The Predator dan Alita: Battle Angel merupakan dua rilisan terbesar Fox untuk tahun ini, namun mereka juga mengalami pergeseran tanggal rilis dan lebih lama dari yang direncanakan semula.

Kabar baiknya, sekuel Murder on the Orient Express, Death on the Nile, di mana Kenneth Branagh akan kembali, baik sebagai sutradara dan bintang utama, akan dirilis di tahun 2019, yang berarti Fox ingin adaptasi novel Agatha Christie ini dikerjakan dalam gerak cepat.

Death on the Nile diumumkan tidak lama setelah perilisan Murder on the Orient Express tahun lalu. Versi terbaru dari karya klasik Agatha Christie tersebut memang sukses besar di box office, dengan total pendapatan global sebesar $349 juta, berdasarkan bujet sebesar $55 juta. 

Tentunya angka yang cukup signifikan ini sudah menjadi indikasi yang lebih dari cukup bagi Fox untuk melanjutkan sepak terjang Branagh sebagai sang detektif terbesar sepanjang sejarah, Hercule Poirot. Bersabar dulu, karena Poirot akan kembali beraksi pada tanggal 8 November 2019, tepat dua tahun setelah perilisan Murder on the Orient Express.

Sementara itu Fox telah menunda perilisan The Predator. Film arahan Shane Black yang diniatkan sebagai perpaduan sekuel dan reboot ini seharusnya rilis bulan ini, tapi kemudian ditunda hingga tanggal 3 Agustus. Sekarang Fox kembali menggeser tanggal rilis The Predator menjadi 14 September. 

Film memang melakukan pengambilan gambar ulang atau reshoot, sehingga pegeseran tanggal rilis tersebut cukup masuk akal. Perpindahan tanggal menjadi November juga cukup strategis dari segi box office, karena tampaknya film akan mendapatkan persaingan minimalis.

Tanggal rilis Alita: Battle Angel, yang disutradarai Robert Rodriguez dan diproduseri James Cameron, juga digeser lima bulan; dari 20 Juli menjadi 21 Desember. 

Pergeseran tanggal rilis Alita bisa jadi berhubungan dengan masalah produksi mengingat film dikerjakan dengan bujet yang sangat besar (kisaran $200 juta) dan memiliki potensi franchise sehinggga Fox memang harus cermat dalam menangani Alita.

Hanya saja, dengan tanggal rilis barunya Alita harus mendapatkan persaingan ketat karena Warner Bros. merilis Aquaman di tanggal yang sama. Paramount juga merilis spin-off Transformers yang berjudul Bumblebee juga di tanggal serupa. 

Ketiga film ini bisa jadi akan mendapatkan pemasukan besar di debutnya, namun mengingat mereka dirilis pada tanggal bersamaan, jelas akan terjadi praktek kanibalisasi sehingga yang terlemah akan tergerus dari box office dan kemudian tersingkir. 

Ada kemungkinan satu dari tiga film ini akan mengubah tanggal rilis mereka. Namun mengingat Alita baru saja memindahkan tanggal rilisnya, maka bisa jadi Aquaman dan Bumblebee yang akan melakukan hal tersebut. Atau bisa jadi juga ketiganya bertahan rilis di tanggal sama. Kita lihat saja nanti.