Feature


Selasa, 08 Oktober 2013 - 10:18:38 WIB
Indonesia Kirimkan 'Sang Kiai' ke Academy Awards
Diposting oleh : Amir Syarif Siregar (@Sir_AmirSyarif) - Dibaca: 1977 kali

Setelah gagal dengan Sang Penari, tahun ini Indonesia akan mengirimkan Sang Kiai untuk berkompetisi di kategori Best Foreign Language Film di ajang The 86th Annual Academy Awards mendatang. Film arahan Rako Prijanto yang dibintangi Ikranegara, Christine Hakim dan Adipati Dolken tersebut akan bersaing dengan film-film yang datang dari 76 negara termasuk The Grandmaster arahan Wong Kar-Wai yang mewakili Hong Kong, The Past arahan Asghar Farhadi yang mewakili Iran serta The Hunt arahan Thomas Vinterberg yang mewakili Denmark. Jumlah 76 negara yang berpartisipasi dalam kategori Best Foreign Language Film di ajang Academy Awards merupakan sebuah peningkatan setelah pada tahun sebelumnya tercatat 71 negara mengirimkan perwakilannya.

Walau sama sekali belum pernah berhasil untuk menembus lima nominasi akhir di kategori Best Foreign Language, Indonesia telah aktif untuk mengirimkan film-film terbaiknya ke ajang Academy Awards semenjak tahun 1987. Sejak saat itu, 16 dari 17 film Indonesia yang dikirimkan berhasil diterima untuk ikut dalam seleksi awal kategori Best Foreign Language. Satu film yang dikirimkan pada tahun 1988 di-diskualifikasi dari seleksi awal karena dinilai tidak memiliki terjemahan yang mumpuni untuk dimengerti oleh pihak AMPAS. Pada beberapa tahun diantaranya – tahun 1991, tahun 1993-1997, 2000, 2001, 2004, dan 2008 – Indonesia tidak mengirimkan perwakilannya ke ajang Academy Awards dengan asumsi karena tidak menemukan kontender yang tepat untuk diikutkan bersaing di kategori Best Foreign Language Film.

Merupakan sebuah penghargaan yang diadakan (umumnya) untuk film-film yang diproduksi oleh Hollywood, semenjak tahun 1947, Academy Awards telah membuka diri mereka kepada film-film yang berasal dari negara lainnya dengan mengadakan sebuah kompetisi film asing terbaik dalam kategori Best Foreign Language Film. Dan semenjak saat itu, 62 penghargaan telah dimenangkan oleh film-film asing dengan 51 penghargaan diantaranya dimenangkan oleh negara-negara yang berasal dari benua Eropa. Kategori Best Foreign Languange Film sendiri merupakan kategori dimana Academy of Motion Picture Arts and Sciences memberikan sebuah penghargaan bagi film karya produksi negara-negara di luar Amerika Serikat yang jalan ceritanya lebih dominan menggunakan bahasa di luar dari Bahasa Inggris.

Penyelenggara Academy Awards, Academy of Motion Picture Arts and Sciences akan mengumumkan lima film berbahasa asing yang terpilih sebagai nominasi pada 16 Januari 2014 mendatang. Pelaksanaan The 86th Annual Academy Awards sendiri akan dilaksanakan pada 2 Maret 2014.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.