Feature


Senin, 04 Agustus 2014 - 11:07:13 WIB
Studio Ghibli Menutup Divisi Animasinya
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 3652 kali

Dibilang mengagetkan sebenarnya tidak juga, karena rumor tentang ini sudah berhembus beberapa bulan terakhir. Tapi saat Studio Ghibli secara resmi mengumumkan menutup divisi animasi mereka, mau tidak mau rasa sedih dan haru pun menyergap.

Yep, akhirnya Studio Ghibli, Inc. (株式会社スタジオジブリ Kabushiki-gaisha Sutajio Jiburi), melalui berita yang disampaikan oleh General Manager-nya, Toshio Suzuki, memutuskan untuk tidak memproduksi film animasi lagi. Studio yang berbasis di  Koganei, Tokyo, Jepang ini berdiri di tahun 1985 setelah sukses film karya maestro Hayao Miyazaki, Nausicaä of the Valley of the Wind, dengan Laputa: Castle in the Sky sebagai film pertama yang diproduksi. Selanjutnya tinggal sejarah. Ghibli membuktikan jika mereka merupakan nama paten untuk film-film animasi yang berkelas. Dunia Ghibli adalah dunia magis, penuh warna, humanis dan menyentuh.

Namun Miyazaki sudah memutuskan untuk pensiun setelah film terakhirnya, The Wind Rises (2013), dan Ghibli tidak memiliki pengganti yang cukup kuat untuk menggantikannya, sehingga tidak heran jika keputusan penutupan ini diambil.

Dua film terakhir Ghibli, When Marnie Was There dan The Tale of Princess Kaguya tidak mendapat prestasi yang menggembirakan dari segi Box-Office, meski tidak bisa dibilang gagal juga. Tapi dengan biaya produksi film animasi yang tinggi, memang akan sulit untuk studio untuk tetap bisa berproduksi jika tidak diimbangi oleh pemasukan yang memadai.


Selama ini kesuksesan Ghibli adalah karena hadirnya film-film Miyazaki yang sangat berkesan, seperti Castle in the Sky, My Neighbour Totoro, Kiki's Delivery Service, Porco Rosso, Princess Mononoke, Spirited Away, Howl's Moving Castle, Ponyo dan tentunya The Wind Rises. Bahkan Spirited Away mempersembahkan sebuah Oscar untuk Ghibli sebagai Film Animasi Terbaik. 

Tapi Ghibli tidak hanya memiliki Miyazaki. Ia juga mempersembahkan banyak film-film bagus karya Isao Takahata, seperti Graves of the Fireflies, Only Yesterday, Pom Poko, dan My Neighbors The Yamadas. Sayangnya film terbaru Takahata setelah absen selama 14 tahun, The Tale of Princess Kaguya tidak mendapat penghasilan yang memadai. Dengan bujet sekitar ¥5 miliar, film hanya sanggup mengumpulkan sekitar  ¥2.5 miliar saja.

Beberapa generasi baru, termasuk putra kandung Miyazaki, Goro Miyazaki, ternyata tidak mampu memberikan film-film yang berkesan atau cukup sukses di pasaran, sehingga proses regenerasi di Ghibli bisa dikatakan mandeg. Dengan adanya kondisi ini tidak mengherankan jika Ghibli kemudian memutuskan untuk tidak lagi memproduksi film animasi.

Tapi menurut Suzuki, bukan berarti Ghibli tutup secara keseluruhan, karena divisi yang menangani musik video, advertorial dan sebagainya masih akan tetap berjalan seperti biasa. Menurut Suzuki saat ini divisi animasi akan melakukan restrukturisasi dan merencanakan apa yang akan dilakukan ke depannya.

Mari berharap saja agar divisi animasi Ghibli berada dalam hibernasi, bukan tutup untuk selamanya, karena tanpa kehadiran film-film animasi Studio Ghibli, skena film animasi dunia tidak akan pernah sama lagi. 


Berikut daftar film-film animasi rilisan Studio Ghibli semenjak mulai berdiri hingga kini:

#

Film

Tanggal Rilis

Sutradara

Penulis Naskah

1

Castle in the Sky

August 2, 1986

Hayao Miyazaki

2

Grave of the Fireflies

April 17, 1988

Isao Takahata

3

My Neighbor Totoro

April 16, 1988

Hayao Miyazaki

4

Kiki's Delivery Service

July 29, 1989

Hayao Miyazaki

5

Only Yesterday

July 20, 1991

Isao Takahata

6

Porco Rosso

July 18, 1992

Hayao Miyazaki

7

Pom Poko

July 16, 1994

Isao Takahata

8

Whisper of the Heart

July 15, 1995

Yoshifumi Kondō

Hayao Miyazaki

9

Princess Mononoke

July 12, 1997

Hayao Miyazaki

10

My Neighbors the Yamadas

July 17, 1999

Isao Takahata

11

Spirited Away

July 20, 2001

Hayao Miyazaki

12

The Cat Returns

July 19, 2002

Hiroyuki Morita

Reiko Yoshida

13

Howl's Moving Castle

November 20, 2004

Hayao Miyazaki

14

Tales from Earthsea

July 29, 2006

Gorō Miyazaki

Gorō Miyazaki & Keiko Niwa

15

Ponyo

July 19, 2008

Hayao Miyazaki

16

Arrietty

July 17, 2010

Hiromasa Yonebayashi

Hayao Miyazaki & Keiko Niwa

17

From Up on Poppy Hill

July 17, 2011

Gorō Miyazaki

18

The Wind Rises

July 20, 2013

Hayao Miyazaki

19

The Tale of Princess Kaguya

November 23, 2013

Isao Takahata

Isao Takahata & Riko Sakaguchi

20

When Marnie Was There

July 19, 2014

Hiromasa Yonebayashi

Hiromasa Yonebayashi, Keiko Niwa & Masashi Ando

 

 

 

 

 



Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.