Feature


Rabu, 02 Agustus 2017 - 16:04:44 WIB
Deretan Film Indonesia Siap Rilis di Bulan Agustus 2017
Diposting oleh : Taufiqur Rizal (@TarizSolis) - Dibaca: 522 kali

Pada bulan perayaan hari kemerdekaan Indonesia tahun ini, setidaknya terdapat 11 film Indonesia siap dilepas ke berbagai jaringan bioskop tanah air. Dari belasan judul tersebut, hanya dua diantaranya yang mengusung tema nasionalisme yakni Banda: The Dark Forgotten Trail yang menyasar genre dokumenter dan Nyai Ahmad Dahlan yang berada di jalur film biopik. Selebihnya, tontonan eskapisme bagi khalayak ramai yang haus hiburan. Terbagi ke dalam tiga genre kesukaan penonton; komedi, horor, serta romansa, film yang menjadi sorotan pada Agustus ini antara lain Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 2 yang merupakan kelanjutan dari film Indonesia terlaris sepanjang masa, Rafathar yang dijual sebagai film superhero untuk seluruh anggota keluarga, A: Aku, Benci, dan Cinta yang didasarkan pada novel laris sekaligus mengandalkan idola-idola remaja masa kini di barisan pemain, serta Turah yang sebelumnya berkeliling di festival-festival film.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah deretan film Indonesia siap rilis pada bulan Agustus 2017:

1. Banda: The Dark Forgotten Trail

Sinopsis : Di abad pertengahan, segenggam pala di pasar Eropa dianggap lebih berharga dari sepeti emas. Monopoli bangsa Arab dan perseteruan dalam perang salib membawa Eropa ke dalam perburuan menemukan pulau-pulau penghasil rempah. Perseteruan bangsa-bangsa terjadi akibat rempah-rempah. Kepulauan Banda yang saat itu menjadi satu-satunya tempat pohon-pohon pala tumbuh menjadi kawasan yang paling diperebutkan. Belanda bahkan rela melepas Nieuw Amsterdam (Mannhatan, New York) agar bisa mengusir Inggris dari kepulauan tersebut. Pembantain massal dan perbudakan pertama di Nusantara terjadi di Kepulauan Banda. Di sana pula, sebuah semangat kebangsaan dan identitas multikultural lahir menjadi warisan sejarah dunia.

Sutradara : Jay Subyakto

Penulis Naskah : Irfan Ramli

Narator : Reza Rahadian, Ario Bayu

Tanggal rilis : 3 Agustus 2017

 

 2. Berangkat!

Sinopsis : Jano adalah mahasiswa dan pekerja paruh waktu di sebuah toko musik. Dia jatuh cinta kepada salah seorang pelanggannya di toko musik, Kayla. Suatu hari, Kayla meminta bantuan Jano untuk memasang poster konser musiknya di Bali, dan memberikan tiga tiket konser kepada Jano. Berbekal uang yang seadanya, Jano dan dua sahabatnya, Joana dan Dika, menyewa mobil VW Combi tua yang mengantar mereka dari Jakarta, Malang sampai Bali. Masalah muncul silih berganti, berawal dari mobil yang sering rusak di jalan hingga kejadian-kejadian berbahaya yang mengancam nyawa mereka.

Sutradara : Naya Anindita

Penulis Naskah : Isman HS, Nicholas Raven

Pemain : Tarra Budiman, Ayushita Nugraha, Ringgo Agus Rahman, Tanta Ginting, Igor Saykoji

Tanggal rilis : 3 Agustus 2017

 

3. Mars Met Venus (Part Cowok)

Sinopsis : Berceloteh dari perspektif Kelvin, bagian ini menghadirkan karakter laki-laki sebagai sorotan utama seperti Reza, Bobby, Martin, dan Steve yang selalu memberikan dukungan dan nasihat terhadap Kelvin tentang hubungannya dengan Mila. Kelvin dan Mila kemudian sadar bahwa pertengkaran diantara mereka terjadi akibat rasa takut: takut kehilangan, takut menyakiti, bahkan takut mengatakan yang sebenarnya karena terlalu menyayangi satu sama lain.

