Feature


Kamis, 12 Oktober 2017 - 17:48:20 WIB
'Wage' Soroti Kisah Perjalanan Hidup Pencipta Lagu Kebangsaan Indonesia
Diposting oleh : Taufiqur Rizal (@TarizSolis) - Dibaca: 270 kali

Setiap warga negara Indonesia, semestinya tahu dan hafal di luar kepala lagu Indonesia Raya yang merupakan lagu kebangsaan bumi pertiwi ini. Akan tetapi, hanya segelintir warga negara Indonesia yang mengenal dengan baik sosok dibalik terciptanya lagu yang menjadi identitas kebangsaan Indonesia tersebut, Wage Rudolf Supratman.

Ironisnya lagi, buku-buku bersejarah yang membahas mengenai sang komponis pun langka dijumpai di pasaran sehingga mempersulit generasi muda untuk mempelajari kisah hidup Wage Rudolf Supratman. Hal ini lantas menyentil sineas John De Rantau (Denias Senandung di Atas Awan, Semesta Mendukung) untuk mengangkat kiprah sang komponis ke dalam format film layar lebar. 

"Lewat film ini kami ingin mengungkapkan riwayat hidup sang penggubah lagu kebangsaan yang belum banyak diketahui masyarakat secara runtut, cermat dan jelas. Film ini juga ditujukan sebagai pelurus sejarah mengenai kisah hidupnya yang masih simpang siur misalnya tempat kelahirannya, tanggal kelahirannya, kehidupan pribadinya dan keluarganya," papar John.

Film garapan John De Rantau yang diproduksi oleh Opshid Media dan konon menelan dana hingga 16 miliar ini diberi tajuk Wage. Barisan pemain yang terlibat di dalamnya meliputi Teuku Rifnu Wikana, Prisia Nasution, Putri Ayudya, serta pendatang baru Rendra B Pamungkas yang dipercaya memerankan Wage. Terkait dipilihnya Rendra, John mengungkap alasannya. 

"Proses pemilihan aktor tidak didasarkan pada besarnya nama yang dimiliki sang aktor, maupun banyaknya kecocokan kualifikasi secara teknis antara peran dan pemeran. Aktor terpilih untuk peran Wage dipilih berdasarkan potensi, baik di bidang seni peran maupun caranya untuk eksplorasi karakter," paparnya.

Guna merealisasikan film yang menceritakan sepenggal hidup Wage Rudolf Supratman pada periode usia 10 hingga 35 tahun ini, John dan tim membutuhkan perencanaan yang memakan waktu sampai dua tahun. Proses pengambilan gambar Wage sendiri berlangsung sekitar tiga bulan dengan mengambil lokasi syuting di Semarang, Jogja, Magelang, dan Solo.

Apabila tidak ada aral melintang, Wage akan dilepas ke berbagai jaringan bioskop tanah air pada 9 November mendatang.



Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.