Feature


Selasa, 05 Mei 2015 - 20:50:33 WIB
Film-Film Highlight Europe On Screen 2015
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 3526 kali

Europe on Screen, festival film tahunan yang memutar film-film pilihan asal Eropa saat ini masih berlangsung, yang dimulai semenjak tanggal 1 Mei kemarin, Namun bagi yang belum sempat menghadiri dan menyaksikan film-film pilihan tersebut, tidak usah takut, karena acara masih berlangsung di beberapa kota besar di Indonesia. Tepatnya hingga tanggal 10 Mei nanti.

Masih bingung ingin menyaksikan film apa saja? Flick Magazine punya rekomendasi film-film apa saja yang harus disaksikan di Europe on Screen tahun ini. Apa saja? Inilah mereka:


1. The Hundred-Year-Old Man Who Climbed Out the Window and Disappeared

Hundraåringen som klev ut genom fönstret och försvann
Sweden / 2013 / 114 min. / 12+
directors : Felix Herngren
cast : Robert Gustafsson, Iwar Wiklander, David Wiberg
Ahli dinamit Allan Karlsson memutuskan untuk loncat dari jendela tepat di hari ulang tahunnya yang ke-100. Bagi Allan tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai petualangan baru. Namun petualangannya kali ini bukanlah hal yang baru, karena Allan pernah terlibat dalam beberapa kejadian penting di sejarah dunia yang tak pernah terlupakan.
Trailer:

2. Winter Sleep

Kis Uykusu
Turkey / 2014 / 196 min. / 12+
directors : Nuri Bilge Ceylan
cast : Haluk Bilginer, Melisa Sözen, Demet Akbag
Aydin, mantan aktor, mengelola hotel kecil miliknya di Anatolia tengah bersama Nihal, istrinya yang muda dan memiliki hubungan yang kurang harmonis dengannya, dan Necla, adiknya yang baru saja bercerai. Ketika salju mulai turun, hotel itu bukan saja menjadi tempat mereka berlindung di musim dingin, tapi juga sebuah perangkap yang menyulut permusuhan di antara mereka.
Trailer:

3. Ida

Poland / 2013 / 82 min. / 17+
directors : Pawel Pawlikowski
cast : Agata Kulesza, Agata Trzebuchowska, Dawid Ogrodnik
Polandia, 1962. Anna, gadis yatim piatu yang dibesarkan di biara, akan diambil sumpahnya untuk menjadi seorang biarawati. Ia bertemu Wanda, kerabat satu-satunya yang masih hidup, dan baru mengetahui bahwa ia seorang Yahudi. Mereka memulai perjalanan yang membawa mereka kepada kisah tragis dan penemuan jati diri mereka. Mereka pun mulai mempertanyakan hal yang dulu mereka yakini.
Trailer:

4. I'm so Excited

Los amantes pasajeros
Spain / 2013 / 90 min. / 17+
directors : Pedro Almodovar
cast : Javier Cámara, Pepa Charro, Cecilia Roth
Dalam film komedi ini, kita akan terbang dalam pesawat menuju Mexico bersama pilot biseksual, pramugara yang terlalu ceria, dan penumpang-penumpang aneh. Nasib mereka di ujung tanduk ketika mendadak mesin pendaratan pesawat mengalami kerusakan. Para pilot berjuang keras menyelamatkan diri, dibantu oleh rekan-rekan mereka di Pusat Kendali. Namun usaha itu tidak semudah yang dibayangkan.
Trailer:

5. Citizenfour

Germany / 2014 / 114 min. / 12+
directors : Laura Poitras
cast : Edward Snowden, Glenn Greenwald, William Binney, Jacob Appelbaum, Ewen MacAskill
Sutradara Laura Poitras menerima beberapa e-mail misterius dari “CITIZENFOUR”, yang mengaku memiliki bukti tentang program pengawasan ilegal oleh agen keamanan nasional Amerika Serikat (NSA) dengan agen intelejensi dunia lainnya. Lima bulan kemudian, bertemu dengan pengirim email ini di Hong Kong, yang bernama Edward Snowden, mantan analis di NSA, yang ingin membongkar kebobrokan program pengawasan ilegal NSA.
Trailer:

