Feature


Selasa, 19 Oktober 2010 - 09:21:35 WIB
Europe on Screen 2010 - Press Release
Diposting oleh : Administrator - Dibaca: 1817 kali

SIARAN PERS

MENGINTIP MOBILITAS DAN PERUBAHAN EROPA DI EUROPE ON SCREEN 2010

            Apresiasi penonton yang meningkat dari tahun ke tahun di ajang Festival Film Eropa atau dikenal dengan nama Europe on Screen  (EOS) cukup menggembirakan. Dari 4000 penonton di tahun 2007, jumlahnya meningkat menjadi 7000 penonton di tahun 2008, dan tahun lalu mencapai angka hampir 9000 penonton dari delapan kota di Indonesia tempat berlangsungnya EOS 2009. Animo ini membuat kami semakin terpacu untuk membuat pagelaran yang lebih menarik dan bermanfaat bagi penonton setia kami dan juga khususnya bagi para pembuat film Indonesia yang membutuhkan akses dan sarana untuk memamerkan karyanya.

            Tahun ini, Europe on Screen kembali dengan tema Europe in Motion yang memberikan gambaran akan mobilitas dan perubahan yang terjadi di negara-negara di Eropa. Lewat film yang disajikan, kita dapat melihat perkembangan sinematografi di Eropa yang juga menggambarkan aspek sosial-budaya Eropa yang selalu bergerak. Lewat pagelaran ini, kami berharap upaya untuk saling mempromosikan dan mendukung pertukaran budaya antara negara-negara Eropa dengan Indonesia melalui media audio-visual yang menjadi tujuan dari pagelaran ini pun bisa tercapai.        

Ada 40 film (29 film fiksi, delapan film dokumenter, satu animasi, dan dua film pendek) dari 24 negara di Eropa yang akan diputar. Semuanya terbagi dalam enam kategori film, seperti Paths of Glory, Life Lessons, Youth Section, European Laugh, Family Affairs, dan Best European Shorts. EOS juga masih membuka kesempatan bagi para sineas pemula Indonesia untuk mengirimkan karyanya dan berpartisipasi dalam pagelaran ini. Dari 80 karya, terpilih 25 film pendek Indonesia terbaik yang akan ditampilkan.

            Secara khusus, EOS 2010 juga akan mengundang para sutradara dan produser film, penyelenggara festival film, perusahaan audiovisual independen, pengelola bioskop, distributor film, sales agent, atau pun perwakilan dari sekolah film yang ingin mengetahui tentang  peluang pendanaan Uni Eropa dalam sektor audiovisual untuk ikut dalam lokakarya pembiayaan film bertajuk “Film Financing”, yang merupakan kerja sama antara Uni Eropa & Dewan Kesenian Jakarta pada tanggal 10 November 2010 nanti.

            Di Jakarta, EOS 2010 akan diadakan mulai tanggal 5-12 November 2010 di lima tempat, yaitu Istituto Italiano di Cultura-Pusat Kebudayaan Italia, Centre Culturel Français–Pusat Kebudayaan Perancis, GoetheHaus–Pusat Kebudayaan Jerman, Erasmus Huis–Pusat Kebudayaan Belanda, dan Kineforum. Sedang di luar Jakarta, EOS 2010 berlangsung di 6 kota dari tanggal 29 Oktober-2 November 2010 (Yogkarta dan Bandung) dilanjutkan pada tanggal 13 November-30 November 2010 dengan mitra; LIP Yogyakarta, CCF Bandung, CCCL Surabaya, Europe House Banda Aceh, Alliance Français Denpasar,Widya Mitra, dan Oengoe.

Semua tiket pemutaran EOS 2010 tidak dipungut biaya. Namun penonton diharapkan untuk datang ke lokasi pemutaran 45 menit sebelumnya untuk mengambil tiket di masing-masing lokasi pemutaran.

            Jangan lewatkan pemutaran khusus untuk rekan-rekan wartawan yang ingin melakukan preview film pada acara Press Screening pada tanggal 25-27 Oktober 2010 di CCF Jakarta (Wijaya) pk. 15.00, Kineforum pk. 11.00, dan Istituto Italiano di Cultura pk. 14.00.  Pada acara ini, akan ditampilkan Film Pembuka dan Penutup EOS 2010, yaitu DAGEN ZONDER LIEF ( WITH FRIENDS LIKE THESE) dan COSMONAUTA (COSMONAUT).

==============================================================================

Europe On Screen 2010 bekerja sama dengan Kedutaan Besar Austria, Kedutaan Besar Bulgaria, Kedutaan Besar Republik Ceko, Kedutaan Besar Finlandia, Kedutaan Besar Perancis, Kedutaan Besar Jerman, Kedutaan Besar Yunani, Kedutaan Besar Hungaria, Kedutaan Besar Italia, Kedutaan Besar Luxembourg, Kedutaan Besar Belanda, Kedutaan Besar Polandia, Kedutaan Besar Portugal, Kedutaan Besar Rumania, Kedutaan Besar Slovakia, Kedutaan Besar Spanyol, Kedutaan Besar Swedia, Kedutaan Besar Inggris, Kedutaan Besar Kroasia, Kedutaan Besar Swiss, Kedutaan Besar Turki, Kedutaan Besar Irlandia, Kedutaan Besar Belgia, Kedutaan Besar Siprus, Uni Eropa, Goethe-Institut Jakarta, Istituto Italiano di Cultura, Erasmus Huis, Centre Culturel Français (CCF) Jakarta, Kineforum, The British Council, dan Aula Cervantes.

Europe On Screen 2010 juga didukung oleh Official Partner Dewan Kesenian Jakarta, beserta mitra media Total Film, Flick Magz, Cinemags,  Majalah Trax, Spice, CosmoGirl, ME Asia Magz, Maxx-M Magz, Time Out, Jakarta Java Kini, Kompas Urbana, Green Radio, Trax FM , Hard Rock Jakarta, Hard Rock Bandung, O Channel, Metro TV, Kompas.com, Le Meridien.

Selamat Menonton!

Informasi lebih lanjut, hubungi :

Lilin Rosa Santi

PRESS OFFICER/MEDIA RELATION

EMAIL: europeonscreen@gmail.com

WEBSITE: www.europeonscreen.org

FACEBOOK : Europe on Screen l Festival Film Eropa

TWITTER : http://www.twitter.com/EuropeonScreen

PHONE/FAX: (021) 3106394


Share |


Berita Terkait :
    Comments

    © Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.