Feature


Rabu, 28 Oktober 2015 - 12:00:58 WIB
Film Tentang Koes Bersaudara Segera Digarap
Diposting oleh : Taufiqur Rizal (@TarizSolis) - Dibaca: 2741 kali

Rumah produksi Picklock Production yang memberi kita tontonan sekelas Guru Bangsa Tjokroaminoto dan Minggu Pagi di Victoria Park, kini tengah mempersiapkan pembuatan sebuah film biopik dari grup musik legendaris Koes Bersaudara.

Gagasan untuk mengangkat kisah perjalanan karir grup musik yang menjadi cikal bakal lahirnya Koes Plus ini sejatinya telah mengemuka sejak dua puluh tahun silam, seperti diungkap oleh Sari Koeswoyo, namun baru setahun terakhir ini terhitung semenjak dibentuknya Yayasan Koes Bersaudara rencana tersebut memperoleh perhatian serius.

Menurut rencana, film bergenre drama ini akan mengambil fokus pada perjalanan karir Tonny, Yon, Yok, dan Nomo sebagai Koes Bersaudara. “Rentang waktunya kemungkinan akan bermuara pada berakhirnya Koes Bersaudara yang bertransformasi menjadi Koes Plus di tahun 1969,” beber Damon Koeswoyo.

Masuk akal, mengingat bagi sang produser, Dewi Umaya, pada kurun periode ini banyak kisah menarik yang bisa digali dari Koes Bersaudara khususnya terkait hubungan tidak mesra antara mereka dengan pemerintah kala itu. 

KB

Koes Bersaudara sempat mendekam di bui pada masa Orde Lama lantaran kelewat sering membawakan lagu-lagu milik The Beatles yang kala itu dianggap berbahaya untuk dikonsumsi oleh generasi muda sehingga mereka pun dilabeli pro barat.

Itulah mengapa nantinya Koes Bersaudara yang disutradarai oleh Arief Asril lebih condong untuk mengambil jalur drama alih-alih musikal. "Koes Bersaudara adalah sebuah film drama yang mencoba mengatakan bahwa ada sekelompok anak yang berjuang dalam bermusik walaupun musiknya itu dianggap remeh karena orang masih memandang musik sesuatu yang rendah dan berbahaya,” papar Dewi.

Lalu, bagaimana dengan jajaran pemain yang akan memerankan Yon Koeswoyo dan rekan-rekan? Saat ini, proses casting tengah digelar. “Sebenarnya sudah ada beberapa nama calon pemain, tapi kita masih menjalankan open casting. Yang terpenting, kita harus memilih pemain yang bisa akting sekaligus memainkan alat musik,” ujar Sari.

Proses pengambilan gambar Koes Bersaudara direncanakan dimulai pada Januari mendatang dengan target rilis 29 September 2016 bertepatan dengan 'hari jadi' dibebaskannya personil grup musik pelantun tembang Bis Sekolah dari penjara yang ke-51. 


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.