Feature


Jumat, 10 Oktober 2014 - 11:01:37 WIB
'Soekarno' Mewakili Indonesia di Academy Awards
Diposting oleh : Taufiqur Rizal (@TarizSolis) - Dibaca: 2568 kali

Film arahan Hanung Bramantyo, Soekarno, yang baru saja dinobatkan sebagai Film Terpuji versi Festival Film Bandung 2014 terpilih mewakili Indonesia untuk berkompetisi pada kategori Best Foreign Language Film di ajang Academy Awards ke-87 mendatang. Soekarno yang dibintangi oleh Ario Bayu, Lukman Sardi, dan Maudy Koesnaedi tersebut akan bersaing dengan 82 film lain dari berbagai negara. Tahun ini menandai rekor tertinggi dalam hal jumlah delegasi film di kategori Best Foreign Language Film, menumbangkan pencapaian tahun lalu yang diramaikan oleh 76 negara. Setidaknya terdapat empat negara yang untuk pertama kalinya berpartisipasi, yakni Kosovo, Malta, Mauritania, dan Panama.

Beberapa judul yang nantinya akan bersaing dengan Soekarno di kategori ini antara lain Winter's Sleep garapan Nuri Bilge Ceylan dari Turki, Leviathan karya Andrey Zvyagintsev yang mewakili Rusia, dan Mommy milik Xavier Dolan asal Kanada. Ketiganya merupakan jebolan Festival Film Cannes dan berhasil menggondol pulang piala di kategori-kategori utama. Selain judul-judul tersebut, persaingan akan semakin memanas dengan hadirnya dua film lain yang telah memperoleh rekognisi luas dari berbagai festival film kelas dunia, yakni Ida arahan Pawel Pawlikowski yang mewakili Polandia serta Two Days, One Night garapan Dardenne bersaudara yang mewakili Belgia.

Sejak pertama kali mengirimkan perwakilan untuk Best Foreign Language Film pada tahun 1987 - Nagabonar karya M.T. Risyaf merupakan film Indonesia pertama yang dikirim - Indonesia belum pernah sekalipun menembus lima nominasi akhir. Meski demikian, Indonesia terhitung sebagai salah satu negara yang aktif mengirim delegasi untuk diikutkan ke seleksi awal dengan total mencapai 16 film hingga tahun 2013 dan hanya beberapa kali absen lantaran tidak menemukan kontender yang tepat. Tahun lalu, Indonesia diwakili oleh Sang Kiai yang harus mengakui kedigdayaan The Great Beauty asal Italia.

Merupakan sebuah penghargaan yang diadakan (umumnya) untuk film-film yang diproduksi oleh Hollywood, semenjak tahun 1947, Academy Awards telah membuka diri mereka kepada film-film yang berasal dari negara lainnya dengan mengadakan sebuah kompetisi film asing terbaik dalam kategori Best Foreign Language Film. Dan semenjak saat itu, 62 penghargaan telah dimenangkan oleh film-film asing dengan 51 penghargaan diantaranya dimenangkan oleh negara-negara yang berasal dari benua Eropa. Kategori Best Foreign Languange Film sendiri merupakan kategori dimana Academy of Motion Picture Arts and Sciences memberikan sebuah penghargaan bagi film karya produksi negara-negara di luar Amerika Serikat yang jalan ceritanya lebih dominan menggunakan bahasa di luar dari Bahasa Inggris.

Pengumuman lima film berbahasa asing yang terpilih sebagai nomine akan dilaksanakan pada 15 Januari 2015. Sementara malam puncak dari The 87th Annual Academy Awards akan digelar pada 22 Februari 2015.



Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.