Feature


Rabu, 03 Agustus 2016 - 09:23:47 WIB
Inilah Film Indonesia Siap Tayang di Bulan Agustus 2016
Diposting oleh : Taufiqur Rizal (@TarizSolis) - Dibaca: 2956 kali

Sedikitnya 12 film Indonesia siap diluncurkan di bulan Agustus 2016. Dengan adanya perayaan ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 pada pertengahan bulan, maka wajar tatkala separuh dari rilisan baru mengobarkan semangat nasionalisme maupun perjuangan menggapai mimpi. Diantara riuhnya film-film dalam negeri yang siap menyapa penikmat film tanah air bulan ini, sorotan mengarah ke dua film tentang perempuan; yang satu soal kisah nyata tiga atlet perempuan cabang panahan Indonesia yang berjaya di Olimpiade 1988, sementara satunya merupakan film legendaris buatan Bapak Perfilman Nasional, Usmar Ismail, mengenai peliknya problematika asmara tiga bersaudari yang direstorasi sehingga dapat kembali disimak dalam kualitas gambar maupun suara lebih jernih. Pilihan lain di bulan Agustus meliputi drama percintaan remaja berdasar novel laris, gelaran laga yang diadaptasi dari film pendek, serta film debut bintang muda Prilly Latuconsina.   

Untuk lebih lengkapnya, inilah film-film Indonesia yang dirilis sepanjang Agustus 2016:

1. 3 Srikandi

Sinopsis : Diangkat dari kisah nyata tim panahan Indonesia yang meraih medali Olimpiade pertama bagi Indonesia di Olimpiade Seoul tahun 1988. Dunia olahraga tengah mempersiapkan diri untuk turut serta di Olimpiade Musim Panas ke- 24 di Seoul. Cabang panahan berada di titik kritis, dibutuhkan pelatih yang bisa menyiapkan tim panahan wanita dalam waktu yang singkat. Satu-satunya yang bisa diandalkan adalah Donald Pandiangan, yang harus melatih Nurfitriyana, Lilies, dan Kusuma. Pergesekan dan perseteruan satu sama lain, kerasnya medan berlatih dan waktu yang makin menipis, menempa mereka.

Sutradara : Iman Brotoseno

Penulis Naskah : Swastika Nohara, Iman Brotoseno

Pemain : Reza Rahadian, Bunga Citra Lestari, Tara Basro, Chelsea Islan, Donny Damara

Tanggal rilis : 4 Agustus 2016

 2. Bintang di Langit Belitong

Sinopsis : Dinda dan Bintang adalah kakak beradik yang mengalami petualangan berat di pulau Belitung ketika mereka berlibur setelah menghadiri pemakaman sang kakek. Seorang wanita dari masa lalu yang pernah bermasalah dengan Sofyan, ayah mereka, ternyata tidak bisa melupakan dendam pribadinya. Melalui anaknya, Leona, ia memiliki rencana untuk menyakiti Sofyan dengan menculik Bintang agar Sofyan merasakan bagaimana sakitnya kehilangan orang yang dicintai.

Sutradara : Sopian Efendi

Penulis Naskah : Rendra A

Pemain : Dea Annisa, Angel Karamoy, Dwi Yan, August Melasz, Leo Frengky

Tanggal rilis : 4 Agustus 2016

3. Laskar di Tapal Batas 

Sinopsis : Berdasarkan kisah nyata tentang laskar rakyat yang mempertahankan kemerdekaan RI dari Agresi Militer Belanda II. Saat Belanda kembali menjajah Indonesia, banyak rakyat Bogor yang sukarela menjadi pejuang. Tidjan dan teman-temannya bergabung dengan Laskar Rakyat yang dipimpin oleh Djulu, walaupun orangtua dan kekasihnya tidak merestui. Mereka beraksi dengan sangat cepat dan andal hingga Belanda menjuluki mereka sebagai Laskar Setan.

Sutradara : Bayu Prayogo 

Penulis Naskah : Bayu Prayogo, Budy Juwono, Dimas W

Pemain : Tere Gunawan, Sonia Selvans, Pong Harjatmo, Gorz Kurniawan, Yati Surahman

Tanggal rilis :  11 Agustus 2016

4. Tiga Dara

Sinopsis : Bercerita mengenai upaya seorang nenek mencarikan jodoh bagi salah satu cucu perempuannya, atau sebut saja si sulung, demi memenuhi amanat putrinya yang telah berpulang. Konflik kemudian muncul saat kedua saudara perempuan si sulung ternyata juga menaruh hati pada calon suami kakak mereka. 

