Feature


Minggu, 02 Oktober 2016 - 16:57:21 WIB
Tuntutan Hukum Terhadap Pembuat Film Fan 'Star Trek' Tetap Berjalan
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 3203 kali

Tahun lalu, lebih dari $1 juta telah terkumpul melalui pogram Kickstarter dan Indigogo untuk mendanai Axanar, sebuah film fan untuk Star Trek. Tujuan dari pengumpulan dana ini adalah untuk membuat film pendek, juga panjang, oleh para fan dalam produksi yang matang dan rapi.

Sayangnya, Desember tahun lalu CBS dan Paramount merasa keberatan dengan proyek ini dan mengajukan tuntutan hukum untuk mencegah terus berlangsungnya produksi Axanar, dengan pelanggaran hak cipta sebagai dasar tuntutan. 

Banyak fans yang merasa jika tindakan ini berlebihan, karena ini bukan kali pertama sebuah film fan dikerjakan. Bahkan J.J. Abrams, yang sukses mengangkat kembali film ini melalui sebuah reboot dan Justin Lin, sutradara Star Trek Beyond (2016) memberi dukungan dan sempat menyebutkan jika tuntutan ini tidak akan berlanjut. Sayangnya, tidak demikian yang terjadi, karena ternyata tuntutan hukum ini tetap berjalan. 

Minggu ini, berkas tuntutan hukum oleh Paramount telah diajukan guna mengindahkan pernyataan dari pihak ketiga yang dianggap tidak relevan. Menurut TF, pihak Axanar telah mengajukan permintaan untuk mendapatkan komunikasi antara pihak studio bersama dengan Lin dan Abrams tentang kasus ini, sebagaimana yang dilaporkan oleh THR dan bisa dilihat di bawah ini:


 

Namun CBS dan Paramount menolak untuk menyerahkan berkas tersebut, dengan menyebutkan tidak ada relevansi dengan kasusnya. Kedua pihak ini menyebutkan jika kedua sutradara Star Trek versi reboot tidak diizinkan untuk berbicara mewakili studio:

 “J.J. Abrams is a producer/director of certain Star Trek Copyrighted Works and Justin Lin was the director of Star Trek Beyond. Neither Mr. Abrams nor Mr. Lin is an authorized representative of either of the Plaintiffs.” … “A third party’s statement about the merits of this lawsuit has absolutely no bearing on the amount of money Defendants’ obtained by their infringing conduct, nor does it bear on any other aspect of damages.”

Memang terasa agak berlebihan jika pihak studio menolak untuk membatalkan tuntutan hukum mereka, apalagi setelah Abrams memberikan pernyataan tentang kasus ini di sebuah acara fan event Star Trek Beyond yang dilakukan oleh Paramount di bulan Mei yang lalu. 

Abrams megatakan pada para pengunjung acara jika ia dan Lin telah berbicara dengan para pembesar Paramount dan mendesak mereka untuk menghentikan tuntutan tersebut. Lebih lanjut ia menyebutkan jika akan ada pengumuman dalam pekan-pekan mendatang jika tuntutan akan dibatalkan.

Hanya saja di bulan Juni dikonfirmasi jika Paramount masih berniat untuk melanjutkan. Dan dengan munculnya kabar terbaru ini, bisa dipastikan jika tuntutan hukum memang masih berlanjut, terlepas dari campur tangan Abrams dan Lin, yang jelas-jelas berperan penting dalam filmnya.

Kita tunggu saja perkembangannya. 

Untuk sementara, bisa saksikan salah satu film fan Star Trek berjudul Chasing The Infinite Sky di bawah ini:




Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.