Feature


Senin, 02 September 2013 - 16:57:36 WIB
Pendaftaran XXI Short Film Festival 2014 Telah Dibuka
Diposting oleh : Taufiqur Rizal (@TarizSolis) - Dibaca: 2245 kali

Para penggiat film pendek... bersiaplah! XXI Short Film Festival yang sukses digelar oleh Cinema 21 untuk pertama kalinya pada awal tahun ini dengan menjaring lebih dari 700 film pendek, telah siap untuk kembali pada tahun depan. Bagi Anda yang belum berkesempatan untuk bergabung dengan festival film pendek terbesar di Indonesia ini di penyelenggaraan sebelumnya, maka ini adalah saatnya. Pendaftaran untuk XXI Short Film Festival 2014 telah dibuka sejak tanggal 26 Agustus 2013 silam dan akan ditutup pada 29 November 2013. 

Berikut ini Flick Magazine cantumkan syarat ketentuan, penilaian, dan penghargaan yang diraih dalam XXI Short Film Festival 2014 yang dikutip langsung dari website resmi 21 Short Film:

 

Syarat dan ketentuan:

1. Film pendek yang didaftarkan untuk XXI Short Film Festival adalah film pendek dengan genre atau jenis film seperti di bawah ini:

a. Film pendek fiksi naratif

b. Film pendek dokumenter 

2. Durasi untuk masing-masing jenis film yang didaftarkan adalah sebagai berikut:

a. Film pendek fiksi naratif – durasi maksimal 20 menit

b. Film pendek dokumenter – durasi maksimal 30 menit

c. Film pendek animasi – durasi maksimal 15 menit

3. Film pendek yang didaftarkan dapat menggabungkan dua atau seluruh genre di poin di atas. Namun untuk kepentingan kompetisi, panitia seleksi akan memutuskan satu genre di mana film tersebut akan dikompetisikan.

4. Film pendek yang didaftarkan adalah film pendek yang dibuat dan diproduksi oleh warga negara Indonesia.

5. Film pendek yang didaftarkan adalah film yang diproduksi setelah tanggal 1 Juni 2012.

6. Film pendek yang dibuat selain dalam bahasa Indonesia diwajibkan memiliki teks terjemahan (subtitle) bahasa Indonesia.

7. Panitia XXI Short Film Festival sangat memperhatikan kualitas gambar dan cerita dari film yang didaftarkan sebagai salah satu poin penting penilaian.

8. Pendaftar bertanggung jawab atas segala permasalahan hak cipta yang terkait dengan pembuatan dan kepemilkan film pendek yang didaftarkan.

9. Seluruh biaya dan proses pengiriman materi film yang didaftarkan ke panitia XXI Short Film Festival merupakan tanggung jawab pendaftar. 

 

Penilaian:

1. Seluruh pendaftaran film pendek sudah diterima panitia selambat-lambatnya pada tanggal 29 November 2013. Panitia berhak menolak film yang terlambat untuk didaftarkan dan mendiskualifikasi pendaftaran film dengan informasi yang kurang lengkap atau salah. Pendaftaran dilakukan dengan mengunduh formulir yang tersedia di www.21shortfilm.com dan mengirimkan film sesuai dengan petunjuk yang terdapat di formulir tersebut.

2. Panitia pre-seleksi akan melakukan seleksi terhadap seluruh film yang masuk untuk kemudian dipilih kembali sebanyak maksimum 10 (sepuluh) finalis di setiap kategori film pendek yang dilombakan. Setiap finalis akan mendapat pemberitahuan melalui email dari panitia XXI Short Film Festival.

3. Penilaian masing-masing kategori kompetisi akan dilakukan oleh juri yang dipilih oleh panitia festival. Nama-nama juri akan diberitahukan kemudian.

4. Hasil dari kompetisi akan diumumkan dalam acara malam penghargaan XXI Short Film Festival pada hari terakhir pelaksanaan festival.

5. Dengan mendaftarkan film pendek pada XXI Short Film Festival, berarti pendaftar telah mematuhi peraturan yang ditetapkan di Syarat dan Ketentuan ini. Keputusan panitia festival adalah mutlak dan final.

6. Tidak ada korespondensi yang akan dilakukan dengan pihak luar sehubungan dengan keputusan panitia dan hasil akhir penjurian.

 

Penghargaan:

Enam penghargaan akan diberikan dalam XXI Short Film Festival, yaitu:

1. Film Pendek Fiksi Naratif Terbaik

2. Film Pendek Dokumenter Terbaik

3. Film Pendek Animasi Terbaik

4. Film Pendek Fiksi Naratif Pilihan Media

5. Film Pendek Dokumenter Pilihan Media

6. Film Pendek Animasi Pilihan Media

- Tiga penghargaan pertama akan mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp. 10.000.000,00 (lima juta rupiah) untuk masing-masing pemenang dan sertifikat dari Cinema 21. Di samping itu akan ada penghargaan Media Choice Award atau film pendek terbaik pilihan media, di mana masing-masing pemenang di setiap kategori akan mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp. 5.000.000 (lima juta rupiah) dan sertifikat dari Cinema 21.

- Seluruh film pemenang akan diputar dalam bentuk kompilasi film-film pemenang XXI Short Film Festival melalui pemutaran reguler di beberapa bioskop Cinema 21 terpilih seusai festival.

 

* Untuk formulir pendaftaran beserta persyaratan, dapat Anda lihat di sini.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.