Feature


Jumat, 12 Juni 2015 - 17:00:53 WIB
Aktor Legendaris Christopher Lee Wafat Di Usia 93 Tahun
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 3253 kali

Dunia perfilman kehilangan salah satu sosok legendarisnya. Aktor senior yang sudah berkarir selama hampir 7 dekade menutup mata di usia 93 tahun pada tanggal 7 Juni 2015 di rumah sakit Chelsea and Westminster Hospital, London, setelah dirawat karena masalah pernafasan dan gagal jantung.

Sang istri, mantan model asal Denmark, Birgit Kroencke, memutuskan untuk menunda kabar kepulangan Lee selama empat hari karena ingin memberitakan terlebih dahulu kepada sanak saudara dan teman mereka. Pasangan ini telah menikah selama 50 tahun dan memiliki seorang puteri yang bernama Christina.

Lee merupakan sosok yang cukup aktif dalam karirnya. Bahkan di usia senja ia masih membintangi beberapa film, seperti trilogi The Hobbit, dimana ia meneruskan karakter penyihir Saruman yang dulu diperankannya dalam trlilogi Lord of the Ring.

Generasi sekarang mungkin mengenal Lee karena perannya sebagai Saruman atau Count Dooku di Star Wars Episode II: Attack of the Clones dan Star Wars Episode III: Revenge of the Sith. Namun ia juga dikenal karena kerap bermain di banyak film horor, terutama di film-film keluaran Hammer, dan pastinya karena karakter ikonik Dracula yang melekat di namanya.

Lee sebagai Dracula

Lee juga sempat menjadi musuh James Bond, Scaramanga, di film The Man With The Golden Gun

Berita meninggalnya Lee membuat banyak rekan sesama seniman film merasa kehilangan. Bahkan sutradara kenamaan Tim Burton, dimana Lee tampil di beberapa filmnya, menyebutkan sang aktor sebagai "true lgend."

Christopher has been an enormous inspiration to me my entire life. I had the honour and pleasure to work with him on five films (Sleepy Hollow, Charlie And The Chocolate Factory, Corpse Bride, Alice In Wonderland and Dark Shadows),” ungkap Burton. He was the last of his kind - a true legend - who I’m fortunate to have called a friend. He will continue to inspire me and I’m sure countless others for generations to come.”

Lahir di Belgravia, London, di tanggal 27 Mei 1922, dengan ayah seorang anggota militer dan ibu seorang aristokrat, karir Lee dimulai di tahun 1947 dengan sebuah peran di film romansa gothik berjudul Corridors of Mirros. meski begitu ketenaran baru diraihnya di akhir dekade 50-an saat ia mulai bergabung dengan Hammer dan membintangi banyak film horor mereka.

Setelah merasa stagnan di skena horor dan mulai merakan peran-peran yang ditawarkan kepadanya cenderung typecast, ia pun mulai membintangi film dengan banyak genre, hingga akhir riwataynya.

Untuk lebih jauh tentang kehidupan dan filmografinya bisa dibaca di laman wikipedia Christopher Lee.

Adieu, master. Will be missed! 


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.