Feature


Rabu, 31 Mei 2017 - 16:36:32 WIB
'Wonder Woman' Merupakan Film DCEU Pertama Yang Raih Fresh Rotten Tomatoes
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 2622 kali

Wonder Woman akhirnya sudah bisa disaksikan umum mulai pekan ini dan hal tersebut merupakan hal yang penting untuk sejarah film. Tidak hanya menjadi film superhero perempuan pertama di era modern, namun juga memiliki beban untuk membuktikan jika DC Extended Universe pun mampu menghasilkan film dengan kualitas bagus, setidaknya di mata kritikus.

Namun kini para penggemar DC bisa bernafas lega, karena berdasarkan reaksi penonton maupun kritikus yang telah menyaksikan filmnya, maka Wonder Woman dapat menjawab tantangan tadi.

Tidak heran jika kini Wonder Woman tercatat sebagai film DCEU pertama yang mendapatkan sertifikasi Fresh di Rotten Tomatoes. Tidak hanya sekedar Fresh, namun amat sangat Fresh.

Sebelum film dirilis, kita sudah mendengarkan tanggapan positif akan filmnya melalui media sosial. Tapi opini dalam karakter yang terbatas tentu saja berbeda dengan ulasan panjang sebuah review. Saat Warner Bros. akhirnya mencabut embargo untuk review, maka "keputusan" pun keluar setelah banjir review yang muncul kemudian.

Sejauh ini, sampai tulisan ini dibuat, sudah ada 72 review yang masuk untuk dihitung dan Wonder Woman memiliki rating persetujuan Rotten Tomatoes sebesar 97% (sebelumnya 96% dari 50 review), yang menyisakan dua review negatif (yang masih belum bergeser jumlahnya dari perhitungan awal tadi).

Sebagian besar pujian yang ditujukan pada Wonder Woman adalah karena performa Gal Gadot sebagai sang superhero, selain kualitas pengarahan film oleh sang sutradara, Patty Jenkins.

Jelas ini membuat kesuksesan film dari segi kritikus merupakan catatan penting, karena film blockbuster ini disutradarai oleh seorang perempuan dan menempatkan perempuan pula sebagai karakter utama.

Di saat Hollywood masih bergulat dalam menemukan keseimbangan antara kesetaraan, baik peran ataupun pengarahan film, jelas ini merupakan kemenangan besar. Tidak mengherankan jika sukses Wonder Woman akan membuka jalan untuk banyak sutradara perempuan lain serta film dengan sentra pada karakter perempuan. Tentu saja jika film juga terbukti sukses di box office, tentu saja.

Tracking box office untuk beberapa film blockbuster agak tidak bisa dihandalkan akhir-akhir ini karena sering terjadi ketidaksesuaian antara prediksi dengan angka yang terjadi di lapangan. Begitu juga dengan Wonder Woman. Namun, jika antusiasme kritikus juga berimbas pada antusiasme penonton, maka kemungkinan besar Wonder Woman akan menuai sukses yang masif.

Sebagai perbandingan dengan film-film DECU lain, yang paling dekat dengan Wonder Woman adalah Man of Steel dengan 55% rating di Rotten Tomatoes. Baik Batman v Superman: Dawn of Justice dan Suicide Squad bahkan lebih buruk lagi, yaitu hanya sekitar 28% dan 25%.

Hanya saja, masih harus ditunggu apakah Wonder Woman akan sesukses pendahulunya, yang meski mendapat rating buruk namun tetap berjaya di box office. Man of Steel mendapatkan $668 juta, Batman v Superman: Dawn of Justice bahkan mendapatkan $873 juta dan Suicide Squad dengan $745 juta.Namun bisa dipastikan Wonder Woman akan dianggap sukses jika bisa setidaknya mendekati angka yang diperoleh Man of Steel.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.