Feature


Rabu, 19 September 2012 - 10:49:13 WIB
International Documentary Film Festival 2012 Siap Digelar
Diposting oleh : Amir Syarif Siregar (@Sir_AmirSyarif) - Dibaca: 4105 kali

Menyusul kesuksesan pelaksanaannya pada tahun lalu, International Documentary Film Festival untuk kedua kalinya akan dilangsungkan pada tahun ini. Didukung sepenuhnya oleh festival film dokumenter terbesar dan tertua di dunia, International Documentary Film Festival Amsterdam, acara yang akan dilaksanakan secara gratis dan terbuka untuk kalangan umum di Erasmus Huis pada 25 – 29 September 2012 ini menjanjikan untuk menghadirkan deretan film dokumenter pemenang penghargaan dari berbagai penjuru dunia.

Tahun lalu, International Documentary Film Festival memutar 8 film dokumenter internasional disertai dengan 20 film dokumenter pendek lokal finalis kompetisi yag seluruhnya berhasil mendapatkan tanggapan positif dari para penonton. Tahun ini, International Documentary Film Festival memperbanyak seleksinya, 17 film dokumenter internasional dari seluruh dunia dan 20 finalis kompetisi dokumenter pendek sebagai bagian dari SBM Golden Lens Documentary Awards.

“Sejak edisi pertama tahun lalu, International Documentary Film Festival telah berhasil dalam menciptakan kesadaran berbagai pihak dalam mendukung dan mendorong kerjasama antara masyarakat sipil melalui karya video/film,” ujar Jeroen Gankema sebagai chair of the board dari pelaksanaan International Documentary Film Festival 2012.

Di antara 17 film dokumenter internasional yang berada dalam jadwal pemutaran, International Documentary Film Festival 2012 dengan bangga akan mempersembahkan pemutaran perdana nasional untuk film Marley arahan sutradara Kevin MacDonald – sebuah film dokumenter yang menuturkan tentang musik, kehidupan dan peninggalan Bob Marley. Film ini akan menjadi film penutup International Documentary Film Festival 2012 pada tanggal 29 September 2012.

Selain Marley, International Documentary Film Festival 2012 juga akan memutarkan dua film dokumenter pemenang The 84th Annual Academy Awards beberapa waktu yang lalu, Saving Face serta Undefeated. Berhasil memenangkan Academy Awards untuk kategori Best Documentary (Short Subject), Saving Face yang diarahkan oleh Daniel Junge dan Sharmeen Obaid-Chinoy berkisah mengenai para wanita yang menjadi korban kekerasan rumah tangga di Pakistan dan perjuangan mereka untuk mendapatkan keadilan. Sementara Undefeated – film arahan Daniel Lindsay dan T.J. Martin yang berhasil memenangkan kategori Best Documentary (Features) – adalah sebuah film dokumenter yang mengikuti tim sepak bola Amerika Manassas Tigers, sebuah tim sepak bola Amerika yang sangat kekurangan dana dan miskin. Film ini menunjukkan bagaimana mereka membalik nasib mereka, berkat  bantuan pelatih Bill Courtney.

Daftar lengkap Film-film dokumenter internasional yang akan diputar pada International Documentary Film Festival 2012 adalah:

  1. Marley by Kevin MacDonald (USA, UK), 2012 – 144 min
  2. Saving Face by Daniel Junge and Sharmeen Obaid-Chinoy (USA, Pakistan) – 40 min
  3. Aung San Suu Kyi - Lady of No Fear by Anne Gyrithe Bonne (Denmark) – 40 min
  4. Bus 174 by José Padilha & Felipe Lacerda (Brazil) – 150 min
  5. The Bully Project by Lee Hirsch (USA) – 98 min
  6. Undefeated by Daniel Lindsay & T.J. Martin (USA) – 113 min
  7. TT: Closer to the Edge by Richard De Aragues (UK) – 104 min
  8. Buddha’s Lost Children by Mark Verkerk (the Netherlands, France) – 97 min
  9. China Blue by Micha X. Peled (USA) - 86 min
  10. We Feed The World by Erwin Wagenhofer (Austria) – 96 min
  11. The Ambassador by Mads Brugger (Denmark) – 93 min
  12. El Sistema by Paul Smaczny and Maria Stodtmeier (Germany) - 120 min
  13. Back to the Square by Petr Lom (Norway, Canada) – 83 min
  14. Sins of My Father by Nicolas Entel (Argentina, Columbia) – 94 min
  15. Bitter Seeds by Micha X. Peled (USA) – 88 min
  16. Bottled Life by Urs Schnell (Germany, Switzerland) – 90 min
  17. La Vie Moderne by Raymond Depardon (France) – 88 min

“Selain pemutaran film dan kompetisi SBM Golden Lens Documentary Film Festival, kami akan mengadakan beberapa workshop yang akan mempertemukan para pembuat film dokumenter berbakat dan memberikan wadah untuk mengasah keahlian, bertemu dengan rekan-rekan pembuat film dokumenter lainnya serta belajar langsung dari para ahli kelas dunia dalam rangka mengembangkan  kemampuan memproduksi film dokumenter,” tambah Jeroen.

International Documentary Film Festival 2012 akan dilangsungkan pada 25 – 29 September 2012 di Erasmus Huis, Jalan H.R. Rasuna Said Kav. S-3, Kuningan - Jakarta 12950. Untuk informasi lebih lanjut serta jadwal pemutaran film, hubungi Erasmus Huis di 021 – 524 1069 atau dapat dilihat di situs www.erasmushuis.org.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.