Feature


Sabtu, 05 Agustus 2017 - 20:47:28 WIB
'Get Out' Adalah Film Dengan Profit Terbesar Sepanjang 2017
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 2801 kali

Rumah produksi dengan spesialisasi film-film berbujet mikro, Blumhouse Productions, telah sukses mencuri perhatian dalam beberapa tahun terakhir ini. Terutama untuk film-film horor/thriller mereka yang ternyata sukses di pasaran dan memberikan profit yang besar.

Strategi Blumhouse sejauh ini terbukti sangat sukses dan mereka telah membuktikan betapa besar keuntungan yang diperoleh dari model yang mereka kembangkan di tahun 2017 ini. Dua dari beberapa film dengan keuntungan terbesar untuk tahun ini, Split dan Get Out, adalah hasil produksi Blumhouse.

The Wrap baru-baru ini membahas film-film laris apa saja di box office sepanjang tahun 2017 sejauh ini dan melakukan kalkulasi untuk mengetahui judul mana yang paling menguntungkan. Kalkulasi yang dilakukan The Wrap adalah dengan mengkombinasikan bujet produksi dengan bujet marketing dan membandingkannya dengan prestasi yang didapat film di tangga box office.

Berdasarkan temuan mereka, Get Out, yang merupakan debut penyutradaraan komedian Jordan Peele, sukses berada di puncak daftar. Jadi, berapa besar profit yang diraih Get Out? Ternyata film sukses mendapatkan sekitar 630% dari modal produksinya.

Peele diberikan hanya $4.5 juta sebagai bujetnya untuk mengerakan Get Out, yang kemudian mendapatkan sebesar $252.4 juta di box office. Laporan ini mengestimasi film menggelontorkan sebesar $30 juta untuk biaya promosi. Namun meski memiliki angka marketing yang jauh lebih besar dibandingkan bujet produksi, total biaya yang dikeluarkan film sukses dikembalikan plus beberapa kali lipat keuntunganan tambahan. 

Belum lagi film merupakan salah satu favorit kritikus di tahun ini dan bahkan digadang-gadangkan akan berperan besar di ajang penghargaan yang akan berlangsung di waktu beberapa bulan mendatang. Sungguh sebuah kinerja yang amat sangat tidak jelek untuk seorang sutradara debutan yang lebih dikenal berkat aksinya di sketsa komedi Comedy Central. Apalagi jika nantinya film terbukti juga mendapat Oscar untuk Best Picture (setidaknya nominasi).

Sedang untuk Split, yang dianggap membangkitkan kembali karir M. Night Shyamalan, The Wrap menemukan jika film memiliki keuntungan sebesar 610%. Tak kalah impresif dibandingkan Get Out.

Oleh karena itu, maka Get Out dan Split sudah sukses memberikan untung besar kepada Blumhouse dan hampir dipastikan model kerja mereka akan menjadi sesuatu yang dicoba untuk diemulasi oleh studio lain. 

Di kedepanya Blumhouse rasa-rasanya akan kembali siap menuai profit besar. Terutama karena Shyamalan sedang mengerjakan sekuel Split/Unbreakable yang kini secara resmi diberi judul Glass. Peele juga sedang mengerjakan thriller bertema sosial lain untuk Universal yang sebelumnya bertugas sebagai pendistribusi bagi film-film Blumhouse. 

Blumhouse sendiri juga memiliki franchise sukses mereka, seperti The Purge dan juga seri Paranormal Activity yang memiliki keuntungan total sebesar $889.7 juta berdasarkan bujet total untuk 5 film sebesar $28 juta. 



Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.