Feature


Sabtu, 28 Oktober 2017 - 23:56:46 WIB
Tahun 2017 Adalah Tahun Tersukses Untuk Genre Horor
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 1141 kali

Semenjak industri film itu mulai bergeliat, film horor selalu ada dalam setiap sejarahnya. Secara umum film horor relatif memang tidak membutuhkan biaya besar untuk dikerjakan dan biasanya mampu menarik perhatian penonton untuk berbondong-bondong ke bioskop sehingga menghasilkan keuntungan yang lumayan. Bahkan jika gagal di pasaran pun, kerugian yang dideritanya tidak begitu memberatkan para penanam modal. Tidak heran jika film horor senantiasa dikerjakan.

Meski begitu, tahun 2017 kini resmi tercatat sebagai tahun kejayaan bagi genre horor. Berdasarkan laporan terbaru, tahun 2017 adalah tahun tersukses untuk genre horor di sepanjang masa dengan raupan penghasilan yang fantastis dan belum pernah terjadi sebelumnya di sejaran perfilman Amerika.

Tentu saja ucapan terima kasih terbesar jatuh kepada film adaptasi novel Stephen King yang disutradarai Andy Muschietti, IT, dan film debut penyutradaraan komedian Jordan Peele, Get Out. Berkat film-film ini, total pendapatan genre horor untuk wilayah domestik (Amerika Utara) kini adalah sebesar $733 juta. 

Mengingat film-film horor lain yang baru atau akan tayang, seperti Happy Death Day dan Jigsaw juga diperkirakan akan mendulang dollar yang tak kalah besar, maka dipastikan jumlah total domestik tadi akan semakin membengkak. Tidak sulit dibayangkan jika box office domestik untuk genre horor di tahun 2017 ini akan melewati marka $800 juta. 

Sejauh ini film horor terlaris tahun 2017, bahkan sepanjang masa, adalah IT. Secara domestik film mengumpulkan $321.2 juta, sehingga melewati ekspektasi awalnya. Film lain yang lebih sukses adalah trio superhero (Spider-Man: Homecoming, Guardians of the Galaxy Vol. 2 dan Wonder Woman) dan live-action Disney, Beauty and the Beast.

Get Out adalah film horor terlaris kedua dengan $175.7 juta. Menyusul kemudian Split dengan $138.1 juta dan Annabelle: Creation dengan $102 juta. Bahkan film horor berkualitas buruk dan mudah terlupakan seperti The Bye Bye Man ($22.3 juta) memberi kontribusi yang cukup signifikan untuk mempertebal penghasilan genre horor tahun ini. 


Kontribusi terbesar datang dari produser Jason Blum dengan rumah produksi Blumhouse Production miliknya. Sistem produksi film horornya, yang kerap mengandalkan bujet kecil, meraih sukses yang lebih masif bahkan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Get Out, Split dan Happy Death Day  merupakan produksi Blumhouse, sehingga bisa dikatakan rumah produksi ini untung besar di tahun 2017. Menyusul kemudian New Line Cinema yang menghadirkan IT dan Annebelle: Creation.  Dengan demikian, dua rumah produksi ini memberikan kontribusi yang signifikan untuk besarnya pendapatan genre horor tahun ini. 

Dengan sukses ini, maka tahun 2017 jelas memantik trend di Hollywood untuk membuat film horor yang berkualitas. Trend ini sebenarnya sudah dimulai semenjak The Conjuring, namun  memang tahun ini seakan menjadi puncaknya.

Memang laporan dari The New York Times tidak menghitung inflasi, namun mereka sudah mendata tahun tersukses untuk horor di setiap dekadenya semenjak era 70-an. Sebelum tahun 2017, tahun 2000 adalah yang tercatat sebagai tahun tersukses genre horor dengan $617.7 juta.

Dengan film-film horor dengan potensi sukses lain sedang dalam tahap pengerjaan, seperti IT: Chapter Two, The Conjuring 3, The Nun, dan film terbaru Jordan Peele, atau yang siap tayang seperti Insiduous: The Last Key, di tahun-tahun mendatang seharusnya genre horor akan tetap berjaya. Sebuah trend yang layak untuk dirayakan, asal kualitas produksi film harus tetap terjaga tentunya.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.