Sejauh ini tahun 2017 sepertinya adalah tahun untuk genre horor. Tidak hanya banyak film horor rilisan tahun ini yang mendapat sambutan bagus dari kritikus, namun juga sukses menuai dollar di box office. Lantas, siapa yang menjadi juaranya sejauh ini?

Ternyata ia adalah Annebelle: Creation dan sukses mengambil alih posisi film horor terlaris 2017 yang sebelumnya dipegang oleh Get Out

Menurut Box Office Mojo, film arahan David F. Sandberg (Lights Out) tersebut secara resmi telah mendapatkan sebesar $255.4 juta di box office global, dengan tambahan didapat berkat libur Labor Day di akhir pekan lalu.

Dengan demikian Annabelle: Creation telah melampaui pendapatan Get Out, yaitu sebesar $252.4 juta saat beredar di bioskop-bioskop berbagai belahan dunia. Mungkin akan menjadi sedikit perdebatan, mengingat Split karya M. Night Shyamalan memiliki pendatan yang jauh lebih besar, yaitu $276 juta. Namun, meski memiliki beberapa elemen horor di dalamnya, secara umum Split tidak benar-benar sebuah film horor.

Meski begitu, rasa-rasanya Annabelle: Creation pun bisa melewati pendapatan Split mengingat film masih ditayangkan sampai saat ini dan masih menarik minat banyak penonton. 

Untuk peredaran domestik, Get Out ternyata masih lebih unggul, karena mampu mengumpulkan sebesar $175.5 juta, sedangkan Annabelle: Creation hanya $91 juta saja.

Begitu pula dari sisi tanggapan kritikus, di mana Get Out masih selangkah di depan Annabelle: Creation, yang memiliki 68% rating persetujuan di Rotten Tomatoes. Tentunya rating ini tidak bisa dianggap buruk, apalagi jika dibandingkan dengan Annabelle yang hanya mendapat 29%. 

Sedang Get Out mendapatkan rating persetujuan yang jauh lebih besar dibandingkan Annabelle: Creation, di mana film arahan komedian Jordan Peele tersebut mendapatkan rating sebesar 99%. Dari 282 review yang terangkum dalam Rotten Tomatoes, hanya 2 review yang negatif. 

Get Out disebut-sebut juga akan berperan banyak dalam musim penghargaan mendatang. Sedangkan Annabelle: Creation, meski tidak buruk, namun juga kecil kemungkinan akan menjadi salah satu pemain di musim penghargaan. 

Annabelle: Creation juga membuktikan jika The Conjuring Cinematic Universe masih memiliki banyak potensi untuk menghasilkan uang yang besar bagi Warner Bros. di tahun-tahun mendatang. Bukan hanya mereka sedang menyiapkan The Conjuring 3, namun juga beberapa sempalan lain, seperti The Nun, yang akan menampilkan suster setan Valak dari The Conjuring 2 dan akan dirilis musim panas tahun depan, serta juga The Crooked Man, yang sosoknya juga melakukan "debut" di The Conjuring 2

Franchise The Conjuring sejauh ini telah mendapatkan total sebesar $1.15 miliar di box office, dengan tambahan yang didapat dari Annabelle: Creation. Sedang Annabelle yang pertama mendapatkan $256.9 juta saat dirilis di tahun 2014 lalu. Jika lancar, Annabelle: Creation juga akan melalui prestasi film pertamanya tersebut di box office. 

Meski begitu, bisa jadi prestasi Annabelle: Creation akan tergeser sebentar lagi mengingat ada film horor besar lain yang akan segera tayang dan siap menakut-nakuti penonton, yaitu adaptasi novel Stephen King, It