Feature


Rabu, 24 Oktober 2012 - 09:23:17 WIB
Pembukaan Pendaftaran Kompetisi Film Pendek Europe on Screen 2012
Diposting oleh : Amir Syarif Siregar (@Sir_AmirSyarif) - Dibaca: 1913 kali

Festival Film Eropa atau Europe on Screen akan kembali digelar tahun ini, pada tanggal 25 November - 1 Desember 2012. Europe on Screen adalah sebuah festival film di Jakarta yang khusus memutar berbagai film dari berbagai genre, produksi negara-negara di benua Eropa. 

Festival ini sendiri pertama kali diadakan pada tahun 2003.  Pada 2004-2006, Europe on Screen menjadi bagian dari Jakarta International Film Festival (JiFFest) dan pada tahun 2007 Europe on Screen kembali diadakan secara independen.

Persatuan negara-negara Eropa (Uni Eropa) sebagai penggagas Europe on Screen, terdiri atas 27 negara anggota dan 6 negara kandidat.  Sebagai program festival Europe on Screen tahun ini, panitia penyelenggara akan memilih 1-2 film dari setiap negara tersebut, untuk diputar selama 6 hari penyelenggaraan Europe on Screen.  Rencananya, keseluruhan film yang akan diputar berjumlah sekitar 40 film.

Selain pemutaran film, Europe on Screen 2012 juga mengadakan kompetisi film pendek (short film competition) yang khusus dibuka untuk para pembuat film pendek nasional.

Tahun ini Europe on Screen dengan bangga menjalin kerjasama dengan Canon dalam pelaksanaan kompetisi film pendek tersebut. Canon menyediakan 2 unit Full HD Camcorder Legria untuk dua pemenang Kompetisi Film Pendek Europe on Screen.

SYARAT & KETENTUAN

Adapun syarat untuk mengikuti Kompetisi Film Pendek Europe on Screen 2012 adalah :

  1. Film pendek fiksi atau animasi.
  2. Belum pernah diputar di Europe on Screen sebelumnya.
  3. Sutradara dari film tersebut adalah warga negara Indonesia.
  4. Berdurasi maksimal 20 menit.
  5. Diproduksi setelah tanggal 1 Januari 2010.
  6. Tidak harus menggunakan bahasa Indonesia.
  7. Film yang didaftarkan bukan termasuk film dokumenter, film eksperimental, profil industri/perusahaan, iklan dan program tayangan televisi, iklan layanan masyarakat atau trailer film.

CARA PENDAFTARAN 

Untuk mendaftarkan film, peserta cukup mengirimkan formulir pendaftaran yang sudah diisi lengkap, beserta dua still photo beresolusi 300 dpi ke alamat e-mail, berikut: info@europeonscreen.org atau europeonscreen@gmail.com. Harap cantumkan “Pendaftaran Kompetisi Film Pendek EoS 2012 < Judul Film- Sutradara>" pada bagian Subject e-mail.

Kemudian kirimkan materi filmnya dengan salah satu dari dua cara berikut:

  • Kirimkan film dalam format DVD atau file video dengan resolusi minimum 720 x 576 dpi (dalam format .avi atau .mov) ke alamat berikut :

Sekretariat Europe on Screen 2012
Jalan Gereja Theresia no. 23 (Pav) 
Jakarta Pusat 10350

Atau

  • Dengan mengunggah (upload) film yang ingin didaftarkan ke :

                 www.idfilmcentre.com/filmbox
Harap juga dicantumkan “Pendaftaran Kompetisi Film Pendek EoS 2012” pada isian deskripsi video. Film yang diunggah dan akan ikut kompetisi, tidak akan muncul di situs IdFilmCentre.Com. dan hanya akan diteruskan ke panitia Europe on Screen 2012.

Batas terakhir pendaftaran adalah tanggal 28 Oktober 2012.  Setiap film yang ingin didaftarkan sudah harus diterima oleh panitia pada tanggal tersebut.

PROSES SELEKSI

Sebuah tim seleksi akan memilih dan menentukan finalis Kompetisi Film Pendek Europe on Screen 2012.  Para film finalis tersebut akan diumumkan pada tanggal 13 November 2012, pada saat Konferensi Pers Europe on Screen 2012, dan kemudian akan diputar sebagai bagian dari rangkaian festival Europe on Screen.  Film-film ini juga akan ditonton dan dinilai oleh sebuah dewan juri – yang kemudian akan menentukan 2 (dua) film pemenang.  Para pemenang Kompetisi Film Pendek Europe on Screen akan diumumkan pada acara Penutupan Festival pada tanggal 1 Desember 2012.

Film pemenang Kompetisi Film Pendek Europe on Screen akan mendapatkan hadiah 1 unit Canon Full HD Camcorder LEGRIA HFM52; sedangkan film runner-up akan mendapatkan 1 unit Canon Full HD Camcorder LEGRIA HFM300.

Hadiah untuk para pemenang Kompetisi Film Pendek Europe on Screen dipersembahkan oleh CANON.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai seluruh rangkaian festival Europe on Screen 2012, silahkan hubungi:

Sekretariat Europe on Screen 2012

Jalan Gereja Theresia No. 23 (Pav)
Jakarta 10350
T.   +62.21.392.3460
F.   +62.21.3190.0147
W. europeonscreen.org

twitter.com/europeonscreen

facebook.com/europeonscreen


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.