Feature


Selasa, 25 September 2012 - 00:36:54 WIB
Indonesia Kirimkan 'Sang Penari' ke Academy Awards
Diposting oleh : Amir Syarif Siregar (@Sir_AmirSyarif) - Dibaca: 3939 kali

Variety melaporkan bahwa Persatuan Produser Film Indonesia telah memilih film Sang Penari (The Dancer) untuk mewakili negara Indonesia berkompetisi di kategori Best Foreign Language Film pada ajang The 85th Annual Academy Awards mendatang. Sang Penari sendiri berhasil memenangkan empat penghargaan dari sepuluh nominasi yang diraihnya pada ajang Festival Film Indonesia 2011, termasuk memenangkan kategori Film Bioskop Terbaik dan Sutradara Terbaik untuk Ifa Isfansyah. Dua kemenangan lain bagi Sang Penari diraih dari kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik untuk Prisia Nasution serta Pemeran Pendukung Wanita Terbaik untuk Dewi Irawan.

Sang Penari sendiri merupakan rangkuman dari trilogi novel Ronggeng Dukuh ParukRonggeng Dukuh Paruk (1982), Lintang Kemukus Dini Hari (1985) dan Jantera Bianglala (1986) – karya Ahmad Tohari dengan naskah cerita yang ditulis oleh Salman Aristo, Ifa Isfansyah dan Shanty Harmayn. Film ini memfokuskan kisahnya pada kehidupan masyarakat Dukuh Paruk di tahun 1960-an, di masa ketika setiap masyarakat masih memegang teguh aturan dan adat istiadat leluhurnya serta jauh dari modernisasi – termasuk pemahaman agama – kehidupan yang secara perlahan mulai menyentuh wilayah di luar desa tersebut.

Walau sama sekali belum pernah berhasil untuk menembus lima nominasi akhir di kategori Best Foreign Language, Indonesia telah aktif untuk mengirimkan film-film terbaiknya ke ajang Academy Awards semenjak tahun 1987. Sejak saat itu, 13 dari 14 film Indonesia yang dikirimkan berhasil diterima untuk ikut dalam seleksi awal kategori Best Foreign Language. Satu film yang dikirimkan pada tahun 1988 di-diskualifikasi dari seleksi awal karena dinilai tidak memiliki terjemahan yang mumpuni untuk dimengerti oleh pihak AMPAS. Pada beberapa tahun diantaranya – tahun 1991, tahun 1993-1997, 2000, 2001, 2004, dan 2008 – Indonesia tidak mengirimkan perwakilannya ke ajang Academy Awards dengan asumsi karena tidak menemukan kontender yang tepat untuk diikutkan bersaing di kategori Best Foreign Language Film.

Merupakan sebuah penghargaan yang diadakan (umumnya) untuk film-film yang diproduksi oleh Hollywood, semenjak tahun 1947, Academy Awards telah membuka diri mereka kepada film-film yang berasal dari negara lainnya dengan mengadakan sebuah kompetisi film asing terbaik dalam kategori Best Foreign Language Film. Dan semenjak saat itu, 62 penghargaan telah dimenangkan oleh film-film asing dengan 51 penghargaan diantaranya dimenangkan oleh negara-negara yang berasal dari benua Eropa. Kategori Best Foreign Languange Film sendiri merupakan kategori dimana Academy of Motion Picture Arts and Sciences memberikan sebuah penghargaan bagi film karya produksi negara-negara di luar Amerika Serikat yang jalan ceritanya lebih dominan menggunakan bahasa di luar dari Bahasa Inggris.

Penyelenggara Academy Awards, Academy of Motion Picture Arts and Sciences akan mengumumkan lima film berbahasa asing yang terpilih sebagai nominasi pada 10 Januari 2013 mendatang. Pelaksanaan The 85th Annual Academy Awards sendiri akan dilaksanakan pada 24 Februari 2013.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.