Feature


Senin, 25 November 2013 - 09:46:47 WIB
'Catching Fire' Kalahkan 'New Moon' Untuk Rekor November
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 4043 kali

Bagian kedua dari The Hunger Games, Catching Fire, dirilis 22 November kemarin dan segera meraih kesuksesan dengan meraup keuntungan sebanyak $161.1 juta untuk wilayah edar Amerika dan $146.6 juta untuk rilis internasional dengan total sebesar $307,725,000.

Sungguh luar biasa, karena biaya produksi sebesar $130 juta sudah kembali sekaligus memperoleh keuntungan dua kali lipat. Apakah Catching Fire nantinya akan mengalahkan penghasilan film pertamanya, $691,247,786? Rasanya bisa saja.

Tapi bukan itu saja prestasi yang ditorehkan oleh Catching Fire. Ia mencatatkan beberapa rekor lain, terutama mengalahkan raihan pembukaan untuk bulan November yang selama ini dipegang oleh salah satu judul seri The Twilight Saga, New Moon (2009), yaitu $142,839,137 untuk wilayah Amerika dan total $274.9 untuk peredaran di seluruh dunia. 

Prestasi lain yang diperoleh Catching Fire adalah menempatkan dirinya dalam posisi 4 besar raihan pendapatan pembukaan terbaik sepanjang masa, di bawah The Avengers, Iron Man 3 dan Harry Potter and the Deathly Hallows Part 2. Sementara itu The Hunger Games saat dirilis pada bulan Maret 2012 lalu memperoleh $152.5 untuk peredaran domestik, yang pada saat itu menempatkannya di posisi ketiga di daftar film dengan  raihan pendapatan pembukaan terbaik sepanjang masa. Pada saat ini ia merosot di posisi 7.

Prestasi Catching Fire tidak hanya di kandang sendiri, karena secara internasional pun ia menunjukkan tajinya dengan memperoleh pemasukan lebih besar 45% daripada The Hunger Games

Catching Fire juga dirilis dalam format IMAX yang mengharuskan ia harus berhadapan dengan Gravity milik Alfonso Cuaron yang sejauh ini mendapat respon positif. Pembukaan IMAX Catching Fire adalah sebesar $25.7 juta di seluruh dunia, dan merupakan terbesar kedua.

Kesaktian Catching Fire juga ditunjukkan dengan menyalip juara bertahan selama dua minggu, Thor: The Dark World yang "hanya" memperoleh sekitar $168 juta saja dalam tiga minggu perilisannya. 

Apakah Catching Fire masih akan terus menoreh prestasi dari segi pemasukan mengingat The Hobbit: The Desolation of Smaug  yang akan dirilis pada tanggal 13 Desember mendatang? Kita tunggu saja.

Sumber data: Comingsoon.net


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.