News


Senin, 08 Maret 2021 - 19:54:36 WIB
Meski Debut Dengan $8.6 Juta Saja, Raya and the Last Dragon Pimpin Box Office
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 436 kali

Filmnya menjadi juara box office bukanlah hal aneh bagi Disney. Termasuk dengan yang paling mutakhir dari mereka, film animasi aksi-fantasi Raya and the Last Dragon.

Meski film juga tersedia di platform streaming Disney+ melalui Premier Access (yang berarti pelanggan harus membayar biaya tambahan sebesar $30 juta untuk bisa menyaksikan filmnya), namun rupanya masih mampu menduduki posisi teratas box office.

Hanya saja, dengan pemasukan sebesar $8.6 juta, performa film jelas kurang menggembirakan, apalagi dibandingkan dengan film-film Disney sebelumnya. Memang lanskap box office saat ini masih terkena imbas pandemi, tapi tetap saja jumlah ini relatif cukup kecil.

Raya and the Last Dragon disulih suara oleh Kelly Marie Tran dan Awkwafina. Secara umum film mendapat sambutan yang cukup positif dari para kritikus. Dibuktikan dengan rating persetujuan sebesar 95% di Rotten Tomatoes. Dengan demikian, tidak heran jika kita bertanya-tanya pendapatan kecil film akan terjadi jika dirilis di situasi normal (non-pandemi).

Pekan lalu Tom & Jerry debut dengan angka yang cukup besar, $14 juta, merupakan salah satu yang terbesar di era pandemi saat ini. Film hibrida animasi dan live-action ini mengalami penurunan pemasukan yang cukup besar, yaitu 53%, setelah mendapatkan $6.6 juta di pekan keduanya. Film juga tayang secara simultan di platform streaming, HBO Max, meski tanpa biaya tambahan. Sejauh ini pendapatan global film adalah sekitar $57.2 juta.

Duduk di posisi #3 adalah adaptasi novel remaja yang sudah lama ditunggu-tunggu, Chaos Walking. Dibintangi Daisy Ridley dan Tom Holland, film debut dengan $3.4 juta. Film pun mendapat ulasan yang cukup buruk dari kritikus. Kabarnya film garapan Doug Liman ini dikerjakan dengan bujet sekitar $100 juta. Oleh karena itu kerugian film pastinya cukup substansial, apalagi dari peredaran internasional film hanya mendapatkan sekitar $2.6 juta saja.

Di posisi #4 adalah Boogie, sebuah rilisan independen dari Focus Features, dengan pemasukan sebesar $1.2 juta. Melengkapi lima besar adalah mantan juara bertahan Croods: A New Age dengan tambahan sekitar $780 ribu. Total domestik sejaug ini adalah $53.6 juta

Dengan kembali dibukanya bioskop di kota New York bisa menjadi sinyal jika situasi secara perlahan kembali menjadi normal. Distribusi vaksin pun semakin meluas. Jika lancar, mungkin di awal musim panas situasi box office akan semakin membaik. Ini penting untuk memuluskan jalan agar film-film blockbuster benar-benar kembali ke bioskop tanpa tertunda lagi dan pastinya bisa menyedot penonton untuk berbondong ke bioskop.

Berikut 10 besar box office Amerika Utara untuk 5-7 Maret 2021: 

  1. Raya and the Last Dragon – $8.6 juta
  2. Tom & Jerry – $6.6 juta
  3. Chaos Walking – $3.4 juta
  4. Boogie – $1.2 juta
  5. The Croods: A New Age – $780 ribu
  6. The Little Things – $550 ribu
  7. Wonder Woman 1984 – $511 ribu
  8. The Marksman – $500 ribu
  9. Judas and the Black Messiah – $282 ribu
  10. Monster Hunter – $260 ribu

Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.