Feature


Sabtu, 02 Desember 2017 - 15:51:50 WIB
'Nyai' Resmi Membuka Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2017
Diposting oleh : Taufiqur Rizal (@TarizSolis) - Dibaca: 117 kali

Perhelatan Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) 2017 telah secara resmi dibuka pada Jumat (1/12) malam di Taman Budaya Yogyakarta. Rangkaian upacara pembukaan ini diawali dengan sambutan dari berbagai pihak seperti Budi Irawanto selaku Direktur Festival JAFF, Endah Wahyu (BEKRAF), Choi Yoon (Busan Film Commission), Tsukamoto (Japan Foundation) dan Garin Nugroho selaku pembuat film Nyai yang dipilih sebagai film pembuka.

Sebelum menyaksikan suguhan utama JAFF, yaitu film Nyai, pada upacara pembukaan, penonton terlebih dahulu diberi kejutan dalam bentuk penampilan video mapping di Gedung Societed Taman Budaya Yogyakarta. Hadir dengan syair macapat Maskumambang, puisi Jawa tersebut diterjemahkan oleh sekelompok seniman muda Jogja dengan latar disiplin seni yang berbeda-beda.

Turut berpartisipasi dalam penampilan tersebut, yakni Paksi Raras Alit (Penyanyi), Sekar Sari (Penari/Aktris), Raphael Dhony (Motion Director), Dhanak Pembayun (Music Director), dan Banjar Triandaru (Lighting Designer). Pertunjukan kolaborasi ini adalah salah satu bentuk bagaimana seni itu sangat cair (fluid) sama halnya dengan sinema yang pada perkembangannya adalah hasil dari berbagai disiplin kesenian.

Pada puncak acara, penonton disuguhkan dengan pemutaran film pembuka Nyai karya Garin Nugroho. Film yang dibintangi oleh Annisa Hertami ini menuturkan pergulatan seorang perempuan Jawa dalam menghadapi deraan hidup dengan daya tahan yang lentur. Film ini juga mencerminkan betapa sinema memiliki kelenturan dalam bersenyawa degan beragam cabang seni lain seperti tari, tarik suara dan drama.

Pada JAFF 2017 ini tercatat sebanyak 2500 tiket online telah terjual dan tiket online dari 16 film yang tayang di JAFF terjual habis dalam waktu satu minggu saja. Penonton masih dapat mengakses pembelian tiket secara on the spot untuk film-film yang sudah terjual habis secara online terhitung sejak satu jam sebelum film diputar di masing-masing tempat pemutaran seperti Taman Budaya Yogyakarta, Empire XXI, serta CGV Jwalk. 


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.