6. Ai Wei Wei: The Fake Case

Denmark / 2013 / 86 min. / 12+
directors : Andreas Johnsen
cast : Weiwei Ai, Andreas Johnsen, Lao Ai
Setelah ditahan selama 81 hari, seniman terkenal Cina Ai Weiwei dikenakan status tahanan rumah. Kamera memantau rumahnya, agen polisi mengikutinya. Ia menghadapi gugatan berat yang dikenal sebagai ‘Kasus Palsu’. Dalam  memperjuangkan HAM, Ai Weiwei selalu menemukan cara-cara untuk menantang pihak penguasa. Ia percaya bahwa China siap berubah. Dan dia akan melakukan segalanya untuk mewujudkannya.
Trailer:

7. Trespassing Bergman

Sweden / 2013 / 107 min. / 12+

directors : Jane Magnusson
cast : Tomas Alfredson, Woody Allen, Wes Anderson, Ang Lee
Film yang ringan dan menghibur ini merekam beberapa sutradara ternama seperti Michael Haneke, Claire Denis, Martin Scorsese, saat mereka mengunjungi rumah mendiang Ingmar Bergman di pulau Faro yang terpencil di Swedia dan berdiskusi tentang pengaruh film-film sutradara itu. Film ini juga memuat wawancara dengan Woody Allen dan Ang Lee, yang mengemukakan hal-hal menarik tentang Bergman.
Trailer:

8. The Keeper Of Our Last Case

Kvinden i buret
Denmark / 2013 / 97 min. / 17+
directors : Mikkel Nørgaard
cast : Nikolaj Lie Kaas, Per Scheel Krüger, Troels Lyby
Inspektur Carl Mørck ‘dihukum’ dan ditugaskan pada bagian kasus-kasus tua yang tidak terpecahkan, ditemani oleh satu-satunya asisten, Assad. Mereka menangani kasus yang sudah berjalan selama lima tahun, menghilangnya politisi Merete Lynggaard secara misterius. Penyelidikan ini membawa mereka ke dalam dunia kriminalitas yang mengintai dari balik daratan Skandinavia yang terlihat indah dari luarnya.
Trailer:

9.  Belle & Sebastian

Belle et Sébastien
France / 2013 / 104 min. / G
directors : Nicolas Vanier
cast : Félix Bossuet, Tchéky Karyo, Margaux Châtelier
Berlatar PD II di pegunungan Alpen Prancis, film ini bercerita tentang Sebastian, anak yatim piatu berusia 6 tahun yang kesepian. Ia banyak menghabiskan waktunya di alam bebas dan berteman dengan seekor anjing liar, Belle. Penduduk desa mengira Belle sebagai pembunuh domba ternak mereka dan memutuskan untuk membunuh anjing itu. Sebastian tetap merawat Belle secara diam-diam.
Trailer:

10. Night Train to Lisbon

Portugal / 2013 / 111 min. / 17+
directors : Billie August
cast : Jeremy Irons, Mélanie Laurent, Jack Huston
Raimund Gregorious (Jeremy Irons), seorang profesor dari Swiss, mengabaikan tugas dan hidupnya yang teratur setelah berjumpa dengan seorang perempuan Portugis. Ia pergi ke Lisbon, terpikat oleh perempuan itu dan sebuah novel yang ia temukan di dalam jaketnya. Raimund pun mulai mencari sang perempuan dan pengarang novel, yang ternyata terlibat gerakan melawan diktator Antonio de Oliveira Salazar.
Trailer:

Kunjungi europeonscreen.org/ untuk mengerahui jadwal pemutaran film-film di atas atau untuk mengetahui film lain apa lagi yang bisa disaksikan. Atau follow akun Twitter @europeonscreen untuk informasi lebih lanjut.

Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.