"Lucasfilm and Colin Trevorrow have mutually chosen to part ways on Star Wars: Episode IX. Colin has been a wonderful collaborator throughout the development process but we have all come to the conclusion that our visions for the project differ. We wish Colin the best and will be sharing more information about the film soon."

Banyak hal yang harus dikaji untuk mengetahui mengapa Lucasfilm berpisah dengan Trevorrow, namun pastinya ini adalah sebuah kejutan, mengingat film akan memulai produksi di bulan Januari mendatang.

Trevorrow terangkat namanya berkat sukses besar Jurassic World yang dirilis di tahun 2015. Ia terpilih menjadi sutradara Star Wars IX tak lama setelahnya. Kesuksesan Jurassic World memang tidak bisa dinafikan memainkan peranan penting dalam memuluskan jalan Trevorrow untuk menjadi sutradara Star Wars IX.

Ia tercatat sebagai calon sutradara selama dua tahun sebelum munculnya kabar pengunduran diri ini. Sebuah waktu yang sebenarnya cukup lama dan diperkirakan sudah merupakan hal yang pasti, apalagi selama dua tahun ini Trevorrow telah mengembangkan naskah film dan juga menyiapkan pra-produksinya.

Pertanyaan: mengapa setelah dua tahun dan masa produksi yang hampir segera dimulai terjadi kasus ini?

Baru-baru ini dikabarkan jika sang penulis naskah, Jack Thorne, penulis naskah untuk drama panggung Harry Potter and the Cursed Child, diajak untuk menulis ulang naskah Star Wars IX. Sebelumnya draft naskah dikerjakan oleh Trevorrow dan Derek Connolly. Saat itu belum ada indikasi jika Trevorrow akan meninggalkan produksi, namun penulisan ulang yang dilakukan Thorne menjadi cukup masuk akal dan sangat beralasan. Bisa jadi penulisan ulang Thorne lebih signifikan dari pada yang diperkirakan semula. 

Apakah kegagalan The Book of Henry, film terbaru Trevorrow, baik dari segi tanggapan kritikus maupun box office, menjadi penyebabnya? Mungkin iya, mungkin juga tidak. 

Dan film solo Han Solo dengan cepat mendapatkan pengganti, yaitu sutradara kaliber Oscar Ron Howard. Apakah Star Wars IX juga akan mendapatkan treatment yang sama? Menurut kabar, Rian Johnson, sutradara Star Wars VIII akan menjadi penggantinya. Juga apakah pergantian sutradara akan memundurkan jadwal tayang film yang semula direncanakan pada tanggal 24 Mei 2019? 

Kita tunggu saja pernyataan resmi dari Lucasfilm berikutnya.

Sementara itu, Star Wars: The Last Jedi akan tayang pada tanggal 13 Desember 2017.