Feature


Selasa, 01 September 2015 - 20:30:20 WIB
5 Film Wes Craven Yang Wajib Tonton
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 3191 kali

Dengan wafatnya Wes Craven (1939-2015), maka kita kehilangan salah satu maestro di dunia perfilman, terutama di genre horor/thriller. Sepanjang hidupnya ia sudah mengarahkan sebanyak 28 judul film, panjang maupun pendek, untuk konsumsi bioskop maupun televisi. Film pertamanya adalah The Last House on the Left (1972) dan yang terakhir adalah Scream 4 (2011).

Dari daftar panjang tersebut Craven sudah memberikan banyak film yang kini sudah dianggap klasik. Namun, ada 5 film miliknya yang masuk dalam daftar wajib tonton, apalagi jika baru mulai untuk menelisik filmografinya. Dan inilah mereka:

1. The Last House on the Left (1972)

Wes Craven dulunya merupakan seorang guru Bahasa Inggris sebelum terjun di dunia film. Ia juga memiliki latar belakang psikologi sebagai salah satu bidang keilmuan yang dipillihnya dan dikenal sebagai sosok yang hangat dan ramah. Namun dalam film pertamanya ini ia sudah mengambarkan teror dan kengerian dengan darah dan kekerasan yang kental. Terinspirasi dari film Ingmar Bergman, The Virgin Spring, film berkisah tentang sebuah keluarga yang mulanya damai. Hanya saja saat putri kesayangan mereka diperkosa, sang ayah dan ibu kemudian memperlihatkan sisi gelap mereka dengan merencanakan balas dendam penuh darah. Film ini tidak hanya menjual kengerian, namun juga kritik sosial yang tegas.

2.The Hills Have Eyes (1977)

Bersama dengan Texas Chainsaw Massacre karya Tobe Hooper dan Deliverance arahan John Boorman, film ini dianggap sebagai salah satu kisah horor monumental tentang keluarga yang tampaknya biasa-biasa saja, namun harus bertindak drastis dalam menghadapi serangan maniak yang mengincar nyawa mereka. Sampai saat ini The Hills Have Eyes masih menjadi sumber inspirasi untuk film horor. Yang mungkin paling terkenal adalah Wrong Turn (2003).

3. A Nightmare on Elm Street (1984)

Tahun 80-an merupakan era emas untuk subgenre slasher. Dan Craven menyumbangkan salah satu film paling terkenal di dekade dan subgenre tersebut, A Nightmare on Elm Street. Sebagaimana umumnya slasher, film juga memiliki karakter antagonis yang ikonik. Ia adalah Freddy Krueger (Robert Englund) dengan kuku pisaunya. Begitu populernya film ini hingga menghasilkan barisan sekuel dan juga remake. Yang menarik adalah bagaimana mimpi buruk menjadi teror yang begitu nyata sehingga meminta nyawa para remaja yang ada di filmnya. Simak juga penampilan Johhny Depp remaja di film ini.

4. Wes Craven's New Nightmare (1994)

Sebelum istilah meta-film populer, Craven sudah menggunakannya dalam Wes Craven's New Nightmare yang menampilkan pemeran utama A Nightmare on Elm Street, Heather Langenkamp, sebagai dirinya sendiri dan harus menghadapi Freddy Krueger yang ternyata nyata adanya. Krueger mencoba untuk memasuki dunia nyata dan tentunya menyebar teror. Surealis sekaligus inventif, Wes Craven's New Nightmare tentunya tidak melupakan unsur horor yang kuat. Craven pun turut bermain dengan juga menjadi dirinya sendiri.

5. Scream

Mungkin inilah film yang membuat nama Craven menjadi sangat populer. Dalam film yang naskahnya dikerjakan oleh Kevin Williamson ini (Dawson's Creek, I Know What You Did Last Summer), Craven mencoba mengolok-olok tentang trend slasher yang bersinar di era 80-an. Fakta jika karakternya membicarakan film horor sebagaimana kita, membuat kengerian yang ditampilkan dalam filmnya terasa nyata. Meski demikian film juga memasukkan unsur komedi yang bernas, termasuk dengan menyebutkan nama Craven dan film-filmnya dalam beberapa dialog. Kesuksesan Scream berbuntut tiga sekuel dan sebuah serial sempalan milik MTV yang saat ini masih ditayangkan dan akan berlanjut ke musim kedua.

Rekomendasi Lain

  • Swamp Thing (1982)
  • The Serpent and the Rainbow (1988)
  • The People Under the Stairs (1991)
  • Scream 2 (1997)
  • Music of the Heart (1999)
  • Red Eye (2005)
  • Paris, je t'aime: segmen Père-Lachaise (2006)

Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.