Feature


Rabu, 25 Juli 2012 - 04:04:42 WIB
Feature - Lima Film yang Dirilis Bulan Agustus 2012
Diposting oleh : Shinta Setiawan (@ssetiawan) - Dibaca: 4475 kali

Kita sudah sampai di penghujung musim panas tahun 2012. Meski klimaks dari musim panas tahun ini sudah terlewati dengan rilis The Dark Knight Rises (2012), bulan Agustus masih menyimpan beberapa film menarik yang memiliki potensi untuk menjadi hit. Apakah The Bourne Legacy akan berhasil melanjutkan franchise sukses ini tanpa Matt Damon? Apakah Total Recall akan sukses melontarkan Colin Farrell kembali ke jajaran Hollywood A-lister? Inilah daftar lima film yang akan dirilis di bulan Agustus 2012.

 

1. Total Recall

Meski film aslinya telah berusia lebih dari dua dekade, bukan berarti bahwa Total Recall (1990) dari Paul Verhoeven sudah dilupakan banyak orang. Karena itu, rilis remake Total Recall yang baru dari Len Wiseman ini tentu saja tak bisa benar-benar lepas dari bayang-bayang pendahulunya. Tapi, dengan mendasarkan remake-nya pada materi aslinya, cerpen We Can Remember It For You Wholesale dari Phillip K. Dick, mungkin saja Kurt Wimmer dan Mark Bomback dapat menampilkan cerita baru yang segar, dan tidak sekadar membuat film yang berat di adegan aksi saja.

Plot: Douglas Quaid (Colin Farrell) adalah seorang pria yang berprofesi sebagai pekerja pabrik di masa yang akan datang. Meski ia memiliki seorang istri yang cantik, Lori (Kate Beckinsale), Quaid tetap merasa frustasi dengan hidupnya dan merencanakan untuk mencari penyegaran dengan mengunjungi Rekall. Rekall sendiri adalah perusahaan yang dapat mengubah mimpi seseorang menjadi kenyataan melalui implan memori. Tapi, Quaid yang memutuskan untuk berekreasi dengan menanamkan ingatan sebagai seorang mata-mata super justru mendapati dirinya terbelit masalah setelah prosedur implan memori yang dijalaninya kacau balau. Setelah dirinya menjadi buronan polisi-polisi yang dikontrol oleh Chancellor Cohaagen (Bryan Cranston), Quaid menerima bantuan dari seorang pejuang pemberontak bernama Melina (Jessica Biel) dan menemui sang pemimpin pemberontakan, Matthias Lair (Bill Nighy), demi meminta bantuan untuk menghentikan Cohaagen.

Sutradara: Len Wiseman
Penulis Naskah: Kurt Wimmer, Mark Bomback
Pemeran: Kate Beckinsale (Lori), Bryan Cranston (Vilos Cohaagen), Colin Farrell (Doug Quaid/Hauser), Jessica Biel (Melina), Bill Nighy (Matthias Lair), Ethan Hawke, John Cho (McClane)
Tanggal Rilis: 3 Agustus 2012 (Amerika Serikat)

 

2. The Bourne Legacy

Tony Gilroy kabarnya belum pernah sekalipun membaca novel-novel Bourne dari Robert Ludlum. Tapi, itu tidak menghentikannya untuk menghadirkan kisah memikat yang menghadirkan tokoh agen black ops CIA ini sebagai sentralnya dalam The Bourne Identity (2002), The Bourne Supremacy (2004), dan The Bourne Ultimatum (2007). Tapi, membuat sebuah trilogi berdasarkan sebuah materi yang sudah ada sebelumnya merupakan satu hal, dan berusaha meluncurkan sebuah trilogi baru yang tak lagi menampilkan tokoh utama dari film-film sebelumnya merupakan hal lain. Tentu saja, meski ekspektasi banyak orang terhadap The Bourne Legacy umumnya masih di taraf aman, bila melihat daftar pemeran yang menghadirkan Jeremy Renner, Rachel Weisz, Edward Norton, serta para pendukung dari trilogi sebelumnya seperti Joan Allen, Scott Glenn, dan David Strathairn, rasanya sulit untuk tidak merasa optimis.

