Feature


Minggu, 29 Desember 2013 - 12:17:01 WIB
Film-Film Peraih Sukses Mengejutkan di 2013. Bagian I
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 4770 kali

Tahun 2013 mencatat beberapa film yang sukses meraih penghasilan yang mencolok di tangga Box Office, meski sebenarnya kesuksesan mereka bukanlah hal yang mengejutkan karena mendapat antisipasi yang cukup tinggi dari penonton, sebutlah Iron Man 3, Man of Steel, atau Star Trek: Into Darkness. Ada juga yang harus menelan pil pahit kegagalan seperti The Lone Ranger atau White House Down.

Namun, tahun 2013 juga mencatat beberapa judul yang mendapatkan sukses yang mengejutkan karena pada awalnya diproyeksi memiliki prestasi yang biasa saja di Box Office. The Hollywood Reporter telah merangkum beberapa judul yang termasuk dalam kategori ini. Apa sajakah mereka? Berikut liputannya:

#1 Mama

Dibuka berhadap-hadapan dengan film laga Arnold Schwarzenegger, The Last Stand,  film horor kecil milik Jessica Chastain, Mama, justru muncul sebagai pemenang. Diarahkan oleh Andres Muschietti dan memiliki bujet hanya  $15 juta, ia finish dengan mengumpulkan pundi-pundi lebih dari $145 juta untuk peredaran seluruh dunia. 

 

#2 Olympus Has Fallen

Dirilis pada bulan Maret, hanya beberapa bulan sebelum film musim panas berbujet raksasa yang bertema hampir mirip, White House Down, dirilis, tampaknya memuluskan jalan Olympus Has Fallen meraih sukses. Dibintangi oleh Aaron Eckhart dan Gerard Butler, dengan bujet $70 juta, ia telah mengantungi $160 juta untuk peredaran global. 

 

#3 Spring Breakers

Film terbaru Harmony Korine, Spring Breakers, mungkin tidak diterima secara penuh oleh banyak kritikus, sebelum akhirnya dirilis lebih luas pada bulan MAret. Film yang dibintangi oleh James Franco dan Selena Gomez ini hanya memiliki bujey sebesar $2 juta, akan tetapi telah melesat mengumpulkan sebanyak $31 juta untuk peredaran di seluruh dunia.

 

#4 42

Dengan ulasan yang secara umum cukup positif dan penampilan yang memukau dari Chadwick Boseman sebagai Jackie Robinson, terbukti jika biopoc berjudul 42 mampu memberikan penampilan yang solid di tangga Box Office Amerika saat dirilis di bulan April. DIbintangi juga oleh Harrison Ford, film ditulis dan disutradarai oleh Brian Helgeland dengan bujet $40 juta dan berhasil mengumpulkan sebanyak $95 untuk peredaran domestik.

 

#5 Now You See Me

Sebuah film heist yang menampilkan banyak adegan sulap yang diperkirakan oleh banyak pengamat tidak akan menghasilkan banyak dolar, ternyata terbukti salah. Now You See Me, dibintangi oleh  Jesse Eisenberg, cukup mengejtukan di Box Office, domestik maupun internasional. Film rilisan Summit berbujet $75 juta  ini telah mengumpulkan sebanyak lebih dari $350 juta. 

 

#6 The Purge

Dibuka pada bukan Juni, The Purge secara mengejutkan menyalip The Internship, komedi milik Owen Wilson dan Vince Vaughn di Box Office. Film horor berkonsep tinggi yang dibintangi oleh Ethan Hawke ini dibuat hanya bermodalkan $3 juta akan tetapi pada akhirnya berhasil meraup sekitar $90 juta untuk peredaran global. DI bulan November, Universal dan Blumhouse mengumumkan sebuah sekuel yang rencana rilis di tahun 2014. 

 

#7 The Conjuring

Film horor berating R milik James Wan dan menampilkan Vera Farmiga dan Patrick WIlson, sukses menakuti sejumlah besar penonton saat dibuka di bulan Juli yang lalu. Berbujet "hanya" $20 juta, dan memperoleh review positif di mana-mana, pada akhirnya film mendapatkan penghasilan sebanyak $315 juta untuk peredaran di seluruh dunia.

 

#8 This is the End

Kabar mulut ke mulut yang memuji filmnya, baik dari kritikus maupun penonton telah mengangkat komedi apokaliptik yang dibintangi dan disutradarai oleh Seth Rogen (bersama Evan Goldberg) telah membuat This is the End menacapai sukses di Amerika. Dibintangi oleh banyak bintang populer, film berbujet $32 juta ini telah mengumpulkan sebanyak $125 juta untuk peredaran di seluruh dunia. 

 

(Berlanjut ke bagian II)


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.