Sutradara : Usmar Ismail

Penulis Naskah : Usmar Ismail, M. Alwi Dahlan

Pemain : Chitra Dewi, Mieke Wijaya, Indriati Iskak, Fifi Young, Bambang Irawan

Tanggal rilis : 11 Agustus 2016

Catatan : Versi restorasi 4K dari film klasik Tiga Dara (1956).

5. Winter in Tokyo

Sinopsis : Keiko, gadis kutu buku petugas perpustakaan yang tinggal di apartemen di pinggiran kota Tokyo, kedatangan tetangga baru, Kazuto, yang kembali ke Jepang setelah lama tinggal di Amerika. Kehadiran Kazuto membuat hidup Keiko jadi lebih berwarna. Kebersamaan mereka di sepanjang musim dingin menimbulkan benih cinta di hati Kazuto. Namun, Keiko malah memilih Akira, cinta pertamanya. Hingga terjadi satu kejadian yang membuat Kazuto hilang ingatan. Pada saat itulah Keiko baru menyadari perasaannya pada Kazuto.

Sutradara : Fajar Bustomi   

Penulis Naskah : Titien Wattimena

Pemain : Pamela Bowie, Dion Wiyoko, Morgan Oey, Kimberly Ryder, Brandon Salim

Tanggal rilis : 11 Agustus 2016

6. 3 Pilihan Hidup

Sinopsis : Kisah komedian bernama Kabul Basuki, atau lebih dikenal dengan panggilan Tessy, dalam menghadapi lika-liku kehidupan. Suatu saat sebuah kasus mengubah dirinya. Kasus itu adalah penyalahgunaan obat-obatan terlarang. Tessy menghadapi pilihan hidup: rehalibitasi, penjara, atau mati.

Sutradara : Irawan Tanu

Penulis Naskah : Devina Sofiyanti

Pemain : Kabul Basuki, Hengky Tornando, Princess Cinta Penelope, Marshanda, Julia Perez

Tanggal rilis : 18 Agustus 2016

 7. Mimpi Anak Pulau

Sinopsis : Berdasarkan kisah nyata dari Gani Lasa, Deputi BP Batam. Dia adalah anak pesisir Nongsa yang hidup miskin. Ibunya pedagang kue. Lulus SD dia harus mendayung sampan ke Tanjung Pinang dari jam 17.00 hingga pukul 06.00 untuk melanjutkan sekolah di PGA (Pendidikan Guru Agama). Ketika itulah pertama kali dia mengenakan sepatu. Kemudian dia merantau ke Yogyakarta untuk menjadi sarjana. Sekembalinya ke kampung halaman, dia mewujudkan mimpinya dengan menghidupkan nelayan, membangun  kotanya, dan menjadi seorang pemimpin.

Sutradara : Kiki Nuriswan

Penulis Naskah : Boni Faisal, Ichsan Zulkarnain

Pemain : Ray Sahetapy, Ananda Faturrahman, Daffa Permana, Herdin Hidayat, Dato Tamimi

Tanggal rilis : 18 Agustus 2016

8. Pantja-Sila: Cita-cita & Realita

Sinopsis : Menghidupkan kembali Pidato Sukarno tanggal 1 Juni 1945 pada sidang BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia). Peristiwa yang kemudian dikenal sebagai hari kelahiran Pancasila, Dasar Negara Republik Indonesia. 