Plot: Krisis yang disebabkan oleh skandal yang dikuak oleh Jason Bourne di CIA membuat pemerintah khawatir dan akhirnya memutuskan untuk menghilangkan jejak dari salah satu operasi gelapnya, Operation Outcome. Operasi yang dijalankan langsung di bawah jurisdiksi Departemen Pertahanan ini bertujuan untuk melatih agen-agen infiltrator yang secara fisik telah ditingkatkan kemampuannya melalui eksperimen medis. Selain melenyapkan barang bukti berupa data, pemerintah juga berniat untuk memutuskan mata rantai terakhirnya dengan menghabisi agen-agen rahasia yang terlibat dalam operasi ini. Aaron Cross (Jeremy Renner) yang merupakan salah satu dari agen-agen yang dilatih dan dijadikan bahan eksperimen ini mendapati bahwa dirinya kini menjadi orang buruan. Aaron pun melarikan diri bersama Dr. Marta Shearing (Rachel Weisz) dan berusaha sekuat tenaga untuk tetap bertahan hidup.

Sutradara: Tony Gilroy
Penulis Naskah: Tony Gilroy, Dan Gilroy
Pemeran: Jeremy Renner (Aaron Cross), Edward Norton (Byer), Rachel Weisz (Marta), Donna Murphy (Dita), Joan Allen (Pam Landy), Scott Glenn (Ezra Kramer)
Tanggal Rilis: 10 Agustus 2012 (Amerika Serikat)

 

3. The Expendables 2

Ada saatnya dimana penonton ingin melepaskan diri dari tontonan berat yang mengharuskan mereka untuk berpikir keras, dan berpaling pada film aksi popcorn yang menampilkan ledakan dan tembak-tembakan yang memicu kucuran adrenalin. Kritikus mungkin bertanya-tanya kenapa film seperti The Expendables (2010) bisa menjadi hit, tapi tentu bukan rahasia bahwa penonton kadang kala tak peduli dengan plot dan hanya ingin bersenang-senang dengan menonton film yang bisa dengan gila-gilaannya memajang nama-nama seperti Sylvester Stallone, Bruce Willis, Jason Statham, Jet Li, Dolph Lundgren, Randy Couture, sampai Terry Crews. The Expendables 2 sepertinya masih punya magnet serupa tahun ini. Bedanya, selain nama-nama tadi, Sly juga berhasil mendatangkan Jean-Claude Van Damme, Arnold Schwarzenegger, dan Chuck Norris. Testosterone overload detected.

Plot: Barney Ross (Sylvester Stallone), Lee Christmas (Jason Statham), Yin Yang (Jet Li), Gunnar Jensen (Dolph Lundgren), Toll Road (Randy Couture), Hale Caesar (Terry Crews), dan dua anggota terbaru The Expendables, Billy the Kid (Liam Hemsworth) serta Maggie (Yu Nan), kembali dipertemukan ketika Mr. Church (Bruce Willis) merekrut mereka untuk mengerjakan sebuah tugas yang kelihatannya mudah. Tapi, ketika Jean Villain (Jean-Claude Van Damme) hadir dan membunuh salah satu anggota The Expendables, tugas mereka berubah menjadi sebuah misi yang personal. Meski motif aksi mereka kini adalah balas dendam, The Expendables juga tak bisa menganggap remeh tugas mereka kali ini, karena Jean Villain berencana untuk mencuri plutonium untuk merakit sebuah bom nuklir, dan mereka harus menghentikannya sebelum terjadi bencana.

