Feature


Jumat, 23 September 2016 - 14:51:07 WIB
'Surat Dari Praha' Wakili Indonesia di Academy Awards 2017
Diposting oleh : Taufiqur Rizal (@TarizSolis) - Dibaca: 2202 kali

Sempat vakum mengirimkan perwakilan di ajang Academy Awards tahun ini untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik (Best Foreign Language Film), Indonesia dipastikan siap kembali ikut berkompetisi bersama puluhan negara lain di kategori yang sama dalam Academy Awards ke-89 yang malam puncaknya dihelat pada 26 Februari 2017. 

Kepastian tersebut diungkap oleh Ketua Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI), HM Firman Bintang, seraya mengumumkan judul film Indonesia yang diutus untuk mewakili Indonesia di Academy Awards atau Oscars tahun depan, yakni Surat Dari Praha arahan Angga Dwimas Sasongko (Filosofi Kopi, Cahaya Dari Timur: Beta Maluku). 

Dibintangi oleh Tio Pakusadewo, Julie Estelle, Widyawati dan Rio Dewanto, Surat Dari Praha yang di kuartal pertama tahun ini memenangkan penghargaan utama dalam Usmar Ismail Awards terinspirasi dari kisah kehidupan para pelajar di Praha yang tidak bisa pulang ke tanah air pasca tragedi 1965.

Sebelum akhirnya memilih Surat Dari Praha, terdapat empat film lain yang sempat dipertimbangkan yaitu 3 Srikandi, Aisyah Biarkan Kami Bersaudara, Rudy Habibie, serta A Copy of My Mind.

Sekadar informasi tambahan, film yang diperkenankan mengikuti kompetisi dalam kategori Best Foreign Language Film di Academy Awards ke-89 adalah film-film yang telah ditayangkan di bioskop komersil pada periode 1 Oktober 2015 sampai 30 September 2016. 

Penentuan film Indonesia yang akan dikompetisikan di Academy Awards sendiri dilakukan oleh tim seleksi berjumlah 13 orang yang aktif berkecimpung dalam dunia perfilman. Konfigurasi tahun ini meliputi Reza Rahadian, Benni Setiawan, Sheila Timothy, Manoj Punjabi, Musfar Yasin, Roy Lolang, Thoersi Ageswara, Arnold J Limansnax, sampai HM Firman Bintang. 

Keberadaan tim seleksi untuk memilih film Indonesia yang akan diboyong ke Academy Awards sebetulnya telah diinisiasi PPFI sejak 1987, hanya saja belum konsisten. Sedari ikut serta untuk pertama kalinya pada tahun 1987, Indonesia telah mengirimkan 17 judul dan tidak satupun berhasil meraih nominasi.

Judul-judul film Indonesia yang pernah dikirimkan ke Academy Awards antara lain Nagabonar, Tjoet Nja' Dhien, Langitku Rumahku, Bibir Mer, Daun di Atas Bantal, Sri, Ca-bau-kan, Biola Tak Berdawai, Gie, Berbagi Suami, Denias Senandung di Atas Awan, Jamila dan Sang Presiden, Alangkah Lucunya (Negeri Ini), Di Bawah Lindungan Ka'bah, Sang Penari, Sang Kiai, dan Soekarno.

"Semoga kita bisa lebih konsisten. Untuk itu kita membutuhkan film-film yang bisa bicara di dunia internasional baik secara tema maupun teknis. Tim seleksi juga diharapkan bisa dibuat permanen," ujar HM Fiman Bintang seperti dilansir Kompas. 

Deretan peraih nominasi Academy Awards ke-89 akan dibacakan pada 24 Januari 2017.  


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.