Feature


Senin, 02 Oktober 2017 - 21:42:53 WIB
Tommy Lee Jones Dan Line-Up Spesial Tokyo International Film Festival Ke-30
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 1598 kali

Oleh

Daniel Irawan (@danieldokter)

Tokyo International Film Festival (TIFF/TIFFJP) ke-30 kembali mengumumkan seluruh lineup dan anggota juri festivalnya tahun ini. Dalam konferensi pers yang digelar pekan lalu, Festival Director barunya, Takeo Hisamatsu, menyampaikan visi TIFF untuk perkembangan penyelenggaraan masa depan festival ini.

Tahun ini, di segmen kompetisi ada 15 film yang lolos ke nominee final dari keseluruhan entry lintas negara sejumlah total 1538 film. Ada dua film Jepang di segmen kompetisi ini, The Lowlife yang disutradarai oleh Takahisa Zeze, serta Tremble All You Want dari sutradara Akiko Ooku. Sebuah film Malaysia, Aqerat (We the Dead) karya sutradara Edmund Yeo juga akan ikut berkompetisi dalam segmen ini.

Juga mengumumkan komposisi juri TIFF tahun ini, ada aktor Hollywood peraih Oscar Tommy Lee Jones sebagai Jury President, sementara 4 anggotanya adalah sutradara Perancis Martin Provost (Seraphine, Violette), sutradara Iran Reza Mirkarimi (A Cube of Sugar, Daughter), aktor Jepang Masathoshi Nagase (Suicide Club, The Hidden Blade) serta aktris-sutradara-penyanyi Zhao Wei yang di sini dulu lebih dikenal dengan nama Vicky Zhao lewat serial Putri Huan Zhu (My Fair Princess) dan Kabut Cinta (Romance in the Rain). Sejumlah film lain Zhao Wei yang sangat populer adalah Shaolin Soccer, So Close dan Mulan, di antaranya.

©tiff-jp.net

TIFF ke-30 juga sekaligus akan menjadi perayaan 100 tahun lahirnya animasi Jepang, lewat program spesial The World of Keichii Hara. Hara, yang juga sempat membawa showcase spesialnya ke beberapa kota di Indonesia, dari Jakarta hingga Medan beberapa tahun lalu, akan menampilkan seluruh film-film karyanya; sejumlah film-film Doraemon dan Crayon Shin-chan, dan juga Summer Days with Coo (2007), Colorful (2010) ke Miss Hokusai (2015) yang sangat populer bagi fans anime.

Selain itu, Tokyo International Film Festival tahun ini juga akan dihadiri oleh sutradara Steven Soderbergh dengan segmen spesial The World of Steven Soderbergh yang disponsori oleh American Airlines. Mempresentasikan film terbarunya, Logan Lucky, di segmen Special Screening, segmen yang langsung akan dihadiri Soderbergh dalam serangkaian Q&A dan talkshow khusus ini akan menayangkan 3 film Soderbergh; pemenang Palme d’Or Cannes, Sex, Lies and Videotape (1989), Ocean’s Eleven (2001) dan Haywire (2011).

Mobil Bekas dan Kisah-Kisah dalam Putaran © tiff-jp.net

Sementara, di program Crosscut Asia ke-4 TIFF yang tetap bekerjasama dengan The Japan Foundation Asia Center akan ada dua film Indonesia yang ditayangkan. Bertema What’s Next from Southeast Asia?, dua film Indonesia itu adalah Mobil Bekas dan Kisah-Kisah dalam Putaran (The Carousel Never Stops Turning) karya Ismail Basbeth dan Ziarah (Tales of the Otherwords) karya BW. Purba Negara. Bersama Basbeth dan Purba Negara, Karina Salim dan Gandhi Fernando dari Mobil Bekas dan Rukman Rosadi dari Ziarah akan hadir di festival tahun ini.

Selebrasi film yang sekaligus merayakan ulang tahun ke-30 Tokyo International Film Festival ini akan menayangkan lebih dari 200 film selama 10 hari penyelenggaraannya dari 25 Oktober hingga 3 November 2017 di venue utama Roppongi Hills dan sejumlah lokasi lain seputar Tokyo.

Informasi lebih lanjut kunjungi tiff-jp.net


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.