Feature


Selasa, 09 April 2013 - 21:55:18 WIB
Kompetisi Film Pendek di Europe on Screen Kembali Digelar
Diposting oleh : Taufiqur Rizal (@TarizSolis) - Dibaca: 1601 kali

Europe on Screen (EoS) yang merupakan festival film Eropa tahunan di Indonesia akan kembali dihelat untuk ke-13 kalinya pada tahun 2013 ini. Dalam penyelenggaraan kali ini, EoS akan diadakan pada tanggal 3 hingga 12 Mei di 7 kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Denpasar, Makassar, Medan, Surabaya, dan Yogyakarta. Menurut rencana, akan ada sekitar 60 film Eropa yang diputar dalam rangkaian acara pada tahun ini. 

Seperti halnya tahun lalu, EoS 2013 pun tidak hanya menyelenggarakan pemutaran film-film yang diproduksi oleh berbagai negara di Eropa semata, tetapi juga membuka kesempatan bagi para pembuat film pendek Indonesia untuk berprestasi sekaligus memeriahkan suasana dalam Kompetisi Film Pendek (short film competition). Pemenang kompetisi tahun ini akan menerima sebuah HD Video Camera

Hanya sebagai catatan, ini adalah daftar pemenang Kompetisi Film Pendek EoS 2012 yang diumumkan pada 1 Desember 2012:

  • Pemenang pertama : Kripik Sukun Mbok Darmi, oleh Heri Kurniawan
  • Pemenang kedua : Payung Merah, oleh Andri Cung & Edward Gunawan
  • Penghargaan juri : Moriendo, oleh Andrey Pratama

Selain itu, para peserta kompetisi juga dapat mengikuti sebuah program yang terselenggara berkat kerjasama dengan SAE Institute Jakarta bernama EoS Scholarship Challenge. Pemenang tantangan ini akan menerima beasiswa dari SAE Institute Jakarta untuk program pendidikan Digital Film Making selama 3 tahun untuk mendapatkan gelar S1 (BA/BSc Hons Digital Film Making). 

Syarat dan Ketentuan

Kompetisi Film Pendek Europe on Screen 2013 dibuka untuk umum dan tanpa biaya pendaftaran, untuk:
1. Film dari kategori fiksi dan dokumenter.
2. Belum pernah didaftarkan dalam Kompetisi Film Pendek Europe on Screen
sebelumnya.
3. Disutradarai oleh warga negara Indonesia.
4. Berdurasi tidak lebih dari 20 menit.
5. Diproduksi setelah 1 Januari 2011.
6. Tidak harus menggunakan Bahasa Indonesia.
7. Bukan film eksperimental, profil industri/perusahaan, iklan dan program tayangan televisi, iklan layanan masyarakat, atau trailer film. 
Cara Pendaftaran

Untuk mendaftarkan film, peserta cukup mengirimkan formulir pendaftaran yang sudah diisi lengkap, beserta dua still photo beresolusi 300 dpi ke alamat e-mail, berikut: info@europeonscreen.org atau europeonscreen@gmail.com. Harap cantumkan “Pendaftaran Kompetisi Film Pendek EoS 2013 < Judul Film- Sutradara>" pada bagian Subject e-mail.

Film yang ingin didaftarkan dapat dikirim dengan salah satu dari 2 cara di bawah ini:
1. Kirimkan film yang akan didaftarkan, dalam bentuk DVD, atau file video dengan
resolusi gambar minimum 720x576 dpi (avi atau mov), via pos ke:
Sekretariat Europe on Screen
Jalan Gereja Theresia No. 23 (Pav)
Jakarta Pusat 10350
Indonesia
Pada DVD yang dikirimkan harap cantumkan judul film beserta nama sutradaranya. 

2. Cara lain untuk mendaftarkan film adalah dengan mengupload film yang diinginkan ke idfilmcenter.com/filmbox. Harap cantumkan “PENDAFTARAN KOMPETISI FILM PENDEK EOS 2013” pada isian deskripsi video. Film tidak akan muncul di website IdFilmCentre, melainkan akan diteruskan kepada panitia Europe on Screen 2013. 

Materi pendaftaran wajib diterima oleh panitia penyelenggara pada tanggal 15 April 2013

Proses Seleksi

Film-film yang didaftarkan akan diseleksi oleh Panitia Europe on Screen 2013. Film-film yang lolos seleksi wajib menyerahkan materi film dengan subtitle Bahasa Inggris. Para finalis yang terpilih akan diumumkan pada saat Konferensi Pers Europe on Screen 2013 di bulan April 2013. Para film finalis akan ditampilkan pada rangkaian Europe on Screen 2013. Sebuah tim juri juga akan dibentuk untuk menilai para film finalis dan menentukan 2 film pemenang, yang akan diumumkan pada malam penutupan festival pada tanggal 12 Mei 2013. 

Berminat untuk mengikuti Kompetisi Film Pendek Europe on Screen 2013 ini? Segera kirimkan karya terbaik dari Anda, mumpung masih ada kesempatan yang dibuka lebar-lebar dalam beberapa hari ke depan ini. 


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.