Feature


Sabtu, 07 Februari 2015 - 22:16:15 WIB
Film Yang Diproduseri Edward Gunawan Tayang Perdana di Berlin International Film Festival
Diposting oleh : Taufiqur Rizal (@TarizSolis) - Dibaca: 2103 kali

Film How To Win At Checkers (Every Time) yang diproduseri Edward Gunawan (Payung Merah, Arisan! 2, Street Society) akan tayang perdana di festival film bergengsi Berlin International Film Festival pada seksi Panorama. Menggunakan bahasa Thai, film ini merupakan produksi bersama sineas muda dari Thailand, Amerika dan Indonesia. Penyutradaraan dan penulisan naskah ditangani oleh Josh Kim seorang Amerika keturunan Korea.

Edward Gunawan pernah mengikuti kegiatan Berlinale Talents, sebuah ajang fellowship untuk sineas muda, dua tahun lalu. Merupakan kebanggaan besar bagi Edward yang menjadi produser utama dari film ini berhasil menayangkan film panjang produksinya di festival film yang juga dikenal dengan nama Berlinale ini. Pernah menjadi salah satu peserta Berlinale Talents tidak menjadi garansi film produksinya pasti masuk Berlinale.

“Dua tahun yang lalu, saya pindah ke Thailand untuk memimpin produksi film yang lumayan rumit ini. Bisa dibilang nekat juga. Banyak yang harus saya pelajari, seperti bagaimana sistem produksi mereka dan tentunya belajar bahasa Thai. Ditambah lagi bagaimana bekerjasama dalam sebuah produksi film multi negara dalam hal ini dari Amerika, Thailand dan Hong Kong. Saya tidak menerima pekerjaan apa pun agar bisa konsentrasi total di film ini. Sering stres juga tapi senang melihat kerja keras kami ada hasilnya” ujar Edward.

H

H

Berdasarkan buku laris di Amerika berjudul Sightseeing karya Rattawut Lapcharoensap, How to Win at Checkers (Every Time) berlatar belakang kehidupan ekonomi di Bangkok yang menguji tantangan dan kesenangan kehidupan di Thailand yang kontemporer. 

Tuturan kisahnya sendiri berkisar pada seorang anak laki-laki yang menghadapi masa depan tidak jelas ketika kakak laki-lakinya harus mengikuti lotere untuk menentukan apakah harus bergabung dengan wajib militer Thailand atau tidak. Gagal meyakinkan abangnya untuk merubah takdirnya dengan segala cara, sang adik mengambil langkah sendiri yang mengakibatkan konsekuensi yang tidak disangka-sangka.

Bintang film terkenal Thailand Toni Rakkaen berperan sebagai adik yang kehidupannya berada di bawah bayang-bayang kakak laki-lakinya yang kharismatik yang diperankan oleh pemain baru berbakat Thira Chutiful (The Last Executioner). Film ini juga diramaikan oleh aktor Kowit Wattanakul (The Impossible, Only God Forgives), Bell Nuntita (It Gets Better) dan memperkenalkan pemain baru Ingkarat Damrongsakkul.

Saat ini Edward sudah berada di Berlinale untuk menghadiri tayangan film perdana yang akan diadakan pada tanggal 8 Februari. Film ini akan ditayangkan juga pada tanggal 9, 10 dan 15 Februari 2015. Edward berencana untuk bekerjasama dengan sineas film dari negara lainnya, dengan harapan melalui cara ini dia dapat membantu mengembangkan sistem produksi di Indonesia dan meningkatkan kualitas film nasional.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.