Feature


Kamis, 30 November 2017 - 18:19:52 WIB
Perfilman Indonesia Akan Berkolaborasi dengan Cina dalam 'Tsunami'
Diposting oleh : Taufiqur Rizal (@TarizSolis) - Dibaca: 803 kali

Setelah persiapan yang memakan waktu lebih dari satu tahun, akhirnya nota kesepahaman (MOU) pada proyek film Tsunami telah ditandatangi oleh kedua pembuat film. Jonathan Shen, selaku CEO Shinework Pictures (Kung Fu Yoga) dari Cina, dan Allen Jordan, CEO Goshen Media Indonesia, menandatangani kontrak kerjasama pada tanggal 27 November 2017 di bilangan Sudirman, Jakarta Pusat.

Proses penandatangan turut disaksikan oleh Triawan Munaf, ketua Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF). Tsunami merupakan proyek co-production film pertama yang melibatkan kerjasama bilateral antara Cina dan Indonesia.

Co-Production ini bisa menjadi batu loncatan kita untuk belajar dari negara Cina yang sudah maju di bidang industri perfilman, baik dari segi produksi dan teknologi,” ucap Triawan. Beliau juga berharap bahwa proyek ini bisa mempererat hubungan kerjasama kedua negara secara komersil, melihat besarnya potensi penonton Indonesia dan Cina.

Proyek ini merupakan salah satu bentuk konkrit dari hasil penandatanganan pertemuan Pejabat Tinggi Ketiga atas Hubungan Antarmasyarakat Indonesia-Cina yang menelurkan Rencana Kerjasama Aksi Tiga Tahun di Bidang Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi (2018-2020) yang sudah berlangsung pada selasa, 28 November 2017 di Solo, Jawa Tengah.

Jonathan mengungkapkan bahwa film ini terinspirasi dari pidato Presiden Cina, Xi Jinping, pada kunjungannya ke Indonesia di bulan Oktober 2013 yang secara khusus menceritakan aksi humanis dari tim penyelamat Cina pada saat tragedi tsunami menimpa Aceh.

“Saya merasa tersentuh ketika mendengar pidato dari Pak Xi yang mengatakan bahwa kita hidup bersama-sama dan sudah menjadi kewajiban kita untuk menolong orang lain yang membutuhkan. Selama beberapa tahun saya terinspirasi oleh pidato beliau dan berusaha untuk menginspirasi orang lain dengan cara membuat organisasi kemanusiaan, charity event dan yang terpenting adalah memproduksi film ini,” ujar Jonathan ketika diwawancarai usai menandatangani MOU.

Guliran kisah film ini akan berkisar pada aksi relawan asing yang ditugaskan untuk membantu korban bencana tsunami Aceh 13 tahun yang lalu. Beberapa nama besar sudah ditargetkan untuk terlibat di dalam film ini, salah satunya adalah Jet Li yang memiliki pengalaman pribadi mengenai bencana tsunami.

Proses pengambilan gambar untuk Tsunami direncanakan akan berlangsung di dua negara dengan beberapa lokasi di provinsi Aceh sebagai latar utama dari film tersebut. Tidak hanya di negara Cina dan Indonesia, film ini diharapkan dapat diputar di seluruh negara ASEAN.

 


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.