Feature


Minggu, 14 Agustus 2016 - 22:27:26 WIB
Aktor Pemeran R2-D2 Dalam 'Star Wars' Meninggal Dunia
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 3289 kali

Seluruh galaksi tengah berduka, karena salah satu aktor yang terlibat dalam franchise Star Wars, telah meninggal dunia.

Mungkin banyak yang tidak mengenal Kenny Baker. Namun tidak dengan karakter yang diperankannya dalam seri space opera ini, droid bernama R2-D2. Ia menutup mata pada usia 83 tahun pada Sabtu, 13 Agustus 2016 karena penyakit yang telah lama dideritanya. 

Keponakan Baker, Abigal Shield, adalah yang pertama menyampaikan berita ini, dan menginfirmasikannya pada The Guardian:

"It was expected, but it's sad nonetheless. He had a very long and fulfilled life."

Dengan tinggi 3 kaki 8 inci, atau sekitar 1.2 meter, Baker merupakan satu dari sedikit aktor yang muat untuk masuk dalam tubuh R2-D2. Ia diperlukan di dalamnya untuk memberi efek praktikal agar robotnya terasa lebih hidup di tahun 1977, dimana film pertama Star Wars dirilis. 

Namanya kemudian dicantumkan secara penuh sebagai salah satu pemain Star Wars: A New Hope dan kemudian melanjutkan perannya dalam dua film berikutnya, Empire Strikes Back (1980) dan Return of the Jedi (1983). Selain itu Baker juga mengisi kostum karakter lain dalam saga ini, yaitu Ewok bernama Paploo. 

Baker bahkan kembali memerankan R2-D2 di Star Wars: The Phantom Menace (1999) dan dua sekuelnya, Attack of the Clones (2002) dan Revenge of the Sith (2005). Untuk menghormati Baker, meski tidak memerankan R2-D2 dalam film paling mutakhir, Star Wars: The Force Awakens yang dirilis tahun lalu karena faktor kesehatan, namanya tetap tercantum sebagai pemain. 

Kenny Baker dilahirkan pada tanggal 24 Agustus 1934 di Birmingham, Inggris sebagai Kenneth George Baker. Ia memulai karir akting dengan mengisi peran salah satu kurcaci dalam film thriller, Circus of Horrors, meski namanya tidak dicantumkan dalam daftar pemain. 

Meski dikenal berkat peran R2-D2, Baker juga terlibat dalam berbagai produksi lain, seperti Amadeus, Labyrinth, Time Bandits, Willow dan The King and I.

Baker menikah dengan salah satu pemain Star Wars lain, Eileen Baker, yang juga mengisi kostum Ewok. Ia meninggal dunia di tahun 1993. Baker dan Anthony Daniels, yang memerankan C-3PO, merupakan dua aktor yang tampil di semua film Star Wars.

Selamat jalan Kenny Baker. Will be missed!

Klik di sini, jika video tidak bekerja.

 


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.