News


Selasa, 06 Juli 2021 - 23:39:38 WIB
Sutradara Superman & Lethal Weapon, Richard Donner, Menutup Mata Di Usia 91 Tahun
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 361 kali

Sineas veteran Richard Donner, yang kita kenal sebagai sutradara untuk film Superman pertama, penggarap film horor klasik The Omen, film komedi petualangan The Goonies, dan juga empat film Lethal Weapon, telah meninggalkan kita untuk selamanya di usia 91 tahun di Senin, 5 Juli kemarin. Tidak sekaligus diungkap apa penyebab meninggalnya sutradara kenamaan ini.

Ia terlahir sebagai Richard Donald Schwartzberg pada tanggal 24 April 1930, di Bronx dan kemudian dibesarkan di Mount Vernon, New York. Setelah belajar bisnis dan seni teater di sebuah kuliah malam di NYU dan mendaftar di Angkatan Laut, ia kemudian terlibat dalam pementasan off-Broadway, memainkan karakter dengan dialog yang “minimalis” dalam berbagai drama yang kurang dikenal.

Sebagai mantan aktor dari New York, Donner memulai karirnya sebagai sutradara setelah meyakinkan Steve McQueen jika siap menggarap sebuah episode serial western CBS, Wanted Dead or Alive, di tahun 1960.

Sampai periode tahun 1975, Donner memang lebih wara-wiri di layar televisi dengan menggarap episode untuk berbagai serial, termasuk The Twilight Zone, The Man from U.N.C.L.E., Perry Mason, Get Smart, The Fugitive, Wild Wild West dan banyak lagi.

Meski sebelumnya sudah menggarap sekitar tiga film, namun nama Donner baru benar-benar terangkat sebagai sutradara film layar lebar setelah menggarap The Omen yang dirilis di tahun 1976. Sebuah film berbujet $2 juta yang kemudian sukses mengumpulkan sekitar $60 juta dan disusul dengan dua buah sekuel.

Richard Donner memberi pengarahan kepada Margot Kidder dan Christopher Reeves dalam Superman . CREDIT:  then24.com

Film berikut yang dikerjakan Donner menegaskan namanya sebagai sutradara terkemuka, yaitu Superman (1978). Sebuah film superhero yang digarap dengan sangat berkesan, sehingga tak lekang oleh waktu, tetap menggagumkan bahkan jika ditonton di masa kini.

Ia berkolaborasi bersama Steven Spielberg dan Chris Colombus dalam The Goonies (1985), yang tidak hanya dianggap sebagai sebuah film klasik, namun juga berstatus cult.

Film Donner lain yang tak kalah ikonik adalah Lethal Weapon (1987), sebuah film aksi berbumbu komedi yang berkisah tentang pasangan polisi yang diperankan oleh Mel Gibson dan Danny Glover. Begitu suksesnya film ini, sehingga menghasilkan tiga buah sekuel, dengan Lethal Weapon IV yang menampilkan Jet Li dirilis di tahun 1998.

Setelah Lethal Weapon 4, Donner relatif tidak begitu aktif dalam berkarya, dengan film terakhirnya adalah 16 Blocks (2006), sebuah film aksi-thriller yang dibintangi oleh Bruce Willis.

Bersama sang istri, Lauren Shuler Donner, Donner juga memproduksi berbagai film dan juga serial atau film televisi, termasuk X-Men (2000), melalui rumah produksi mereka, The Donners’ Company. Rumah produksi ini juga menggarap film-film X-Men berikutnya untuk 20th Century Fox.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.