Feature


Senin, 17 Maret 2014 - 12:04:00 WIB
Daftar Pemenang XXI Short Film Festival 2014
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 1781 kali

XXI Short Film Festival 2014, yang merupakan ajang festival film pendek terbesar tingkat nasional yang digelar oleh jaringan bioskop Cinema 21 baru saja berakhir. Festival yang bertujuan untuk mencari bakat-bakat muda yang cemerlang dalam perfilman Indonesia tersebut sudah menemukan nama dan judul yang menjadi pemenangnya.

Digelar sebagai bentuk kepedulian Cinema 21 terhadap perkembangan film Indonesia yang berbasis komunitas di seluruh Indonesia tersebut diadakan pada tanggal 13 hingga 16 Maret 2014 dan berlokasi di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakara. Ini merupakan kali kedua diadakan program XXI Short Film Festival.

Dibandingkan dengan tahun lalu, terjadi peningkatan yang cukup signifikan terhadap kualitas teknis maupun cerita yang diusung oleh peserta. Tahun ini panitia telah menyaring 22 finalis dari 423 pendaftar untuk terlibat dalam penjurian XXI Short Film Festival 2014.

Para dewan juri yang terdiri atas berbagai profesi, seperti dari Hanung BramantyoSheila Timothy, dan Lukman Sardi untuk kategori fiksi naratif; Candra EndroputroGotot Prakosa, dan Wahyu Aditya untuk kategori animasi; Abduh AzizMandy Marahimin, dan Riri Riza untuk kategori dokumenter. Juri media terdiri dari Leila S. Chudori, Lisa Siregar, Witra Asliga, Amir Syarif Siregar, dan Bobby Batara akhirnya menemukan kata sepakat siapa saja yang layak untuk menjadi pemenang.

Dan inilah nama-nama pemenangnya:

Film Pendek Fiksi Naratif Terbaik: 

• Sepatu Baru (Aditya Ahmad-Makassar)
 
Film Pendek Animasi Terbaik: 
• Kitik (Ardhira Anugrah Putra-Jakarta)
 
Film Pendek Dokumenter Terbaik: 
• Akar (Amelia Hapsari-Jakarta)
 
Film Pendek Fiksi Naratif Pilihan Media: 
• Sepatu Baru (Aditya Ahmad-Makassar)
 
Film Pendek Animasi Pilihan Media: 
• Kitik (Ardhira Anugrah Putra-Jakarta)
 
Film Pendek Dokumenter Pilihan Media: 
 Selamat Tinggal Sekolahku (Ucu Agustin-Jakarta)
 
Film Pendek Pilihan Versi IMPAS:
• Mana Janjimu (Eko Junianto-Purbalingga)
 Aditya dan Putri Matahari (Gangsar Waskito-Yogyakarta)
• Lembar Jawaban Kita (Sofyana Ali Bindiar-Bandung)
 
Film Pendek Favorit 'Pilihan Penonton': 
• Horizon (Samuel Ruby-Singapura)
 
Selain para pemenang diatas, pihak panitia juga memberikan penghargaan untuk special mention yang terdiri dari:
 
Special Mention Film Pendek Dokumenter dari Juri Media: 
 Akar (Amelia Hapsari-Jakarta)
 
Special Mention Kategori Animasi: 
• Asiaraya (Anka Atmawijaya Adinegara-Jakarta)

 

Program baru dalam  XXI Short Film Festival 2014 adalah Short Film Pitching Forum, yang merupakan kesempatan bagi pembuat film amatir untuk mempresentasikan ide film pendek mereka kepada produser dan Cinema 21, yang nantinya akan mendanai pembuatan film pendek mereka. Mereka yang beruntung adalah Catur (Bandung), Listen (Jakarta) dan Album foto (Yogyakarta).

Selamat kepada para pemenang.

Ada beberapa catatan menarik yang bisa diambil dari program  XXI Short Film Festival 2014 tahun ini, seperti masuknya judul-judul film yang telah meraih prestasi di berbagai festival, baik skala nasional maupun dunia, seperti Sepatu Baru, A Lady Caddy Who Never Saw a Hole in One, Halaman Belakang, Si Manggale, dan Lembar Jawaban Kita.

Sementara itu sutradara Akar, Amelia Hapsari merupakan jawara di ajang tahun lalu lewat karya yang berjudul Jadi Jagoan ala Ahok. Yang membuat kejutan adalah, dimana  sutradara film pendek Mana Janjimu yang sukses menjadi Pilihan Versi IMPAS, Eko Junianto masih berusia 15 tahun dan tercatat sebagai pelajar di SMP Negeri 4, Purbalingga.

Dengan diumumkannya nama-nama pemenang, maka berakhirlah sudah agenda XXI Short Film Festival 2014 tahun ini. Mencatat jumlah pengunjung sekitar 3000 orang untuk 4 hari pemutaran jelas merupakan sebuah indikasi akan antusiasme masyarakat terhadap program ini. Diharapkan antusiasme yang sama kembali berulang di pelaksanaan tahun-tahun mendatang. 


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.