Feature


Jumat, 21 November 2014 - 20:14:12 WIB
Piala Maya 2014 Siap Untuk Digelar
Diposting oleh : Taufiqur Rizal (@TarizSolis) - Dibaca: 1234 kali

Tahun 2014 ini, ajang apresiasi film Piala Maya akan kembali diselenggarakan untuk ketiga kalinya sesuai dengan visi @FILM_Indonesia sebagai media online apresiasi dan publikasi film Indonesia untuk menjadikan Piala Maya sebagai ajang tahunan. Berbekal pengalaman serta respon positif di penyelenggaraan tahun lalu, Piala Maya bertekad penyelenggaraan tahun ini akan lebih baik lagi.

Melanjutkan kolaborasi yang baik dari tahun sebelumnya, Piala Maya kembali bekerjasama dengan SAE Institute dan KINERIA.com, sebuah kanal new media yang berkomitmen menghadirkan tontonan alternatif pilihan melalui dunia maya. Rangkaian kegiatan Piala Maya 2014 yang telah berlangsung dari bulan Agustus lalu:

1.  Open Submissions untuk film Kompetisi Umum yang terdiri dari 5 kategori, yaitu Film Pendek, Animasi, Dokumenter, dan Film Daerah, serta Penulisan Kritik Film, dibuka mulai 17 Agustus hingga 10 November 2014

2.   Piala Maya Goes To School & Campus yang diselenggarakan dari September hingga Oktober 2014, di 1 sekolah (SMA Negeri 60 Jakarta) dan 5 kampus (UMN, Binus, SAE Institute, Budi Luhur, Universitas Indonesia).PIALA MAYA 2014

3. Proses voting oleh lebih dari 200 Komite Pemilih Independen akan diselenggarakan pada 10 November sampai 18 Desember 2014.

4.   Pengumuman Nominasi 30 kategori, tanggal 2 Desember 2014.

5. Pekan Film, berupa pemutaran film nominasi dan film-film pilihan, serta banyak kegiatan lain, terbuka untuk umum, akan diselenggarakan pada 12, 13 dan 14 Desember 2014 di SAE Institute, Jakarta.

6.  Malam Puncak, berupa malam anugerah penyerahan penghargaan Piala Maya akan digelar pada tanggal 20 Desember 2014 di Museum Nasional, Jakarta.

Piala Maya 2014 mengusung tema “Cinta, Cita, Cipta”. Penyelenggaraan tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya yang direncanakan akan berkolaborasi dengan lebih dari 200 Komite Pemilih Independen untuk memilih para peraih Piala Maya 2014.

Komite Pemilih terdiri dari berbagai kalangan profesi dan lintas usia yang mempunyai semangat yang sama yaitu sebagai pencinta film Indonesia. Beragam profesi Komite Pemilih, diantaranya adalah: Sineas, Jurnalis Film, Praktisi, Musisi, Kritikus Film, Akademisi, Ilmuwan, Aktivis, Eksekutif Media, Blogger, Perancang Busana, Perancang Grafis, Penulis, Budayawan, Peneliti, dan lain-lain.

Kategori yang akan dipilih oleh Komite Pemilih adalah:

1. Film Panjang Terpilih

2. Film Pendek Terpilih

3. Penyutradaraan Terpilih

4. Aktor Utama Terpilih

5. Aktris Utama Terpilih

6. Aktor Peran Pendukung Terpilih

7. Aktris Peran Pendukung Terpilih

8. Skenario Asli & Adaptasi Terpilih

9. Tata Kamera Terpilih

10. Penyuntingan Gambar Terpilih

11. Tata Artistik Terpilih

12. Tata Musik Terpilih

13. Tata Suara Terpilih

14. Tata Kostum Terpilih

15. Tata Rias Wajah & Rambut Terpilih

16. Efek Khusus Terpilih

17. Desain Poster Terpilih

18. Lagu Tema Terpilih

19. Pemain Pendatang Baru Terpilih

20. Pemain Cilik Terpilih 

21. Film Dokumenter Terpilih

22. Film Animasi Terpilih

23. Film Daerah Terpilih

24. Penulisan Kritik Film Terpilih

25. Segmen Film Omnibus Terpilih

26. Aktor Omnibus Terpilih

27. Aktris Omnibus Terpilih

28. Beberapa special mention yang akan diumumkan pada malam puncak.

Penyelenggaraan Piala Maya 2014 sepenuhnya dilakukan oleh panitia yang masih terbilang usia muda dan tahun ini Piala Maya membuka kesempatan bagi anak-anak muda kreatif Indonesia untuk bergabung sebagai TIM MUDA – Piala Maya 2014. Berkolaborasi kembali dengan kanal KINERIA.com yang memiliki visi dan semangat yang sama dalam mengapresiasi dan menghargai karya film Indonesia.

Selain sebagai ajang apresiasi film yang telah dirilis setahun sebelumnya, acara malam puncak Piala Maya 2014 juga akan menjadi ajang untuk memperkenalkan film-film yang akan rilis pada tahun 2015. Semua informasi, dapat dipantau dan ditanyakan langsung melalui akun twitter @PialaMaya. Mari dukung bersama, tetap cintai film Indonesia dulu, kini & nanti.



Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.