Feature


Selasa, 09 April 2013 - 23:03:40 WIB
Inilah Daftar Pemenang Akademi Film Indonesia 2013
Diposting oleh : Taufiqur Rizal (@TarizSolis) - Dibaca: 1454 kali

Malam puncak Akademi Film Indonesia (Akademi FI) sukses digelar untuk pertama kalinya di Magzi Ballroom grandkemang Hotel, Jakarta Selatan, pada tanggal 8 April 2013. Ajang apresiasi untuk perfilman nasional ini berhasil terwujud atas inisiatif dari Yayasan Konfiden serta tim dari web filmindonesia.or.id. Setidaknya, ada 20 pekerja serta kritikus film yang tergabung sebagai anggota dalam Akademi FI. Beberapa nama yang tergabung dalam keanggotaan antara lain Mira Lesmana, Riri Riza, Didi Petet, Ifa Isfansyah, Ladya Cheryl, JB Kristanto, Paul Agusta, dan Faozan Rizal. 

"Gagasan pembentukan Akademi Film Indonesia bermula dari kerisauan kami mengamati kecenderungan semakin menguatnya dominasi salah satu sisi saja, yaitu sisi industri, dalam perkembangan perfilman Indonesia belakangan ini. Festival Film Indonesia masih terus bermasalah, dari waktu ke waktu diwarnai pertentangan yang lebih sering tidak berkaitan dengan persoalan kesenian. Akibatnya, FFI tidak kunjung mampu menjadi pengawal utama sisi kesenian perfilman Indonesia, sebagaimana dicita-citakan para perintisnya dulu," terang Totot Indrarto sekilas mengenai latar belakang kemunculan Akademi FI dalam pidato pengantarnya di malam puncak.

Ada empat kategori yang dihadirkan oleh Akademi FI; Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Skenario Terbaik, dan Film Terlaris. Untuk menentukan pemenang dari ketiga kategori yang disebutkan lebih awal, terdapat tiga tahapan yang kudu dilalui terlebih dahulu. Dimulai dari penyeleksian awal 85 film Indonesia yang tayang dalam kurun waktu 1 Januari hingga 31 Desember 2012, lalu berlanjut ke penilaian individual dan diakhiri dengan diskusi kualitatif. Dari hasil penjurian awal, terdapat 10 film yang dianggap layak untuk berkompetisi. Kesepuluh film unggulan tersebut adalah Atambua 39 Derajat CelsiusCinta Tapi BedaHabibie & AinunJakarta HatiPostcards from the ZooLovely ManMata TertutupRayya Cahaya di Atas CahayaSoegija, dan The Raid.

Setelah melewati proses penjurian yang ketat, 'Piala Jati Emas' - yang merupakan sebutan untuk piala milik Akademi FI - untuk kategori Film Terbaik dianugerahkan kepada Postcards from the Zoo garapan Edwin yang telah melanglang buana ke berbagai festival film bertaraf internasional. Sementara kategori Sutradara Terbaik dan Skenario Terbaik disapu bersih oleh Teddy Soeriaatmadja melalui Lovely Man. Untuk kategori Film Terlaris, Habibie & Ainun dinyatakan keluar sebagai pemenang dengan menumbangkan dua pesaing terdekatnya, 5cm. dan The Raid, setelah sukses menggiring 4.370.376 penonton selama 91 hari penayangan di bioskop. 

Adapun lebih lengkapnya, inilah daftar para pemenang serta unggulan Piala Jati Emas di Akademi Film Indonesia 2013: 

Film Terbaik

Postcards from the Zoo

 Sutradara Terbaik

Teddy Soeriaatmadja (Lovely Man)

Skenario Terbaik

Teddy Soeriaatmadja (Lovely Man)

Film Terlaris

Habibie & Ainun (MD Pictures)

Film-film Unggulan

Atambua 39C

Cinta Tapi Beda

Habibie & Ainun

Jakarta Hati

Postcards from the Zoo

Lovely Man

Mata Tertutup

Rayya, Cahaya di Atas Cahaya

Soegija

The Raid


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.