Feature


Rabu, 08 Januari 2014 - 19:07:18 WIB
Sir Run Run Shaw Tutup Usia Di Umur 106 Tahun
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 3754 kali

Bagi penikmat film-film Hong Kong tentu mengenal siapa itu Run Run Shaw. Pria bernama asli Sao Ren-leng ini merupakan sosok legendaris yang mendirikan studio film Shaw Brothers yang berdiri di tahun 1958 dan sudah memproduksi sekitar 800 film. Kabar duka datang darinya disebabkan Shaw meninggal dunia pada hari Selasa, 7 Januari 2014, di Hong Kong di usia 106 tahun.

Pria kelahiran Shanghai, 23 November 1907 ini tutup usia di rumahnya ditemani oleh keluarganya. Ia meninggalkan empat orang anak, sembilan cucu dan beberapa cicit. Berita duka ini tentu tidak begitu mengejutkan mengingat usianya Shaw yang sudah sangat lanjut.

Shaw bersama saudara laki-lakinya, Run Me bisa dikatakan merupakan salah satu pioner perfilman Mandarin kontemporer. Mereka tidak hanya memproduseri dan juga menyutradari film, akan tetapi juga mendirikan jaringan studio film, distribusi, bioskop hingga stasiun televisi.

Berpusat di Singapura, kegiatan memproduksi film Shaw bersaudara dimulai di tahun 1927 dengan tujuan awal mendistirbusikan film kepada komunitas Tionghoa di Asia Tenggara. Seiring berjalannya waktu, mereka juga terlibat dalam produksi film. Merekalah yang pertama kali membuat film bersuara berbahasa Kanton pertama di tahun 1932. 

Setelah Perang Dunia ke-2, Shaw memusatkan produksi film mereka ke Hong Kong yang saat itu merupakan pusat perfilman berbahasa China. Shaw Brothers didirikan dengan menduplikasi sistem kerja Hollywood dengan mendirikan studio raksasa dimana kru dan pemain menetap disana untuk memudahkan pengawasan produksi.

Saat ditanya, apa film favoritnya, Shaw menjawab, “secara khusus saya menyukai film-film yang bisa menghasilkan uang.” Oleh karena itu, tidak mengherankan jika film-film produksi Shaw Brothers dinilai memiliki nilai artistik yang rendah akan tetapi sangat kuat dari segi komersil.

Periode emas Shaw Brother adalah di tahun 60-an hingga akhir 70-an. Produksi terbesar mereka adalah film-film kung-fu dan silat yang kemudian mewabah di seluruh dunia. Quentin Taratino merupakan salah satu nama besar yang menggemari film-film Shaw Brothers sehingga perlu membuat homage melalui dwilogi Kill Bill

Shaw Brothers sendiri sudah menghasilkan banyak alumnus yang kemudian menjadi nama penting di perfilman China, seperti Jacky Chan, Sammo Hung, Chow Yun-fat, Leslie Cheung, Tony Leung dan banyak lagi. Bahkan sutradara besar Wong Karwai merupakan hasil didikan Production Training Course dari TVB yang merupakan bagian dari Shaw Brothers.

Meskipun sempat disebut bertangan besi, dan tentunya tak lepas dari kekurangan, akan tetapi Shaw Brothers jelas sudah memberikan kontribusi yang penting tidak hanya di perfilman China akan tetapi juga dunia secara umum.

Atas dedikasi serta kontribusinya di dunia perfilman, Run Run Shaw ditunjuk sebagai Commander of the Order of the British Empire (CBE) di tahun 1974. Dia menerima gelar Knighthood di 1977 oleh Ratu Elizabeth II  dan Grand Bauhinia Medal (GBM) dari pemerintah Hong Kong Special Administrative Region di tahun1998, serta beberapa gelar kehormatan lainnya. 

Selamat jalan, Sir!


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.