Sutradara : Tino Saroengallo

Penulis Naskah : Tio Pakusadewo

Pemain : Tio Pakusadewo, Jantra Suryaman, Teuku Rifnu Wikana, Verdi Solaiman, Wicaksono Winu Legowo

Tanggal rilis : 17 Agustus 2016

9. Triangle: The Dark Side

Sinopsis : Deddy, pembunuh bayaran, yang tergabung dalam sebuah organisasi rahasia, mengalami trauma mendalam saat istri yang dicintainya terbunuh. Dia memutuskan untuk berhenti, namun masih ada sebuah kontrak terakhir yang harus diselesaikannya sebelum dapat keluar dari dunia hitam. Target akhirnya adalah Volland, mafia kejam yang memiliki seorang adik perempuan, Chika. Dalam proses penyamaran ini Deddy mulai dekat dan jatuh cinta pada Chika. Dengan masa lalu yang kelam, keinginan untuk berhenti dan tugas akhirnya, dia menghadapi pilihan sulit: membunuh sasarannya dan kehilangan cinta barunya atau memutuskan untuk berhenti satu pihak dengan resiko dirinya dan kekasihnya akan dihabisi oleh organisasinya.

Sutradara : Deddy Corbuzier, Ian Nguyen Lampa, Volland Humonggio

Penulis Naskah : Haqi Achmad, Deddy Corbuzier

Pemain : Deddy Corbuzier, Chika Jessica, Volland Humonggio, Sandra Dewi, Chris John

Tanggal rilis : 18 Agustus 2016

10. Simfoni Satu Tanda

Sinopsis : Darsono, anak petani miskin, melawan banyak kesulitan dan tantangan demi menggapai impiannya. Walau begitu hal ini tidak pernah memupuskan harapan Darsono tentang masa depan dan mimpi-mimpi yang telah dia bangun bersama Jamhari, sahabatnya sejak kecil, yang selalu memberikan dukungan untuknya. Perjalanan persahabatannya dengan Jamhari dan perjuangannya menanggulangi kemisikinan serta konflik sosial di masyarakat dibalut dengan kisah asmara sehingga menjadi kesatuan tanda dalam simfoni kehidupannya.

Sutradara : Alex Latief

Penulis Naskah : Amanda Latief, Enes Suryadi

Pemain : Baim Wong, Amanda Latief, Agus Kuncoro, Vicky Nitinegoro, Torro Margens

Tanggal rilis : 25 Agustus 2016

11. Surat Untukmu

Sinopsis : Gendis tinggal di Dieng, Wonosobo, bersama ayahnya, Danu. Enam bulan selepas kelahirannya, Murniasih, ibunya, memilih meninggalkan rumah untuk mengadu nasib. Hanya lewat surat-surat Gendis dapat merasakan sosok ibunya. Surat-surat itu menunjukkan lokasi berbeda-beda. Gendis mulai membalas surat ibunya sejak kelas 3 SD. Dua tahun terakhir surat-surat Gendis tak berbalas, tetapi Gendis tetap mengirim surat ke alamat yang sama di Jakarta. Ketidakmunculan surat ibunya itu mencuri ketenangan Gendis dan Jakarta menjadi obsesinya. Dia mencari berbagai cara untuk dapat ke Jakarta. Setelah dia mengetahui bahwa ada yang ditutupi oleh Danu, Gendis malah semakin berapi untuk pergi ke Jakarta dan mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Sutradara : Harris Nizam

Penulis Naskah : Bunga R Nizam

Pemain : Prilly Latuconsina, Arbani Yasiz, Ilham Smash, Fandy Christian, Tio Pakusadewo

Tanggal rilis : 25 Agustus 2016

12. Uang Panai = Maha(r)l

Sinopsis : Anca, pemuda Bugis-Makassar, baru saja kembali dari perantauan. Tanpa sengaja dia dipertemukan kembali dengan mantan kekasihnya Risna. Benih-benih cinta akhirnya muncul kembali. Tidak ingin kehilangan Risna untuk kedua kalinya, Anca berniat mempersunting Risna. Namun niat Anca terbendung oleh syarat pernikahan secara adat: Uang Panai dalam jumlah yang cukup fantastis. Perjuangan Anca pun dimulai. Dia dibantu kedua sahabatnya Tumming dan Abu, yang sering memberi ide kocak dan absurd.

Sutradara : Asril Sani, Halim Gani Safia

Penulis Naskah : Amril Nuryan, Halim Gani Safia

Pemain : Ikram Nur, Nur Fadillah, Tumming, Abu, Cahya Ary Nagara

Tanggal rilis : 25 Agustus 2016

Jadi, diantara dua belas film yang siap rilis pada bulan Agustus ini, film apa yang paling ingin kamu saksikan di bioskop? Beritahu kami dengan mengisi polling di bawah ini ya.

 

 


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.