Sutradara : Hadrah Daeng Ratu

Penulis Naskah : Nataya Bagya

Pemain : Ge Pamungkas, Pamela Bowie, Reza Nangin, Ibob Tarigan, Steve Pattinama

Tanggal rilis : 3 Agustus 2017

Note : Seperti halnya The Disappearance of Eleanor Rigby, Mars Met Venus terbagi ke dalam dua film yang masing-masing bercerita menggunakan sudut pandang dari laki-laki dan perempuan. Part cewe dirilis terlebih dahulu, menyusul part cowo dua minggu setelahnya.

 

4. 12:06 Rumah Kucing

Sinopsis : Kejadian aneh mulai dialami Randy dan Rosa sejak lantai gudang terbelah tepat pada jam 12.06 tengah malam. Kehadiran beberapa ekor kucing membuka kembali kisah tragis di masa lalu dan berakibat bangkitnya arwah Sally yang meninggal dengan tidak wajar. Saat Rasti, putri mereka, dirasuki arwah Sally, mereka memutuskan mencari tahu cerita rumah mereka kepada penghuni terdahulu. Ternyata, masa lalu masih menyimpan dendamnya dan menghantui untuk menuntut pertanggungjawaban atas kesalahan yang telah dilakukan.

Sutradara : Chiska Doppert

Penulis Naskah : Hotnidah Harahap

Pemain : Masayu Anastasia, Adi Nugroho, Endy Arfian, Cathy Fakandi, Christian Loho

Tanggal rilis : 10 Agustus 2017

 

5. Rafathar

Sinopsis : Jonny Gold dan Popo Palupi adalah sepasang perampok profesional. Kali ini mereka mendapatkan pekerjaan untuk menculik seorang bayi yang diadopsi keluarga kaya raya bernama Rafathar. Ternyata bayi yang mereka culik itu mempunyai kekuatan super berupa kekuatan telekinetik yang mampu mengendalikan logam. Kejadian-kejadian lucu terjadi dalam penculikan itu hingga Rafathar mempunyai arti tersendiri bagi Jonny dan Popo. Petualangan yang mereka alami bersama perlahan mulai membuka sebuah konsipirasi besar dan asal-usul kekuatan super yang dimiliki Rafathar.

Sutradara : Bounty Umbara 

Penulis Naskah : Bounty Umbara, Bene Dion Rajagukguk

Pemain : Rafathar Malik Ahmad, Raffi Ahmad, Babe Cabiita, Nagita Slavina, Agus Kuncoro

Tanggal rilis : 10 Agustus 2017

 

6. A: Aku, Benci, dan Cinta

Sinopsis : Bagi Anggia yang menjabat sebagai wakil ketua OSIS, makhluk yang paling menyebalkan di sekolah adalah Alvaro, sang ketua OSIS. Mereka tidak pernah akur dalam rapat. Ketika Anggia tidak setuju diadakan prom, Alvaro mengejek bahwa Anggia takut karena tidak akan dapat pasangan. Untung muncul Alex, sahabat kakak Anggia yang penuh perhatian. Namun, nasib terus menyatukan Anggia dan Alvaro. Alvaro diharuskan menjadi tutor musik bagi Anggia saat jam sekolah selesai. Hari demi hari membuat Anggia mengenal Alvaro lebih dekat. Kekaguman dan rasa suka pun muncul. Hanya saja, tidak mudah bagi keduanya untuk mengakui perasaan tersebut karena masih ada Alex dalam kehidupan Anggia, sedangkan Alvaro masih memiliki Athala yang terbaring koma.

Sutradara : Rizki Balki 

Penulis Naskah : Alim Sudio

Pemain : Jefri Nichol, Indah Permatasari, Amanda Rawles, Brandon Salim, Syifa Hadju

Tanggal rilis : 16 Agustus 2017

 

7. The Underdogs

Sinopsis : Bobi, siswa taat yang sering melaporkan murid-murid nakal. Dio, kutu buku yang pemalu. Nanoy, perantau bangkotan yang berulang kali tinggal kelas. Ellie, perempuan yang darah seninya terlalu kental hingga dianggap aneh. Mereka adalah empat sahabat yang berbagi nasib sama sebagai orang-orang tersisihkan dan tidak dianggap di sebuah SMA. Terinspirasi dari sukses sebuah trio YouTubers yang juga dulunya cupu dan sering menjadi korban bully, kuartet ini bertekad mengubah nasib dengan cara menjadi terkenal melalui YouTube. Tapi ternyata perjuangannya tidak mudah, dan persahabatan mereka malah terpecah.

