Feature


Selasa, 08 Januari 2013 - 01:55:22 WIB
Festival Film Solo Buka Pendaftaran Kompetisi Film Fiksi Pendek
Diposting oleh : Shinta Setiawan (@ssetiawan) - Dibaca: 1614 kali

Menjelang penyelenggaraannya di tahun 2013 ini, Festival Film Solo kembali membuka pendaftaran untuk Program Kompetisi Film Fiksi-Pendek Indonesia. Dua kategori yang dikompetisikan adalah Kategori Umum-Nasional atau biasa disebut Ladrang Award, dan juga Kategori Pelajar-Nasional atau Gayaman Award.

“Ketatnya seleksi yang dilakukan oleh para kurator kami memang untuk menjamin berkualitasnya film-film yang nantinya disaksikan oleh penonton yang hadir,” kata Septian Ayok, Koordinator Kompetisi dan Pusat Data Festival Film Solo. “Harapan kami, penonton yang datang dari berbagai kota, selain bisa menyaksikan film yang berkualitas, juga film-film pendek paling baru yang beredar di tanah air.” 

Dari tahun ke tahun, festival yang memang mengkhususkan diri pada film fiksi-pendek ini selalu mendapat apresiasi yang luar biasa dari para pembuat film tanah air. Pada penyelenggaraan tahun 2012, sebanyak 218 film pendek didaftarkan pada panitia dan hanya 30 film saja yang lolos dan dipertontonkan pada publik dalam delapan sesi pemutaran. Selama empat hari penyelenggaraan festival ini, jumlah penonton yang hadir mencapai angka empat ribu orang. 

Pada Festival Film Solo tahun ini, film-film yang berkompetisi akan melalui tahap seleksi oleh para kurator yang terdiri atas Adrian Jonathan Pasaribu, Fanny Chotimah, Ronny P. Tjandra dan Ayu Mitha Radila, sebelum masuk pada penjurian final di masing-masing kategori.

Sementara itu, Dewan Juri Ladrang Award 2013 terdiri dari Seno Gumira Ajidarma, Hikmat Darmawan dan Ifa Isfansyah. Untuk Dewan Juri Gayaman 2013, ada nama Benny Benke, Senoaji Julius dan Astu Prasidya. 

Festival Film Solo akan berlangsung pada tanggal 1-5 Mei 2013 nanti. Sedangkan masa pendaftaran kompetisi dibuka mulai 5 Januari hingga 15 Maret. Ketentuan pendaftaran bisa disimak di website www.festivalfilmsolo.com termasuk pengisian formulir pendaftaran yang dilakukan secara online di website tersebut. Pendaftaran kompetisi dalam Festival Film Solo 2013 tidak dikenakan biaya apapun.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.