Feature


Minggu, 27 Agustus 2017 - 21:46:05 WIB
Sineas Horor Legendaris Tobe Hooper Tutup Usia
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 2506 kali

Kembali terbit kabar duka dari ranah perfilman horor. Sineas legendaris Tobe Hooper telah meninggalkan kita untuk selamanya di usia 74 tahun. Ia menutup mata pada Sabtu, 26 Agustus, di kediamannya di Sherman Oaks, California, sebagaimana hasil laporan Los Angeles County Coroner. Detil tentang penyebab meninggalnya Hooper masih belum diketahui.

Sebagai sutradara, Hooper dikenal berkat film-film klasik seperti The Texas Chain Saw Massacre dan Poltergeist. The Texas Chain Saw Massacre dirilis di tahun 1974 dan hingga saat ini masih dianggap sebagai salah satu film horor paling sukses juga paling berpengaruh yang pernah dibuat. Ia menambah daftar film legendarisnya saat membantu Steven Spielberg mengarahkan Poltergeist di tahun 1982.

Warisan dan pengaruh Hooper masih tetap bertahan di beberapa generasi selanjutnya. Bahkan berbagai sineas horor kenamaan lain, seperti Wes Craven, Hideo Nakata, Rob Zombie atau Alexandre Aja menyebutkankan jika Hooper memberi pengaruh besar pada gaya dalam karya-karya mereka.

Sutradara kondang Ridley Scott pun sempat menyebutkan jika The Texas Chain Saw Massacre adalah yang memberi pengaruh pada hit klasiknya, Alien (1979), ketimbang berbagai film horor kelas B lainnya. 

Tobe Hooper di masa mudanya (foto. Bloody Disgusting).

Membicarakan Hooper tentunya tidak terlepas dari menyebutkan serial televisi adaptasi Nightmare On Elm Street, Freddy's Nightmares, di mana ia menjabat sebagai sutradara untuk episode perdananya, No More Mr. Nice Guy, di tahun 1988. Episode tersebut menggambarkan asal muasal sang iblis mimpi, Freddy Krueger, serta sidang pengadilan yang menjatuhkan hukuman atas kejahatannya dan tentunya saat dibakar hidup-hidup oleh para orang tua yang anaknya menjadi korban Freddy.

Berbicara tentang televisi, tentu tidak bisa tidak menyebutkan salah satu mini seri arahan Hooper yang kini sudah memiliki status cult dan bahkan dianggap lebih baik dibandingkan banyak film horor layar lebar, yaitu Salem's Lot (1979) yang diangkat dari novel tulisan Stephen King. 

Hooper aktif menyutradarai film di periode 80-an hingga 90-an, meski karya-karyanya tidak lagi secemerlang The Texas Chain Saw Massacre, Poltergeist atau Salem's Lot. Meski demikian, tetap ada beberapa judul yang kini juga sudah masuk dalam ranah cult bahkan klasik, seperti The Funhouse (1981), Lifeforce (1982), atau Body Bags yang dibintangi Mark Hamill. 

Film terakhir Hooper adalah horor supernatural Djinn (2013), yang merupakan satu dari empat film yang dikerjakannya di era millenium baru. 

Meninggalnya Hooper ini menyusul sutradara ikon horor lain yang juga tutup usia di tahun 2017, Geore A. Romero. Selamat tinggal Tobe Hooper. Will be missed!




Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.