Feature


Rabu, 25 Juli 2012 - 06:01:45 WIB
Feature - Sepuluh Trivia Film The Amazing Spider-Man
Diposting oleh : Shinta Setiawan (@ssetiawan) - Dibaca: 5047 kali

Dengan pendapatan lebih dari 600 juta dolar Amerika Serikat dari peredarannya di seluruh dunia, saat ini sepertinya Sony/Columbia Pictures sudah tidak perlu khawatir dengan proyek reboot Spider-Man mereka. Marc Webb telah berhasil mengangkat proyek seharga 230 juta dolar Amerika Serikat yang banyak mengundang keraguan ini menjadi sebuah pembuka franchise baru yang sukses.

Tentu saja, The Amazing Spider-Man (2012) masih punya banyak kekurangan. Namun, fans sepertinya belum bosan dengan kehadiran si manusia laba-laba dan tidak pelit untuk memberi kesempatan pada sebuah film baru. Karena itu, dapat dipastikan bahwa sebuah sekuel akan menyusul, dan Spidey akan kembali bergelayutan dari satu bioskop ke bioskop lain di tahun-tahun mendatang. The Amazing Spider-Man yang menampilkan Andrew Garfield sebagai Peter Parker/Spider-Man tentu saja memiliki banyak cerita menarik di seputar pembuatannya. Ingin tahu beberapa hal menarik di seputar pembuatan film ini? Inilah sepuluh trivia tentang The Amazing Spider-Man.

 

1. Tahun 2012 menandai ulang tahun ke-50 dari Spider-Man. Karakter komik klasik dari Marvel ini pertama kali memulai debutnya di bulan Agustus 1962 dalam Amazing Fantasy #15. Meski ini juga menandai akhir dari Amazing Fantasy, petualangan Spider-Man akhirnya dilanjutkan dalam seri yang baru, yaitu The Amazing Spider-Man yang terbit di tahun 1963.

 

2. The Amazing Spider-Man adalah film Spider-Man pertama yang di-shoot dalam format 3D dengan kamera Red Epic. Menurut Marc Webb, untuk membuat penonton larut dalam pengalaman yang dialami oleh Spider-Man, 3D merupakan cara yang terbaik. “Ini adalah format yang ideal untuk membuat penonton merasakan bagaimana rasanya bergerak di udara, terbang, dan bergelayutan mengelilingi Manhattan,” kata Webb.

 

3. Untuk menciptakan kostum yang dapat membantu Spider-Man untuk bergerak secara akrobatik ketika sedang bergelayutan melalui gedung-gedung tinggi di Manhattan, sang desainer kostum, Kym Barrett, mempelajari bahan-bahan ringan serta fleksibel yang digunakan oleh atlet-atlet Olimpiade musim dingin dan juga para pebalap sepeda. Totalnya, ada 56 kostum Spider-Man yang dibuat untuk film ini, termasuk 17 kostum untuk dikenakan oleh Andrew Garfield, serta beberapa lagi untuk para stuntman. Kostum-kostum ini masing-masing memiliki kondisi yang berbeda-beda. Ada yang masih bersih dan baru, dan ada juga yang sudah agak rusak, sesuai dengan kebutuhan dalam ceritanya.

 

4. Dalam adegan flashback yang menampilkan ruang kerja milik Richard Parker, kesukaan Dr. Parker dalam music jazz digambarkan oleh koleksi CD jazz yang dimilikinya serta foto Duke Ellington yang dibingkai dan dipajang di dindingnya. Foto yang sama dapat dilihat dalam kartu pos yang ditempelkan Peter di papan buletin di kamarnya, bertahun-tahun kemudian, sebagai simbol untuk mengingatkan dirinya pada sang ayah.

 

5. Ini adalah film Spider-Man pertama yang tidak menampilkan kekasih abadi si manusia laba-laba, Mary Jane Watson. Dalam trilogi sebelumnya, Mary Jane diperankan oleh Kirsten Dunst. Dalam The Amazing Spider-Man, yang tampil justru adalah pacar pertama Peter, Gwen Stacy.

 

6. Ketika Peter pertama kali memasuki kamar Gwen, ada setumpukan buku yang tergeletak di dekat jendela yang digunakannya untuk masuk. Buku yang ada di tumpukan teratas adalah novel Seabiscuit. Tobey Maguire, pemeran Spider-Man di film sebelumnya, merupakan pemeran utama dalam film adaptasi dari Seabiscuit.

 

7. Demi menampilkan Dr. Curt Connors yang hanya memiliki satu tangan dengan meyakinkan, Rhys Ifans belajar untuk melakukan berbagai kegiatan dengan satu tangan terikat di belakang punggungnya. Ifans pun menjadi cukup jago untuk mengikat dasi, membuat kopi, dan melakukan beberapa hal lain hanya dengan menggunakan satu tangan.

 

8. Kerangka reptil dan aksesori lain yang dapat dilihat di laboratorium Dr. Connors di OsCorp berasal dari dua toko, yaitu Necromance dan Dapper Cadaver, yang ada di Los Angeles. Tikus-tikus yang akan di laboratorium tersebut sebenarnya adalah mainan kucing. Totalnya, ada 200 buah tikus-tikusan yang digunakan. Tetapi, karena telinga tikus mainan ini berwarna pink terang, para kru harus menghilangkan telinga tikus-tikus ini satu per satu supaya tidak terlihat palsu.

 

9. Bagian dalam dari Midtown Science High School tempat Peter bersekolah dibuat di Stage 15 milik Sony Studios. Tempat tersebut memiliki empat ruang kelas, lima lorong, satu kamar mandi, satu kantor kepala sekolah dan kantor sekretaris. Kelas kimia dibuat dari berbagai bahan yang mudah hancur untuk mengakomodasi beberapa adegan perkelahian. Lebih dari 400 barang-barang seperti labu, silinder, dan gelas ukur yang digunakan untuk ruang kelas ini terbuat dari bahan gelas yang mudah hancur.

 

10. Perpustakaan sekolah Midtown Science High School yang menjadi latar perkelahian brutal antara Spider-Man dan The Lizard serta menampilkan cameo dari Stan Lee dibuat di area yang terpisah dan diisi oleh hampir 3000 kaki buku palsu yang dibuat dari cover buku asli yang tengahnya diselipkan bahan isian dari styrofoam.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.