Sutradara: Simon West
Penulis Naskah: Richard Wenk, Sylvester Stallone
Pemeran: Liam Hemsworth (Bill 'The Kid' Timmons), Bruce Willis (Church), Sylvester Stallone (Barney Ross), Jason Statham (Lee Christmas), Arnold Schwarzenegger (Trench), Jean-Claude Van Damme (Jean Vilain), Jet Li (Yin Yang), Chuck Norris (Booker)
Tanggal Rilis: 17 Agustus 2012 (Amerika Serikat)

 

4. ParaNorman

Agak menarik untuk tahu bahwa penonton yang lebih berminat untuk menonton ParaNorman sepertinya bukan anak-anak, tapi justru orang dewasa. Film stop motion tentang serangan zombie ke sebuah kota kecil sepertinya bukan tontonan ideal bagi anak-anak kecil. Apalagi, melihat rekam jejak Laika dengan Coraline (2009) yang cenderung gelap, ParaNorman sepertinya akan kembali menampilkan makhluk-makhluk dengan wujud ‘unik’. Di luar itu, ParaNorman sepertinya akan terlihat cukup keren dan tak kalah bagus dari film-film animasi yang telah hadir tahun ini. Materinya mungkin terdengar agak seram bagi penonton yang masih muda, tapi bagi penonton dewasa, zombie-zombie claymation ini justru sepertinya akan seru untuk disaksikan.

Plot: Norman Babcock (Kodi Smit-McPhee) adalah seorang anak laki-laki yang tinggal di sebuah kota kecil bernama Blithe Hollow. Namun, Norman bukan anak laki-laki biasa karena ia ternyata bisa bicara dengan hantu. Ketika sebuah kutukan berusia ratusan tahun mengakibatkan bangkitnya para zombie di Blithe Hollow, Norman yang punya kemampuan unik ini mungkin adalah satu-satunya orang yang dapat menyelamatkan kota ini.

Sutradara: Chris Butler, Sam Fell
Penulis Naskah: Chris Butler
Pemeran: Anna Kendrick (Courtney), Leslie Mann (Sandra Babcock), John Goodman (Mr. Prenderghast), Christopher Mintz-Plasse (Alvin), Casey Affleck (Mitch), Kodi Smit-McPhee (Norman)
Tanggal Rilis: 17 Agustus 2012 (Amerika Serikat)

 

5. Lawless

Film yang dibuat berdasarkan buku yang ditulis oleh Matt Bondurant tentang keluarganya ini kelihatannya sangat menjanjikan. Tak hanya memajang Tom Hardy dan Shia LaBeouf sebagai pemeran utamanya, kita juga bisa menyaksikan penampilan dari Gary Oldman, Jessica Chastain, Guy Pearce, dan Mia Wasikowska. Prohibition Era terlihat sebagai latar yang menarik untuk sebuah drama kriminal. Tentunya, bila John Hillcoat mampu untuk memanfaatkan kekuatan akting dari jajaran pemeran yang cukup impresif ini dan menggabungkannya dengan sebuah cerita yang kuat, Lawless dapat menjadi salah satu highlight paling menarik di bulan Agustus nanti.

Plot: Tiga Bondurant bersaudara, Forrest (Tom Hardy), Howard (Jason Clarke), dan Jack (Shia LaBeouf) hidup di Virginia saat berlangsungnya Prohibition Era. Saat itu, pembuatan, penjualan, dan distribusi alkohol dilarang di seluruh wilayah Amerika Serikat. Meski demikian, ketiganya menjalankan bisnis pembuatan moonshine yang tentu saja ilegal, dan mereka juga mengedarkannya sehingga bentrok dengan aparat penegak hukum pun tak terelakkan.

Sutradara: John Hillcoat
Penulis Naskah: Nick Cave
Pemeran: Tom Hardy (Forrest Bondurant), Guy Pearce (Special Agent Charlie Rakes), Jessica Chastain (Maggie), Gary Oldman (Floyd Banner), Shia LaBeouf (Jack Bondurant), Mia Wasikowska (Bertha Minnix), Jason Clarke (Howard Bondurant)
Tanggal Rilis: 29 Agustus 2012 (Amerika Serikat)


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.