Sutradara : Adink Liwutang 

Penulis Naskah : Alitt Susanto, Bene Dion Rajagukguk

Pemain : Sheryl Sheinafia, Brandon Salim, Babe Cabiita, Jeff Smith, Ernest Prakasa

Tanggal rilis : 16 Agustus 2017

 

8. Turah

Sinopsis : Kerasnya persaingan hidup menyisakan orang-orang kalah di Kampung Tirang. Mereka diliputi pesimisme dan perasaan takut kepada Darso, juragan kaya yang memberi mereka ‘kehidupan’. Pakel, sarjana penjilat di lingkaran Darso, dengan pintar membuat warga kampung makin bermental kerdil. Situasi tersebut memudahkannya untuk terus mengeruk keuntungan. Setitik optimisme dan harapan untuk lepas dari kehidupan tanpa daya hadir pada Turah dan Jadag. Peristiwa-peristiwa yang terjadi mendorong Turah dan Jadag untuk melawan rasa takut yang sudah akut dan meloloskan diri dari narasi penuh kelicikan. Ini adalah usaha sekuat daya dari mereka, orang-orang di Kampung Tirang, agar mereka tidak lagi menjadi manusia kalah.

Sutradara : Wicaksono Wisnu Legowo 

Produser : Ifa Isfansyah

Pemain : Ubaidillah, Slamet Ambari, Yono Daryono, Rudi Iteng, Narti Diono

Tanggal rilis : 16 Agustus 2017

 

9. Nyai Ahmad Dahlan

Sinopsis : Sebuah film biopik mengenai kehidupan dan perjuangan dari Nyai Ahmad Dahlan atau Nyai Walidah yang merupakan seorang tokoh emansipasi perempuan dari Kauman, kampung santri di Yogyakarta. Pada zamannya, Nyai Ahmad Dahlan menjadi panutan bagi kaum perempuan. Istri dari pendiri organisasi Islam terbesar Muhammadiyah ini, KH Ahmad Dahlan, pernah menjadi perempuan yang memimpin Kongres Muhammadiyah pada tahun 1926.

Sutradara : Olla Atta Adonara 

Penulis Naskah : Dyah Kalsitorini

Pemain : Tika Bravani, David Chalik, Cok Simbara, Della Puspita, Egi Fedly

Tanggal rilis : 24 Agustus 2017

 

10. The Real Parakang: Warisan Berdarah

Sinopsis : Aksi Bagas yang memiliki ilmu hitam parakang, meresahkan warga. Rusman, mertuanya, yang tidak ingin melihat ada korban jiwa lagi terpaksa menghabisinya dengan cara menembak kepalanya. Denis dan Karina, anak Bagas, sedih mendengar kabar kematian ayah dan adiknya, Diva. Saat Denis hendak membawa pulang jenazah Diva, dokter mengatakan bahwa Diva masih hidup. Tubuh Diva telah mewarisi ilmu hitam parakang dan tubuhnya kini dikendalikan oleh kekuatan jahat.

Sutradara : Ibnu Agha 

Penulis Naskah : Team Creative Qia Film

Pemain : Al Alaika, Donny Kesuma, Helmalia Putri, Husni Ramdan, Rency Milano

Tanggal rilis : 24 Agustus 2017

 

11. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 2

Sinopsis : Bagian kedua ini meneruskan pertualangan Dono, Kasino dan Indro dalam mencari harta karun untuk membayar hutang, agar mereka tidak masuk ke dalam penjara. Negri Jiran, Malaysia menjadi destinasi perjalanan mereka. Tas berisi kode harta karun yang tertukar dengan tas milik wanita cantik asal Malaysia bernama Nadia pun akhirnya membawa mereka ke berbagai macam tempat yang tak pernah terpikirkan, sampai akhirnya mereka berada di sebuah pulau angker tak berpenghuni. Di pulau tersebut mereka terpaksa berpisah dan harus berhadapan dengan hantu-hantu menyeramkan namun menggelikan. Kejadian dan peristiwa lucu yang memecahkan tawa terus terjadi mengiringi aksi mereka.

Sutradara : Anggy Umbara 

Penulis Naskah : Anggy Umbara, Andi Awwe Wijaya, Bene Dion Rajagukguk

Pemain : Abimana Aryasatya, Vino G. Bastian, Tora Sudiro, Hannah Al Rashid, Fazura

Tanggal rilis : 31 Agustus 2017

 


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.