Feature


Kamis, 14 Januari 2016 - 22:26:15 WIB
Alan Rickman, Sang Professor Snape, Meninggal Dunia
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 2994 kali

Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan Inggris. Setelah musisi kenamaan David Bowie beberapa waktu lalu, kini menyusul salah satu aktor watak yang kebanyakan dari kita mengenal dirinya sebagai Professor Severus Snape dalam seri Harry Potter, Alan Rickman.

Entah kebetulan atau tidak, Rickman, sebagaimana Bowie, menutup mata untuk selama-lamanya di usia 69 tahun dan juga karena disebabkan oleh penyakit Kanker.

Lahir di kota London, tahun 1946, Rickman mulai dikenal berkat penampilannya di atas panggung teater dan juga televisi. Kemudian ia mulai mencuri perhatian yang lebih luas saat mendapatkan nominasi Tony Awards berkat perannya sebagai Vicomte de Valmont di pertunjukkan Les Liasons Dangereuses di tahun 1986.

Beberapa tahun setelahnya ia menjadi sensasi internasional berkat film pertamanya, Die Hard (1988), dimana ia memerankan salah satu karakter villain yang ikonik, Hans Gruber. 

Setelahnya Rickman pun mulai sering terlibat dalam produksi film, dan memamerkan eklektikitas aktingnya dalam berbagai genre yang berbeda, baik dalam karakter protagonis atau antagonis.

Salah satu karakter antagonis populer Rickman adalah Sherrif of Nottingham dalam Robin Hood: Prince of Thieves (1991). Lantas ia juga tampil menawan sebagai Colonel Brandon yang charming dalam Sense of Sensibility (1995) karya Ang Lee. 

Tapi tentunya peran yang membuat namanya dikenal berbagai kalangan, baik anak-anak, remaja, hingga dewasa adalah sebagai Professor Snape dalam 8 film Harry Potter, yang dimainkan Rickman lebih dari satu dekade lamanya. 

Rickman juga melebarkan sayap bakatnya dengan menjajal posisi sutradara. Sampai saat ini ia sudah mengarahkan dua film, The Winter Guest (1997) dan terakhir adalah A Little Chaos (2015). Dalam dua film ini masing-masing ia mengajak rekan mainnya dalam Sense of Sensibility sebagai pemain, Emma Thompson dan Kate Winslet. 

The Guardian telah mengkonfirmasi kabar meninggalnya Riickman dari pihak keluarganya. Ia telah meninggalkan satu orang istri, Rima Horton, yang dinikahinya di tahun 2012, setelah untuk pertama kali bertemu 50 tahun sebelumnya. 

Rickman juga masih sempat menyelesaikan dua film, yang akan segera dirilis, Eye in the Sky dan Alice Through the Looking Glass.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.