Feature


Senin, 11 September 2017 - 21:35:19 WIB
Pecahkan Rekor, 'IT' Sukses Semarakkan Lagi Box Office Yang Sempat Lesu
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 2639 kali

Film horor Warner Bros. dan New Line Cinema, IT, sukses "mengambang" ke posisi puncak box office Amerika Utara. Film yang diadaptasi dari novel klasik Stephen King dan berating R tersebut kini menjadi film laris terbaru dengan mendapatkan penghasilan yang sungguh masif, yaitu sekitar $117.2 juta dari penayangan di sekitar 4.103 bioskop di pekan pertamanya. Filmnya sendiri diproduksi dengan bujet sebesar $35 juta.

Sukses besar IT pastinya mengakhiri kelesuan box office yang terjadi selama beberapa pekan terakhir dan mencatatkan banyak rekor baru, termasuk menumbangkan prestasi film rilisan September dengan rilisan terbesar yang sebelumnya dipegang oleh film animasi Hotel Transylvania 2 dengan $48.5 juta di tahun 2015. 

Selain itu IT juga adalah film dengan debut terbesar sepanjang masa untuk sebuah film horor dan juga film adaptasi dari novel King. IT pun kini tercatat sebagai film horor berating R dengan debut terbesar, menggeser posisi sebelumnya yang dipegang oleh Paranormal Activity 3 dengan $52.5 juta.

Film arahan Andy Muschietti (Mama) ini juga menjadi film horor rating R kelima terlaris sepanjang masa hanya dalam waktu 3 hari semenjak dirilis. Oleh karenanya bisa dipastikan posisinya akan merangkak naik di beberapa pekan mendatang.

Selain itu, film yang dibintangi oleh Bill Skarsgard sebagai badut setan Pennywise ini menjadi debut domestik terbesar ketiga untuk tahun ini, dibelakang Beauty and the Beast ($174.8 juta) dan Guardians of the Galaxy Vol. 2 ($146.2 juta).

IT juga terbukti sukses di pasar internasional, dengan mendapatkan $62 juta dari penayangan di 46 negara. Oleh karenanya, total global IT di pekan pertamanya adalah sebesar $179.2 juta.

Kesuksesan fenomenal IT ini dipandang analis comScore, Paul Dergarabedian, karena orang memang menyukai film horor. Di ruang gelap bioskop, para penonton yang terdiri dari berbagai latar belakang secara kolektif merasa terhubung dengan rasa takut dan cekam yang dipersembahkan film di layar di hadapan mereka. 

Sementara itu, presiden divisi distribusi domestik Warner Bros., Jeff Goldstein, memuji tim marketing yang sukses dalam mempromosikan filmnya. Memang awalnya film diproyeksi mendapatkan $120 juta di pekan debutnya, akibat Badai Irma yang melanda Florida, mau tidak mau beberapa bioskop di kawasan tersebut batal menayangkan film sehingga mengurangi pendapatan proyeksi awal sebanyak $5 juta.

Sukses besar IT ini jelas membuat ia menjadi lawan tanding yang sulit dilawan oleh para kompetitornya di box office, terutama film komedi Reese Witherspoon, Home Again, yang meski debut di posisi 2 namun hanya mengumpulkan $9 juta saja. 

Mantan juara 3 pekan berturut, The Hitman's Bodyguard, turun dua peringkat di pekan keempatnya dengan $4.8 juta. Film horor sukses Warner Bros. dan New Line Cinema lain, Annabelle: Creation masih mampu berada di 5 besar dengan berada di posisi 4 dengan tambahan $4 juta. Sedangkan film thriller Wind River melengkapi 5 besar dengan $3.2 juta.

Berikut 10 besar box office Amerika Utara untuk periode 8-10 September 2017:

  1. "It" - $117.1 juta
  2. "Home Again" - $9 juta
  3. "The Hitman's Bodyguard" - $4.8 juta
  4. "Annabelle: Creation" - $4 juta
  5. "Wind River" - $3.2 juta
  6. "Leap!" - $2.5 juta
  7. "Spider-Man: Homecoming" - $2 juta
  8. "Dunkirk" - $1.9 juta
  9. "Logan Lucky" - $1.8 juta
  10. "The Emoji Movie" - $1.1 juta


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.