Feature


Selasa, 10 November 2015 - 20:42:18 WIB
Festival Film Indonesia 2015 Gelar Roadshow di 5 Kota
Diposting oleh : Taufiqur Rizal (@TarizSolis) - Dibaca: 1225 kali

Guna memeriahkan penyelenggaraan Festival Film Indonesia 2015 (FFI 2015) yang malam puncaknya akan dihelat pada 23 November mendatang di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, panitia pelaksana pun menggeber sejumlah acara pendukung dengan salah satunya berbentuk roadshow.

Melalui Roadshow Festival Film Indonesia 2015 yang bakal berlangsung pada 14 November 2015 mulai pukul 13.00 hingga 22.00 di lima kota, yakni Banten, Batam, Padang, Yogyakarta, dan Makassar, khalayak ramai berkesempatan untuk mengenal lebih jauh dunia perfilman tanah air.

Setidaknya terdapat empat talk show dengan tema berbeda-beda yang mengisi roadshow satu hari penuh ini. Tema pertama adalah "Apa itu Festival Film?" yang akan menilik mengenai ekosistem dalam festival film.

Pembicara pada tema ini terdiri dari Joko Anwar (sutradara), Sammaria Simanjuntak (sutradara), Jason Iskandar (sutradara), Yusuf Radjamuda (sutradara), Lulu Ratna (penggiat komunitas film), Nauval Yazid (direktur festival film), Varadila (programer festival film), serta Arnaud Miquel (penggiat festival film).

Lalu, tema kedua "Distribusi & Teknologi)" dengan pembicara Ricas Cwu, Dimas Jayasrana, dan Ronny P. Tjandra mengapungkan isu perihal distribusi film di Indonesia yang kembali menghangat beberapa tahun belakangan terlebih dengan semakin berkembangnya teknologi yang memungkinkan lahirnya platform film berwujud digital, seperti Kineria, Buttonijo, Layaria, dan Genflix.

Tema ketiga, "Apresiasi Film", akan dipandu oleh Windu Jusuf dan Perdana Kartawiyudha mengupas mengenai stagnansi pada tema maupun cerita film Indonesia. Diskusi ini mencoba menemukan jawaban dari pertanyaan, "sebenarnya, seperti apa pencapaian yang diharapkan dan apa kemungkinan dalam bercerita yang bisa menjadi kesegaran baru?."

Dan, tema terakhir adalah "Komunitas Film" yang berbicara tentang dinamika komunitas film sejak tahun 1998 serta kontribusinya terhadap kegiatan perfilman di Indonesia. Pada tema ini pembicara yang hadir adalah Bowo Leksono dan Arief Akhmad Yani, keduanya merupakan penggiat komunitas film.

Menjadi sajian penutup pada Roadshow FFI 2015 adalah pemutaran tiga film pendek; Seserahan (Jason Iskandar), Iblis Jalanan (Salman Farizi), dan Lemantun (Wregas Bhanuteja), yang disusul oleh penayangan film panjang garapan Teguh Karya, Doea Tanda Mata.

Informasi lebih lanjut mengenai Roadshow FFI 2015 dapat dilihat langsung di situs resmi FFI 2015

FFI


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.